Cara Setting Modem Nokia G-240W-F IndiHome Fiber Optic

Cara Setting Modem IndiHome Nokia G-240W-F. Bisa dikatakan, bahwa untuk melakukan setting modem indihome fiber lebih mudah dari pada setting modem speedy ataupun modem indihome tembaga, mengingat semua setingan modem indihome fiber di lakukan oleh pihak telkom pusat.

Karena seperti yang kita ketahui, untuk setting modem speedy ataupun modem indihome jaringan tembaga, maka selain setting modem dilakukan dari pusat telkom, setting modem juga harus dilakukan secara manual di sisi pelanggan.

Dengan adanya sistem setingan secara menyeluruh dari pusat telkom pada modem indihome fiber, maka sebagai pelanggan indihome tidak perlu khawatir lagi ketika melakukan reset modem indihome, karena saat modem di hidupkan akan secara otomatis kembali ke setingan awal (default) sesuai dengan apa yang telah di tentukan oleh telkom.

Hanya saja jika anda melakukan reset modem indihome fiber, maka secara otomatis settingan port LAN dan Wireless (wifi) akan kembali ke setingan default, seperti.
  • Port LAN 1, 2, 4 akan kembali ke posisi Bridge Mode, yang mana khusus untuk Port LAN 4 secara default digunakan sebagai saluran IPTV untuk UseeTV.
  • Port LAN 3 akan kembali ke posisi Route Mode yang digunakan sebagai jalur utama akses internet.
  • Setingan wifi modem indihome akan kembali ke settingan default pabrikan, dimana username dan password wifi untuk SSID Private sesuai dengan yang tertera pada modem.
  • Ketika pelanggan indihome mengaktifkan wireless, maka secara otomatis sinyal @wifi.id dan @flashzone seamless ikut aktif.

Sehingga jika sebelumnya anda telah membuat konfigurasi Port LAN 1 digunakan sebagai cadangan IPTV / jaur STB 2 jika pelanggan indihome fiber menggunakan dua layar televisi, dan Port LAN 2 untuk devive yang lain, misal Mikrotik ataupun Access Point (AP), maka harus dilakukan pengaturan ulang karena setingan telah berubah.

Baca juga.


Untuk mempermudah dan mendapatkan performa modem yang baik, maka sebaiknya modem di reset terlebih dahulu sebelum di setting ulang.

Cara Reset Modem Nokia G-240W-F IndiHome Fiber.
Tekan tombol reset (lubang kecil yang ada di samping body modem) dengan benda tumpul (bulpoin atau kayu lidi) selama 3-4 detik dalam kondisi modem hidup.

Sebelum melakukan setting modem indihome, pastikan ONT GPON dan jaringan fiber optik dalam kondisi ready dengan cara melihat informasi yang di sampaikan oleh lampu indikator Modem Nokia G-240W-F, seperti di bawah ini.
  • Lampu POWER hidup.
  • Lampu LINK hidup.
  • Lampu AUTH hidup.
  • Lampu INTERNET hidup normal (tidak berkedip).
  • Lampu LAN hidup (jika ada port LAN modem yang terhubung dengan komputer).

Cara Setting Modem Nokia G-240W-F IndiHome Fiber Optic.
1. Hidupkan modem Nokia G-240W-F, tunggu hingga lampu indikator Power, Link, Auth, Internet, atau jika ingin setting Modem Nokia G-240W-F melalui Android maka terlebih dahulu anda harus mengaktifkan wifi terlebih dahulu dengan cara menekan tombol WLAN yang ada di belakang body modem agar android dapat terhubung dengan modem indihome.

Artikel Terkait.

2. Kemudian hubungkan kabel Port LAN 3 Modem ke Komputer / Laptop menggunkan kabel jaringan LAN jenis Straight.

3. Buka browser, lalu masukan IP Address Default ONT GPON Nokia G-240W-F yaitu 192.168.1.1 lalu Enter.

4. Selanjutnya login menggunakan username dan password superuser Modem IndiHome Nokia G-240W-F, yaitu.
  • Username : support
  • Password : theworldinyourhand

5. Setelah berhasil masuk ke panel router modem silahkan cek jalur yang digunakan untuk akses internet dengan cara klik Network, kemudian pilih LAN lalu perhatikan setingan port LAN default modem Nokia G-240W-F dari telkom.


Tampilan diatas menunjukkan bahwa port LAN 3 di setting Route Mode yang berarti digunakan sebagai jalur internet, sedangkan port LAN 1, 2, 4 dapat di manfaatkan sebagai jalur IPTV ataupun jika pengguna ingin melakukan konfigurasi mikrotik dengan modem indihome.

Namun begitu secara default jalur akses IPTV untuk UseeTV pada modem indihome adalah port LAN 4 untuk, dan port LAN 1 digunakan sebagai cadangan jika pelanggan ingin menambahkan televisi sehingga 1 modem melayani 2 televisi.

Baca Juga.

6. Jika ingin melakukan setting modem menggunakan komputer, maka silahkan sambungkan kabel LAN ke port LAN 3, sedangkan jika ingin setting modem melalui android silahkan hidupkan wifi kemudian login dengan password wifi yang tertulis di bawah body modem.

7. Selanjutnya klik Network, kemudian pilih WAN lalu lakukan pengaturan sebagai berikut.
  1. WAN Connection List : 1_INTERNET_R_VID_881.
  2. Connection Type : PPPoE.
  3. IP Mode : IPv4.
  4. Enable / Disable : Beri tanda check list.
  5. NAT : Beri tanda check list.
  6. Service : INTERNET.
  7. Enable VLAN : Beri tanda check list.
  8. VLAN ID : 881.
  9. VLAN PRI : 0.
  10. WAN IP Mode : PPPoE.
  11. Connections Tringger : AlwaysOn.
  12. Username : Masukkan username (umumnya username menggunakan nomor pelanggan indihome yang di akhiri dengan @telkom.net.
  13. Password : Isi password yang di berikan oleh pihak telkom indihome (umumnya password berjumlah 10 digit kombinasi huruf dan angka).
  14. Keep Alive Time : 60.
  15. Keep Alive Retry : 3.
  16. Echo Value : 180.
  17. Manual DNS : bisa di isi dengan DNS Indihome atau di kosongkan saja.
  18. Kemudian klik Save, maka secara otomatis modem akan melakukan restart untuk menyimpan hasil setingan modem.

Penting.
Pada langkah 12, dan 13 atau untuk setting username dan password anda tidak perlu khawatir mengingat setingan tersebut sudah dilakukan oleh pihak telkom pusat sehingga walaupun modem indihome di reset berkali-kali, maka username dan password tidak akan berubah ataupun hilang, dan inilah salah satu yang membedakan antara setting indihome tembaga dan indihome fiber optic.

8. Selesai.

Demikian tutorial lengkap tentang bagaimana cara setting modem indihome Nokia G-240W-F Fiber Optik, semoga bermanfaat.

32 comments

  1. Maaf admin punya saya tidak sengaja saya buat bridge,apakah bila saya reset akan kembali seperti semula ( settingan otomatis dari indihome)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa gan di reset, tapi untuk setingan wifi secara otomatis akan kembali ke default

      Delete
  2. Kalau setting untuk telepon gimana gan caranya...soalnya aku ambil paket internet dan telpon...untuk telepon uda dapet nomer tapi belum bisa aktif, lampu led di modem belum nyala

    ReplyDelete
  3. Untuk mengaktifkan telepon, agan bisa hubungi pihak telkom atau petugas pemasangan indihome, mengingat settingan telepon dilakukan dari pihak telkom pusat.

    ReplyDelete
  4. maaf agan settingan port forwarding yang untuk ip publik semisal tuk cctv online atau erapor dapodik sekolah gmn ???

    ReplyDelete
  5. Untuk setingan jarak jauh CCTV, yang terpenting adalah mengentahui IP public yang telah di setting pada DVR dan Modem, untuk lebih jelasnya, nanti kalau ada waktu akan saya buatkan tutorialnya

    ReplyDelete
  6. Mau tanya master..
    Saya langganan indihome dengan modem nokia G-240-F dengan langganan bandwidth 40mbps kemudian saya salurkan ke mikrotik metal2shpn saya sebar lewat wireless dan hasilnya paling mentok 10mbps kadang kurang...
    Apa masalahnya ea pak master

    ReplyDelete
  7. Apa agan sudah coba kecepatan tanpa mikrotik, hasilnya bagaimana ?.

    Jika hasilnya bagus atau mendekati 40mbps, berarti bisa dipastikan yang bermasalah adalah mikrotiknya, bisa karena setingan salah, misal kesalahan pada pengaturan power (untuk pengaturan power jangan terlalu full), selain itu hasil dari penerimaan wifi juga sangat dipengaruhi oleh kondisi area (area harus loss tanpa penghalang)

    ReplyDelete
  8. Mau nanya gan saya pemula
    Jadi ane kan kurang puas dengan performa modem nokia dan katanya lebih baik di bridge ke router lain

    Nah yang jadi pertanyaan itu settingnya bisa dilakukan sendiri nggak dengan login support?

    ReplyDelete
  9. settingan bisa dilakukan sendiri, agan tinggal hubungkan jalur internet dari modem ke router, selanjutnya pengaturan internet ataupun wifi di lakukan dari router.

    saran saya matikan saja wifi pada modem indihome, mengingat keamanan password wifi modem indihome sangat lemah

    ReplyDelete
  10. Nokia/alcatel ini kalo wan mau di jadikan mode bridge harus menguhungi telkom dulu ya gan? Soalnya gw cari gada setingannya

    ReplyDelete
  11. sepertinya begitu gan, soalnya di modem indihome nokia yang saya gunakan juga tidak ada

    ReplyDelete
  12. tumpang tanya cara setting Kalau dari alcatel I-240W-A ke modem nokia g-240w-f di jadikan repeater via wifi to wifi dan via LAN bagaimna ??

    ReplyDelete
  13. walaupun modem indihome sudah memiliki fitur modem + router wireless, tetapi kayaknya tidak bisa jika modem indihome di jadikan sebagai repeater range extender atau koneksi wifi to wifi.

    Setahu saya modem indihome hanya bisa digunakan sebagai access point atau LAN to Wifi untuk memperluas jaringan wifi

    ReplyDelete
  14. Selamat Pagi Mas Sun

    Saya ingin tanya apakah modem router bawaan telkom (Alcatel/Nokia) bisa diganti dengan Modem Fiber Aftermarket (misalnya ASUS) ?

    Saya merasa pembagian bandwith di modem saya saat ini (Alcatel) kurang begitu optimal, padahal hanya 2 users yg memakai bersamaan dengan paket bandwith 40 mbps dan ping 4-6 ms, namun kadang ada gejala glitch/buffer ketika user 1 melakukan streaming dan satunya online game.
    Seakan akan manajemen fair bandwithnya ga balance.

    Mohon bantuan informasinya Mas Sun, Sebelumnya Terima Kasih banyak :-)
    Sehat dan Sukses Selalu !

    ReplyDelete
  15. Untuk ganti modem indihome bawaan telkom dengan modem dari vendor lain sepertinya tidak bisa gan, mengingat firmware yang digunakan modem indihome sudah di modifikasi sedemikian rupa agar dapat bekerja sesuai fitur paket indihome yang telah ditentukan oleh pihak telkom, misal Internet, Telepon, dan IPTV.

    Ataupun jika bisa, maka kemungkinan modem yang agan gunakan terlebih dahulu harus di register oleh sistem telkom, atau dengan kata lain Selama ONT / Modem agan bisa di register atau pihak telkom mau melakukan register pasti bisa.

    Saran saya, dari pada ribet lebih baik agan beli router yang bagus kemudian di sambung ke ONT / Modem GPON untuk dijadikan sebagai access point (AP) atau repeater extender signal WiFi.

    ReplyDelete
  16. router ini ap bisa pakek modem gan...
    dn kapasitas pengguna hp smpai brpa?

    ReplyDelete
  17. ONT Nokia G-240W-F itu adalah Modem + Router Wireless, hanya saja kemampuanya untuk router kurang maksimal (tidak seperti router pada umumnya karena sudah dimodifikasi) dan untuk pengguna wifi dibatasi maksimal hingga 32 user.

    ReplyDelete
  18. maaf mau tanya, kalau menyambungkan dari modem Nokiake akses point tplink gimana ya? tolong penjelasannya(saya newbie)

    ReplyDelete
  19. gan modem saya juga nokia G-240W-F. untuk pengaturan pembatasan kecepatan menggunakan QOS config pada salah satu LAN bisa ga ya ?..... mohon tutorialnya

    ReplyDelete
  20. Untuk setting QoS Config pada modem indihome saya belum pernah mencoba, karena saya lebih suka menggunakan router secara terpisah.

    Jika melihat fungsi dari router, Seharusnya bisa gan, namun dengan syarat fitur router yang ada di dalam modem bawaan indihome dapat berfungsi seperti router pada umumnya, mengingat bagaimanapun juga router modem indihome sudah di modifikasi firmwarenya.

    Untuk tutorialnya, mungkin lain waktu akan saya buatkan, dan sebagai percobaan silahkan agan masuk pada menu QoS config, lalu aktifkan QoS, dan setting nilai bandwidth Upload dan Download sesuai ke inginan.

    ReplyDelete
  21. @sarino ae.

    Untuk menyambungkan modem indihome ke Access Point (AP), silahkan hubungkan dengan kabel LAN dari port LAN modem (yang ada akses internet) ke port LAN / WAN Access Point.

    - Sambungkan Port LAN Modem ke Port WAN, jika client WIFI ingin menggunakan DHCP dari Access Point.

    - Sambungkan Port LAN Modem ke Port LAN, jika client WIFI ingin menggunakan DHCP dari Modem Indihome.

    ReplyDelete
  22. apakah LAN 4 (IPTV) bisa diubah ke WAN? bagaimana cara membuat koneksi WAN yang baru, saya ingin membuat khusus untuk akses TV.

    Apakah ada tutorial menyambung TV ke modem Nokia ini hanya via Wifi dan tanpa kabel LAN?

    terima kasih sebelumnya, Mas.

    ReplyDelete
  23. Apakah maksud LAN digunakan sebagai WAN adalah agar LAN 4 bisa digunakan sebagai jalur akses internet seperti port LAN yang lain.

    Jika demikian agan tinggal rubah mode LAN 4 dari Bridge menjadi Route, hanya saja saya belum pernah mencoba apakah setelah di setting ke mode Route (seperti LAN 1, LAN 2, dan LAN 3) bisa berfungsi sebagai akses internet, mengingat secara default LAN 4 digunakan sebagai jalur IPTV UseeTV.

    Sedangkan untuk menghubungkan modem dengan STB (TV) melalui wifi sangat bisa, mungkin lain waktu akan saya usahakan untuk membuat tutorial cara setting STB (UseetV) dengan Modem via Wireless.

    ReplyDelete
  24. Nanya om punya router nokia g-240w-f trus sya pkek modem vivo kog gk bisa konek ya ?
    Mhon bntuanya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini tidak konek internet Wifi atau Internet LAN

      Delete
  25. selamat pagi mas sun, saya ingin bertanya mengenai modem Nokia G-240W-F, yg ingin saya tanyakan pada port usb 2buah yg disebelah kanan apakah bisa di fungsikan sebagai acces input inet ny dari modem usb yg menggunakan simcard seperti modem usb HSPA/HSDPA..
    mohon jawaban ny masss....
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelunya saya minta maaf jika jawaban saya salah, mengingat saya juga belum pernah mencoba.

      Namun jika di lihat dari karekteristik perangkat modem + router wireles, seharusnya bisa dengan catatan modem di setting menjadi router wiireless saja

      Hanya saja, mengingat semua modem yang sudah bundling paket indihome / speedy sudah dilakukan modifikasi pada firmware yang disesuaikan dengan kebutuhan indihome sehingga kemungkinan besar USB modem hanya berfungsi sebagai sharing printer saja.

      Namun untuk membuktikannya silahkan agan coba dulu, siapa tahu ntar eksperimennya bisa di share disini.

      Delete
  26. bagaimana cara membuat koneksi point to point tanpa kabel mas? tetangga saya ingin membuat koneksi ke wifi indihome saya ke AP dia.. trims bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk lebih jelasnya, silahkan baca artikel tentang setting jaringan internet PTP - Point to Point disini
      https://itwae.blogspot.com/2020/07/setting-internet-ptp-point-to-point.html

      Delete
  27. terimakasih tutorialnya gan, mau tanya nih, sy extender WiFi indihome pake LAN 3 ke router tplink lama sy, tp kok sering jo internet access ya? apakah gr gr settingan nya atau emang sering eror? sy pake setting dynamic ip dgn dhcp disable

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah settingan sudah benar gan, harusnya tidak masalah masalah gan, karena saya sudah coba berbagai macam merk wireless router lancar-lancar saja

      Delete


EmoticonEmoticon