Cara Install Driver Komputer / Laptop Tanpa Setup

Cara Install Driver Komputer Laptop Melalui Device Manager atau Cara Install Driver Laptop Komputer Tanpa File Setup.exe merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk menginstall ataupun update driver komputer laptop jika file setup pada driver rusak atau tidak dapat dijalankan.

Salah satu hal wajib yang harus dilakukan setelah kita berhasil melakukan instalasi sistem operasi pada komputer ataupun laptop adalah menginstal driver perangkat keras komputer laptop, supaya semua perangkat yang terhubung dengan komputer dapat bekerja secara maksimal.

Fungsi Driver Komputer / Laptop adalah untuk menghubungkan dan memaksimalkan kinerja perangkat keras komputer supaya dapat bekerja dengan baik, sperti Driver Motherboard, Laptop, LAN Card, Sound Card, VGA Card, Printer, Scanner, Modem dan perangkat komputer yang lainnya sesuai hardware yang yang digunakan.

Karena tanpa driver yang terpasang pada komputer, maka perangkat yang tergubung tidak dapat berjalan dengan sempurna atau bahkan hadware komputer laptop tidak bisa digunakan sama sekali.

Driver hardware komputer biasanya diberikan dalam bentuk CD / DVD yang telah disediakan untuk semua perangkat komputer baru, tetapi jika ketika kita membeli perangkat keras komputer dalam kondisi bekas / second tentunya jarang sekali di berikan Driver.

Sehingga untuk mendapatkan driver perangkat komputer tersebut kita harus download dari situs vendor hardware yang bersangkutan atau kita juga bisa mendapatkan dari situs tertentu yang menyediakan driver perangkat komputer yang sesuai.

Namun begitu, terkadang driver yang berasal dari internet tidak serta merta dibuat dalam bentuk file.exe, walaupun sebenarnya file driver yang ada file setup.exe ataupun file driver yang tidak ada file setup.exe fungsinya sama saja, atau dengan kata lain cuma berbeda untuk cara installnya saja.

Ada dua cara yang bisa di pilih untuk melakukan instalasi driver komputer / laptop, yaitu.
  • Pertama, Instal driver melalui setup.exe ataupun autorun yang umumnya sudah di sediakan oleh pihak vendor dalam bentuk CD / DVD jika kita membeli perangkat komputer baru.
  • Kedua, Install driver melalui Device Manager, hal ini dilakukan jika Driver Komputer / Laptop tidak disertai dengan file setup.exe atau install driver komputer / laptop tanpa CD / DVD.

Artikel Terkait.


Pada tutorial kali ini saya akan mencoba memeberikan tutorial lengkap tentang bagaimana cara Install driver komputer / laptop melalui Device Manager, dan sesuai apa yang telah saya lakukan pada saat Install Driver Motherboard Server Gigabyte GA-4MXSV dengan menggunakan Graphic VGA ATI Radeon ES1000.

Sesuai pengalaman, bahwa driver VGA ATI Radeon ES1000 untuk Windows 7 memang sulit di cari, dan mau tidak mau saya harus download driver untuk Windows XP.

Setelah saya amati, ternyata di dalam driver tersebut terdapat file untuk Windows Vista dan Windows 7, namun sayangnya file driver tersebut masih tebungkus dengan setup Windows XP, sehingga jika di paksa di install secara normal melalui file setup.exe tentu saja tidak bisa.

Dan untuk cara mengatasi agar Driver VGA ATI Radeon ES1000 dapat di install pada Windows 7, akhirnya saya menggunakan cara lama, yakni menginstall driver komputer / laptop melalui Device Manager, dan untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Cara Install Driver Komputer Laptop Melalui Device Manager Tanpa CD / DVD.

1. Siapkan driver komputer yang akan di install terlebih dahulu.

2. Kemudian klik kanan pada My Computer, lalu pilih Properties, selanjutnya setelah jendela Properties terbuka, silahkan klik Device Manager.

3. Biasanya Hardware yang belum terinstal driver atau driver perangkat keras sedang bermasalah akan muncul dengan tanda ? atau tanda ! berwarna kuning.

Berhubung yang bermasalah adalah driver VGA, maka VGA akan secara otomatis terinstal sebagai Standard VGA Graphics Adapter, selanjutnya klik kanan lalu pilih Update Driver.



4. Selanjutnya muncul tampilan seperti ini, klik Browse my computer for driver software.


5. Pada tampilan berikut, beri tanda centang pada Include sub folders kemudian klik Browse.


6. Kemudian cari dimana anda menyimpan file driver yang akan di Install, kemudian klik OK.


7. Pada tampilan dialog berikutnya silahkan klik Next.


8. Silahkan ikuti perintah selanjutnya sampai proses install driver selesai, lalu klik Close.


9. Selanjutnya secara otomatis Laptop / Komputer akan meminta Restart, silahkan klik Yes.


10. Tahap berikutnya jika install driver berhasil, maka pada Device Manager akan menampilkan Driver yang cocok dan sesuai.


11. Selesai.

Demikian yang bisa saya sampainkan mengenai artikel tentang bagaimana Cara Install Driver Komputer Tanpa Setup.

Comments


EmoticonEmoticon