Cara Memindah Hardisk Tanpa Install Windows

Cara Mengganti Hard Disk Tanpa Instal Ulang Windows 7 / 8 / 10 / Vista / XP atau istilah yang lebih sederhana adalah Satu (1) Hard Disk Untuk Semua Motherboard, dan tentunya cara seperti ini bisa dijadikan sebagai alternatif ketika motherboard mengalami kerusakan dan ingin mengganti dengan motherboard baru.

Dengan menggunakan cara tersebut, maka ketika anda ingin memasang harddisk dari komputer satu ke komputer lainnya tidak harus melakukan install ulang windows sehingga akan mempermudah dan meringankan pekerjaan anda.

Misal, pada kasus tertentu ketika anda menginstall windows pada sebuah motherboard, dan motherboard tersebut mengalami masalah seperti lambat, atau karena motherboard tidak support dengan metode install windows tertentu ataupun berbagai macam masalah komputer yang lain.

Maka sebagai solusi atau cara yang terbaik agar windows dapat di gunakan untuk semua motherboard adalah dengan menginstall windows pada motherboard lain dan kemudian mengembalikan driver IDE ATA / ATAPI Controller ke default.

Artikel Terkait.

Masalah umum yang timbul akibat memindah harddisk pada moterboard yang berbeda akan menyebabkan beberapa masalah seperti.
  • Windows tidak mau jalan / gagal booting.
  • Komputer akan muncul layar biru atau sering disebut Blue Screen.
  • Setiap akan masuk Windows komputer restart terus menerus.

Trik cara memindah hardisk dengan menghapus Driver Chipset IDE ATA / SATA Hard Disk agar kembali setingan awal / default sebenarnya sudah lama sekali di gunakan dan ternyata hingga saat ini cara tersebut masih terbukti ampuh sebagai solusi untuk menjalankan windows pada motherboard lain tanpa harus install ulang windows baru, seperti.
  • Motherboard Asus.
  • Motherboard Intel.
  • Motherboard AsRock.
  • Motherboard DFI.
  • Motherboard MSI.
  • Motherboard Biostar.
  • Motherboard GIGABYTE.
  • Motherboard Next.
  • Motherboard Amptron.
  • Motherboard Estar.
  • Motherboard ECS Elite Group.
  • Motherboard Samsung.
  • Motherboard Acer.
  • Dan dapat digunakan untuk semua jenis dan merek Chipset Motherboard yang lain.

Cara Mengembalikan IDE SATA / PATA / ATAPI Controller ke Default atau Install Windows Agar Cocok Untuk Semua Jenis dan Merek Motherboard, dan kali ini saya menggunakan Windows 7 Professional, dan untuk Windows XP ataupun Windows versi yang lain, silahkan disesuaikan saja.

1. Silahkan klik kanan My Computer lalu pilih Properties.
2. Kemudian klik Device Manager.
3. Selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengembalikan Driver HDD (Hardisk) Ke Default, hal ini dilakukan supaya Windows tidak medeteksi jenis driver chipset yang digunakan oleh Motherboard yang tersimpan dalam Hard Disk, dan untuk caranya adalah sebagai berikut.
  1. Silahkan IDE ATA / ATAPI Controllers, kemudian klik kanan pada jenis driver chipset yang digunakan, misal driver Hard Disk Intel (R) 82801 G(ICH7 Family) Ultra ATA Storage Controllers - 27DF dan Intel (R) 82801 GB/GR/GH/ (ICH7 Family) Serial ATA Storage Controllers 27C0.
  2. Selanjutnya klik kanan, lalu pilih Update Driver Software.

4. Kemudian pada tampilan selanjutnya, silahkan pilih Browse my computer for driver software.


5. Selanjutnya, klik Let me pick from a list of device drivers on my computer.


6. Kemudian pilih Standard Dual Channel PCI IDE Controllers, lalu klik Next.


7. Selanjutnya muncul pemberitahuan bahwa proses Update Driver telah selesai, kemudian klik Close.


8. Tahap berikutnya untuk menyelesaikan proses Update Driver, maka secara otomatis windows akan menampilkan dialog yang meminta anda untuk melakukan Restart Komputer, silahkan klik Yes.


9. Kemudian setelah Komputer Restart, silahkan cek kembali Device Manager, jika tampilan pada IDE ATA / ATAPI menampilkan seperti pada gambar di bawah ini, yaitu Standard Dual Chanel IDE PCI Controller yang menandakan bahwa Driver Hardisk sudah dalam keadaan Default.



Kemudian untuk membuktikan bahwa Hardisk tersebut sudah bisa digunakan pada semua jenis merek Motherboard, silahkan anda coba pada Komputer lain.

10. Selesai.

Sampai disini cara memindah hardisk tanpa harus instal ulang windows sudah selesai, dan hard disk sudah siap untuk di pasang pada motherboard yang lain.

Penting.
Bagaimana cara memindah hard disk ke komputer lain tanpa instal ulang windows, tetapi anda belum sempat mengembalikan driver IDE ATA / ATAPI Controller ke default atau dengan kata lain komputer sudah keburu mati duluan sebelum anda menghapus driver chipset yang aktif pada IDE ATA / SATA Hard Disk.

Jika anda mengalami hal tersebut, maka untuk mengatasinya adalah dengan cara.
  • Bagi pengguna Windows 7 bisa menggunakan aplikasi / software Windows 7 Live ataupun menggunakan safe mode Windows 7 pada motherboard yang akan digunakan.
  • Bagi Pengguna Windows XP bisa mencoba dengan safe mode Windows XP ataupun software / aplikasi Bart PE pada motherboard yang akan digunakan.
  • Untuk cara mudah dan cepat membuat Windows 7 / Vista / XP / 8 /10 agar bisa digunakan pada semua komputer / laptop, silahkan menggunakan aplikasi / software Ghost.

Kesimpulan.
Sebenarnya yang menjadi penyebab Windows tidak bisa digunakan pada Motherboard lain atau Windows hanya bisa digunakan pada Motherboard tempat dimana Windows tersebut di Install adalah karena adanya perbedaan Driver Chipshet.

Yang mana salah satu fungsi Driver Chipset adalah sebagai perangkat lunak / software untuk mengatur perintah dalam menjalankan semua perangkat keras yang terhubung dengan System Motherboard Computer, termasuk mengatur driver Hard disk (HDD) tempat dimana semua software atau perangkat lunak komputer terinstall.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai artikel tentang bagaimana Cara Install Windows Pada Semua Merek / Jenis Motherboard.

Comments


EmoticonEmoticon