Cara Menghapus Startup Windows 7 / Vista / XP / 8 / 10

Cara Mempercepat Booting Komputer / Laptop Dengan Cara Menghapus Startup Windosws 7 / Windows Vista / Windows XP / Windows 8 / Windows 10. Apakah komputer / laptop kesayangan anda sangat lamat dan terasa berat ketika pertama kali di hidupkan, jika iya, kemungkinan ada beberapa program yang terlalu banyak di startup.

Cepat atau lambatnya proses tersebut sangat tergantung dari tinggi rendahnya Spesifikasi Komputer / Laptop tersebut, serta di pengaruhi oleh sedikit / banyak program aplikasi yang tersimpan pada startup, karena bagaimanapun juga ketika komputer dihidupkan, secara otomatis system akan mengecek semua aplikasi yang ada di komputer terutama aplikasi yang ada di startup.

Tapi sebelumnya saya akan sedikit menjelaskan tentang apa itu startup dan apa fungsi serta kelebihan dan kekurangan startup yang ada di windows.

Pengertian Startup.
Startup Windows adalah waktu yang dibutuhkan untuk membuka sistem operasi mulai dari saat tombol on/off komputer / laptop di nyalakan sampai dengan Sistem Operasi Windows siap untuk digunakan.

Selanjutnya setelah proses pengecekan system dan meloading semua aplikasi yang berada di startup berhasil  baru kemudian komputer akan siap untuk di gunakan, atau jika di buat pengertian yang lebih sederhana fungsi Menghapus Startup Windows adalah untuk meningkatkan kinernja Windows XP atau untuk mempercepat proses loading komputer.

Sedikit catatan, bahwa program aplikasi yang ada di startup windows akan berjalan secara otomatis sehingga untuk dapat menggunakan windows, maka kita harus sabar menunggu program yang ada di startup untuk di munculkan terlebih dahulu.

Anda bisa bayangkan jika di startup windows terdapat banyak program, belum lagi jika program tersebut mengalamai masalah, tentunya akan sangat menggangu dan menjengkelkan, karena untuk menggunakan komputer akan terasa lama dan berat.

Mengingat pentingnya performa kinerja komputer dalam membantu aktivitas pekerjaan, maka tidak ada salahnya jika anda menghapus atau mengurangi jumlah aplikasi atau jumlah program yamg ada pada Startup komputer.

Karena bagaimanapun juga banyak sedikitnya software yang ada di startup akan mempengaruhi kecepatan komputer saat booting, dan itu merupakan alasan kenapa kita harus meminimalisir jumlah program aplikasi yang berjalan pada Startup sebuah Operating System Windows Komputer / Laptop.

Salah satu penyebab lambatnya komputer laptop saat pertama kali dihidupkan / booting adalah  terlalu banyaknya aplikasi / software yang berjalan secara otomatis pada startup, dan sebagai solusi untuk mempercepat windows adalah dengan menghapus program aplikasi yang tidak perlu dibutuhkan pada startup.

Cara Membersihkan Startup Windows XP. Startup Komputer adalah proses atau sebuah waktu / time yang dibutuhkan untuk menghidupkan komputer pertama kali mulai dari menekan tombol On / Off sampai komputer memunculkan Operating System (OS) dan telah siap untuk digunakan oleh User.



Untuk itu, pada ulasan artikel yang singkat ini saya akan memberikan tutorial tentang bagaimana cara mempercepat booting komputer laptop dengan cara menghapus / menonaktifkan aplikasi yang ada di Startup.

Cara Menghilangkan Startup Windows 7 dan Windows Vista.

1. Silahkan klik Start, lalu ketikka perintah msconfig pada kotak Run, lalu tekan Enter.


2. Kemudian muncul jendela System Konfiguration, silahkan pilih Tab General lalu klik Selective Startup.


3. Selanjutnya lakukan beberapa setingan seperti dibawah ini.
  1. Klik Tab Startup.
  2. Lalu pilih aplikasi yang ingin di nonaktifkan pada Startup dengan cara menghilangkan tanda Centang.
  3. Atau jika ingin menonaktifkan semua aplikasi yang berjalan pada Startup, silahkan klik tombol Disable All
  4. Kemudian klik Apply.
  5. Tahap berikutnya, silahkan klik OK.



4. Kemudian pada tampilan dialog berikutnya, silahkan beri tanda centang pada tulisan Don't show this message again, dan untuk membuktikan hasilnya silahkan klik Restart, maka secara otomatis komputer / laptop akan melakukan Restart.


5. Selesai.

Cara Menghapus Startup Windows XP.
Pada dasarnya untuk menghapus startup pada sistem operasi Windows, caranya sama saja, baik itu Windows 7, Windows Vista, Windows XP, Windows 8, ataupun Windows 10, yaitu dengan mengetikan perintah msconfig pada menu Run, namun demikian untuk untuk Windows 10 sedikit berbeda pada menu yang did tampilkan, untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel saya yang lain yakni.

  • Cara Menghapus Startup Windows 10 All Version 32 bit / 64 bit.


Demikian artikel tentang bagaimana Cara Menghapus Startup Windows 7 dan Windows Vista.

Comments


EmoticonEmoticon