Pengertian & Fungsi Driver Komputer

Pengertian Driver - Fungsi Driver Komputer. Dalam pembahasan artikel kali ini, saya akan mencoba berbagi pemahaman tentang pengertian dan fungsi drivers pada perangkat komputer, sehingga kita dapat mengetahui fungsi dan cara kerja driver komputer, mengingat drivers komputer memiliki banyak jenis dan peran yang sangat penting sebagai media komunikasi antara hardware dan software ataupun sistem operasi dengan aplikasi yang ada di dalam komputer .

Pengertian Driver Komputer / Laptop.
Drivers disebut juga Device Driver adalah sekumpulan perangkat lunak (software) untuk memberikan informasi atau sebagai penterjemah perangkat keras (hardware) kepada sistem operasi (OS) dan berbagai macam program aplikasi lain yang ada di dalam sistem komputer, tentang bagaimana cara penggunaan driver dalam berkomunikasi dengan perangkat keras.

Fungsi Driver Komputer / Laptop.
Fungsi Driver Komputer adalah untuk menterjemahkan segala perintah yang dilakukan oleh pengguna melalui sistem operasi.

Sebagai contoh, Driver Printer, misal microsoft word bagaimana menterjemahkan data kepada printer supaya melakukan percetakan yang tentunya telah bekerjasam dengan sistem operasi supaya melakukan percetakan data yang telah di tulis di microsoft word.


Driver perangkat komputer original diberikan oleh pihak vendorsaat kita membeli perangkat keras komputer kondisi baru, seperti Driver Printer, Scanner, Motherboard, Laptop, LAN Card, Sound Card, VGA Card, dan hardware komputer yang lainnya yang ingin terhubung dengan komputer.

Secara umum Driver disertakan dalam bentuk kepingan CD / DVD yang sudah dilengkapi tata cara untuk menggunakannya sehingga akan mempermudah kita saat akan melakukan install driver komputer / laptop, yaitu tinggal next-next saja.

Akan tetapi ada juga file driver perangkat komputer yang tidak disertai dengan file setup.exe, biasanya driver tersebut kita dapatkan dari situs penyedia driver komputer yang bukan merupakan situs resmi dari vendor perangkat tersebut.

Sehingga bagi kalangan pengguna komputer yang masih awam dengan macam dan jenis driver komputer akan sedikit kesulitan ketika akan menginstal driver karena file driver hanya berupa file data saja atau file driver tidak terbungkus menjadi satu file setup.exe, dan untuk menginstal driver tersebut juga memiliki cara yang berbeda, yaitu melalui Device Manager Komputer.

Artikel Terkait.

Sedikit catatan mengenai driver yang tidak disertai file setup.exe, yaitu cara seperti ini dilakukan oleh seseorang mungkin dengan alasan supaya file driver yang akan upload tidak terlalu besar atau mereka sengaja tidak menjadikan file data driver komputer tersebut terbungkus menjadi satu file yaitu file setup.exe.

Mengingat sebuah drivers komputer merupakan bagian yang sangat penting dari sebuah perangkat keras (hardware) jika ingin terhubung dengan komputer, maka sudah seharusnya kita menyimpannya secara baik-baik supaya tidak hilang ataupun rusak, dan agar bisa digunakan untuk di kemudian hari jika kita membutuhkannya, misal akan melakukan Install Ulang Komputer.

Dan sebelum anda memutuskan untuk melakukan istall ualang Laptop ataupun komputer ada baiknya terlebih dahulu anda membackup semua drivers komputer yang ada atau menyiapkan semua drivers perangkat kears yang dibutuhkan.

Untuk Cara Backup Semua Drivers Komputer anda bisa menggunakan bantuan software, seperti DriverMax, Driver Genius, 3DP Chip, Double Driver, Driver Backup, ataupun aplikasi backup driver yang lain, atau anda juga bisa menggunakan Driverpacks maupun download drivers secara langsung dari vendor yang membuat perangkat keras / Hardware tersebut melalui internet.

Demikian informasi yang bisa saya bagikan mengenai artikel tentang pengertian dan fungsi driver perangkat keras komputer / laptop.
Comments


EmoticonEmoticon