Kode Error Komputer - Pesan Error Komputer Windows

Pesan Error / Kode Error Laptop Komputer Windows. Kode Error atau Pesan Error adalah sebuah pesan kesalahan yang muncul akibat adanya masalah yang terjadi pada perangkat komputer / laptop baik yang disebabkan oleh software (perangkat lunak) ataupun Hardware (perangkat keras) yang tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Hardware komputer laptop meliputi seluruh bagian dari Motherboard (papan induk) dan perangkat tambahan yang lain yang terpasang pada mainboard, dan untuk bagian Software yang terdiri dari semua program aplikasi yang terinstall pada komuter ataupun laptop termasuk driver komputer dan sistem operasi atau Operating System (OS).

Artikel Terkait.

Share artikel kali ini saya akan membahas beberapa peyebab dan cara mengatasi pesan error yang sering muncul pada sebuah komputer / laptop yang menggunakan sistem operasi windows.

Berikut beberapa penyebab dan cara mengatasi Code Error / Pesan Error komputer laptop berbasis Windows yang serint terjadi.


ACCESS DENIED
Apabila anda ingin mencoba mengganti file bersifat Write-proteccted, read only, atau file yang telah dikunci. Periksa kalau disket diset Write-protec. Biasanya bagian floppy drive yang bertanggung jawab untuk mendeteksi pintu geser Write-protec ( pada dither 3,5 floppy ) rusak.

Jika benar, drive tersebut akan menganggap semua disket semua diprotect. Anda juga akan menemukan pesan ini jika ingin mencoba mengakses nama direktorisebagai nama file.

Apabila pesan ini timbul karena disebabkan adafile yang bersifat Write-protected atau read-only, Anda bisa memakai program Utility untuk merubah atribut file jika memang ingin merubahnya.

128K NOT OK PARITY DISABLED
Mempunyai arti bahwa, 128K pertama dan RAM gagal melaksanakan POST. Solusinya, matikan komputer lalu nyalakan kembali dan boot ulang,apabila pesan Error muncul kembali, maka terdapat masalah pada RAM anda. Untuk alasan tertentu 128K pertama dari RAM tidak mau membedakan respon dari path CPU.

Cara lain yaitu merubah daerah High dan Low memory motherboard. Path komputer 8086 dan 8088, barisan pertama dan barisan Chip memory mengandung 64K yang pertama jadi jika anda merubah 64K ini ke baris kedua atau ketiga mungkin akan dapat memperbaiki masalah. Atau kerusakan ini terjadi karena matherboard rusak atau sudah tua.

ADDRESS UNE SHORT
Apabila terdapat pertanyaan seperti ini maka yang harus dicek adalah kekencangan pada piranti-piranti pada komputer, t0erutama Memory. Apabila pesan masih muncul kemungkinan yang rusak adalah Chip Memory atau Matherboard.

ALLOCATION ERROR SIZE ADJUSED
Pesan ini merupakan CHKDSK yang membandingkan ukuran file fisik pada Disk dengan dengan ukuran yang telah dialokasikan Path direktori, namun keadaanya tidak cocok/ klop. Dan jika file fisik terlihat terlalu panjang, CHKDSK akan memotong file tersebut dan sebaliknya.

Tapi bila anda menemukan pesan semacam ini sering maka anda harus menyelamatkan karena Hardisk telah Rusak. Setelah mengalami pesan seperti ini jangan lagi menngunakan CHKDSK, tapi DISKFIX atau Norton Disk Doctor karena keduanya bisa menyimpan data bukan menghapus data.

ATTEMPTED WRITE-PROTECT VIOLATION
Pesan ini muncul biasanya saat anda akan memformat Disket. Kemungkinan pesan ini muncul karena Floppy drive rusak atau disket rusak. Gunakan alternatif lain dengan Utility untuk merubah atribut file tersebut jika memang ingin memformat seluruh isi disket.

AD OO MISSING COMMAND INTERPRETER.
Pesan ini muncul karena komputer ditak bisa menemukan file COMMAND.COM. jika komputer anda memakai copy network dan COMMAND.COM. path file server keluar dari network, anda juga akan mendapatkan pesan Error ini karena komputerdidak menemukan file COMMAND.COM.

BUS TIME OUT NMI AT SLOT X
Pesan ini adalah Error EISA. Cobalah jalankan programkon figurasi EISA. jika ini gagal periksalah slot X pada Matherboard. Kerusakan terjadi pada Motherboard, atau pada slot X Motherboard.

BAD PARTITION TABLE
Pesan ini muncul saat anda ingin memformat. kemungkinan pesan ini muncul dikarenakan Hardisk belum dipartisi atau anda salah dalam melakukan Format Low Level. Coba hardisk di partisi dan Format kembali. Jika pesan ini muncul kembali berarti yang rusak adalah Hardisknya.

C : DRIVE ERROR
Setelan pada Hardisk C ( Hardisk primarypada komputer ) tidak diset secaratepat pada program setup CMOS yang terdapat pada BIOS. Cobalah jalankan kembali program setup CMOS. Lalu tinjau kembali  Hardisk Configuration Error.

CACHE MEMORY BAD, DO NOT ENABLE CACHE.
Pesan ini timbul apabila Cache memory Motherboard rusak. Coba anda tekan atau kencangkan kembali Chip-Chip Memory. Pesan ini merupakan pesan Error BIOS selanjutnya jalankan AMIDiag jika tidak ada, ganti Chace Memory. Apabila semua sudah dicoba dan hasilnya sama kemungkinan yang rusak adalah Motherboard.

CANNOT CHDIR TO ( path ) TREE PAST POINT NOT PROCESSED
Ini merupakan pesan untuk sebagian file direktori ada yang rusak. Langkah yang harus anda ambil adalah dengan menjalankan SpinRite II atao DISKFIX dari PC Tool karena kedua program ini dapat memperbaikinya. Simak juga bagian “ Hardisk Read Failure “. Ingat file direktori tidak boleh rusak. Peswan ini dapat jga merupakan peringatan awal dari kerusakan Hardisk.

CANNOT RECOVER ( . ) ENTRY PROCESSING CONTINUED
Pesan ini merupakan pemberitahuan bahwa direktori tempat anda bekerja saat ini mengalami kerusakan. Untuk mengeceknya jalankan SpinRite II atau DISKFIX dari PC tool. Pesan ini muncul bisa dikarenakan awal kerysakan Hardisk.

CH-2 TIMER ERROR
Pesan ini muncul karena Timer chip 2 atau interrupt controller logic pada Motherboard telah rusak. Anda harusmengganti Motherboard.

CMOS BATTERY STATE LOW
Pesan ini menyuruh anda untuk mengganti battery clock / CMOS

CMOS CHEKSUM FAILURE
Pesan ini memberitahukan Cheksum yang dipakai untuk memeriksa intergritas data chip untuk setup CMOS menunjukan data CMOS mengalami kerusakan. Oleh karena itu gantilah battery deck/ CMOS lalu jalan kembali SETUP. Jika pesan ini muncul kembali Chip CMOS mungkin rusak.

CMOS DISPLAY TYPE MISMATCH
Pesan ini ditujukan untuk CMOS yang mengira PC anda memiliki Video Card Monochrome. Tetapi sebenarnya Video CGA atau VGA. Untuk itu maka jalankan SETUP agar informasi CMOS sesuai dengan Video Card yang dipakai.

CMOS MEMORY SIZE MISMATCH
Chip pada CMOS mengira anda telah memiliki jumlah memory yang lebih besar atau lebih sedikit. Pesan ini muncul karena memory longgar, coba memory dikencangkan kembali.

CMOS SYSTEM OPTIONS NOT SET
Pemberitahuan mengenai data pada Chip setup CMOS sedang mengalami kerusakan. Untuk itu jalankan kembali SETUP. Pemakaian pada setup haruslah tepat. Biasanyan komputer yang baru memiliki program SETUP pada ROM BIOS-nya. Komputer yang lama memakai Disket Program setup khusus, yang kadang tidak bekerja jika dipakai pada Merk komputer berbeda.

CMOS TIME & DATE NOT SET
Pesan ini muncul karena battery CMOS rusak sehingga daya penyimpanan data pada battery lemah. Coba anda ganti battery CMOS dan set ulang BIOS.

COM PORT DOES NOT EXIST
Pesan ini muncul pada saat anda mencoba memakai COM port tapi ada kesalahan. Untuk itu coba periksa COM port pack komputer dengan program seperti cheecklt, QA Plus atau juga bisa dengan Norton Utility untuk memastikan komputer mendetek COM port yang ingin anda pakai.

Sebagai contoh, komputer yang memiliki dua serial port  keduanya diset ke COM1 maka akan muncul pesan pesan diatas, jika anda akan mencoba mengirimkan Output Printer ke COM2. oleh karena itu lihat kembali semua perintah yang ada sehingga dengan mudah mengaksesnya.

CONVERT DIRECTORY TO FILE
Apabila pesan ini muncul saat anda membuka direktory, pilih “ No” supaya semua file yang ada di directory ini tida hilang karena terhapus oleh pesan ini. Untuk memudahkan anda cobalah sebaiknya menggunakan DISKFIX da PC Tool atau Norton Disk Doctor daripada CHKDSK agar dapat menyimpan semua directory beserta filenya.

CONVERT LOST CHAINS TO FILES (Y / N )
Pesan ini muncul apabila CHKDSK menemukan rantai cluster yang hilang. Untuk megatasinya cluster yang hilang, coba DISKFIX dan PC Loui atau Norton Disk. Tetapi cluster hilang sebenarnya tidak masalah kecuali ada data yang penting dalam Hardisk.

D : DRIVE ERROR
Pesan ini terjadi apabila Hardisk D ( hardisk kedua path komputer anda tidak disetting dengan tepat pada program setup CMOS. Untuk itu coba operasikan program tersebut dengan membuka kembali setup CMOS / ROM BIOS. Bisa juga dengan menset “ Hardik Configuration Erroe “.

DATA ERROR READING DRIVE X
Pesan ini muncul karena drive mengalami kesalahan penyelarasan, dan apabila kompiuter anda memiliki akselerasi yang tinggi DOS akan memunculkan pesan Error ini lebih dini. Cara mengatasinya dengan kembali mengakses DISKFIX dari PC Tools, Spin Rite II, atau Norton Disk Doctor, karena program diagnotis diatas mampu membaca data walaupun data sulit untuk dibaca.

DECREASING AVAILABLE MEMORY
Pesan ini muncul karena ada Memory yang Error atau Error pada konfigurasi Memory CMOS.

DISK BAD
Pesan ini muncul karena ada systek pada Hardisk yang rusak, atau kabel tegangan Hardisk putus atau juga Hardisk anda telah rusak.

DISK BOOT ERROR, REPLACE AND STRIKE KEY TO RETRY
Hal ini terjadi ketika komputer mencoba membootinr ( Shuting Down ), tetapi tidak dapat menemukan System Disk pastikan apakah ada Disket di Drive A.

Apabila di Drive A ada Disket dan anda mencoba membooting dari Hardisk, dan pesan ini tetap muncul biasanya Hardisk tidak memiliki file System DOS. Anda hanya perlu mengcopynya saja.

DISK ERROR READING OR WRITING FAT
Terjadi Bad sector pada FAT, tetapi DOS memiliki dua salinan FAT dan anda dapat memakai salinan kedua. Dan kejadian ini adalah sebuah pesan peringatan bahwa mekanisme anti kegagalan sudah dijalankan, dan ini berarti anda tidak memiliki salinan FAT lagi jika FAT yang kedua ini mengalami kerusakan. Coba jalankan DISKFIX dan PC Tool atau Spin Rite.

DISK FAILURE
Adanya kerusakan pada Disket boot drive A. kerusakan terjadi pada Floppy Drive.

DISK READ FAILURE- STRIKE F1 TO RETRY BOOT
Kerusakan pada Disk yang buruk atau Floppy Disk rusak.

DISPLAY ADAPTER FAILED USING ALTERNATE
Pesan ini muncul karena ada kesalahan pada jumper color / mono pada komputer AT. Cari buku petunjuk untuk lokasi dan cara pemasangan jumper yang benar.

DIVIDE OVERFLOW
Tampilan ini emnyuruh anda untuk membooting kembali komputer anda. Jika pesan ini muncul saat anda membuka program berarti ada kerusakan pada program.

DMA BUS TIMEOUT
ROM America Megatrend Inc akan menampilkan pesan ini jika ada alat yang memakai sinyal busa lebih dari 7,8 mikrodetik. Kerusakan terjadi pada salah satu Card atau juga Motherboard.

DRIVE NOT READY ABORTY, RETRY, IGNORE, FAIL
Kerusakan ada pada FloppyDisk atau disket, gunakan program DISKFIX pada PC Tools atau Norton Disk Doctor. Atau bisa juga yang rusak adalah Hardisk.

ERROR READING / WRITING THE PARTITION TABLE
Pesan ini muncul saat anda akan memformat Hardisk, kemungkinan anda salah memformat Hardisk. Cobalah Hardisk diformat kembali, jika pesan muncul kembali coba gunakan Disk Manager atau Format Low-Level. Atau kemunkinan besar Hardisk anda yang rusak.

ERRORS FOUND, DISK’S’ FAILED INITIALIZATION
Kemungkinan pesan error ini terjadi karena:
a.       Mungkin kabel  power tidak terhubung secara tepat pada Hardisk
b.      Kabel yang menghubungkan Hardisk dengan Controler salah pasang
c.       Jumper pada select Driver Hardisk salah terpasang
d.      Mungkin Hardisk anda mati
e.       Matinya Controler pada Hardisk.

ERROR FOUND; INCORECT CONFIGURATION INFORMATION MEMORY SIZE MISCOMPARE
Mungkin memory pada CMOS melewati program setup. Coba lakukan kembali pengesetan. Kemungkinan komponen yang rusak adalah memory, coba semua memory di cek. Atau kerusakan batteray dan power supply juga bisa menyebabkan pesan ini muncul.

EXPANSION BOARD DISABLED AT SLOT S
Pesan ini hanya sebagai pemberitahiuan bagi anda bahwa card pada slot telah dimatikan. Gunakan program konfigurationEISA untuk menyalakan atau mematikan sebuah card.

EXPANSION BOARD NMI AT SLOT S
Ini merupakan pesan yang memberitahukan bahwa card pada slot S sedang mengalami gangguan / Error. Atau busa saja karena Card ini tiodak tidak bekerja dengan baik.

EXPANSION BOARD NOT READY AT SLOT S
Pesan ini terjadi karena komputer anda tidak bisa melihat Card pada slot S. tetapi anda mencoba mengkonfigurasikan pada program EISA.

Apabila ada pesan seperti xxxK EXTENDED MEMORY ini adalah pesan pemberitahuan yang menyatakan bahwa komputer anda telah sukses dalam menguji sejumlah xxx. Setelah proses ini berlangsung maka anda dapat mengakses program komputer.

FAIL-SAFE TIMER NMI
Ada beberapa piranti yang bekerja tidak wajar dan menguasai bus komputer EISA. langkah yang harus diambil adalah mencopot semua Card dan memasangnya kembali dengan benar.

FAIL-SAFE TIMER NMI INOPERATIONAL
Ini berarti Fail-safe timer pada Card EISA telah mengalami kerusakan. Salah satu caranya adalah mengganti Motherboard.

FDD CONTROLLER FAILUR
Pesan ini muncul karena ada kerusakan pada Floppy Disk Drive ( FDD ), coba periksa kabel-kabel yang terhubung dengan Floppy Disk, atau ganti Floppy disk.

FDD A IS NOT INSTALLED
Pesan ini muncul karena komputer tidak bisa menemukan Floppy Disk, atau Floppy Disk rusak.

FDD C IS NOT INSTALLED
Pesan ini muncul karena komputer tidak buisa menemukan floppy Drive C, atau ada kabel Drive C yang renggang.

FILE ALLOCATION TABLE BAD atau FILE ALLOCATION TABLE BAD DRIVE X
Pesan ini muncul karena adanya masalah pada FAT. Untuk menyelamatkan isi Disk gunakan Norton Disk Doctor atau DISKFIX dan PC Tools.

GATE A20 FAILURE.
Pesan ini hanya terdapat pada komputer AT. Kemungkinan kerusakan terjadi pada Motherboard atau Keyboard yang buruk, coba periksa kembali Switch pada keyboard.

GENERAL FAILURE READING ( WRITING ) DRIVE C: ( A )bort, ( R )etry, ( I )gnore ?
Bila pesan ini muncul tekan Ignore. Kerusakan mungkin Motherboard dan Hardisk karena Contoller card tidak bisa bekerja dengan baik.

Tapi masalah ini jarang sekali terjadi mungkin hanya terdapat pada Hardisk SCSI. Atau Floppy Drive yang buruk juga bisa muncul pesan seperti ini.

HARDISK KONFIGURATION ERROR
Error konfigurasi ini muncul jika anda memakai disket setup yang lebih baru dari ROM BIOS komputer. Untuk memperbaiki pesan error ini gunakanlah disketsetup asli atau dengan mengganti ROM BIOS. Disket setup yang salah juga bisa menyebabkan pesan Error ini.

HARDISK FAILURE
Pesan ini muncul dikarenakan ada beberapa hal:
a.       Kabel power supply mungkin tidak terhubung pada Hardisk.
b.      Kabel yang menhubungkan pada Hardisk dengan controller salah pemasangannya.
c.       Drive pada select jumper hardisk salah dalam pemasangannya.
d.      Kemungkinan Hardisk mati.
e.       Controller pada Hardisk mati.

HARDISK READ FAILURESTRIKE F1 TO RETRY BOOT
Pesan ini muncul biasanya setelah anda membonkar komputer. Coba dicek apa ada kabel yang putus atau longgar, jika tidak ada coba teka F1 untuk membooting ulang.

Jika Hardisk tidak mau membooting sewaktu anda tekan F1, anda harus membooting dari disket atau setting ulang pada BIOS. Jika tetap tidak bisa coba diformat ulang Hardisk anda.

HAS INVALID CLUSTER, FILE TRUNCATED
Pesan ini menunjukan bahwa CHKDSK menemukan Cluster yang tidak berlaku. Untuk mengatasinya jalankan DISKFIX, Norton Disk Doctor, atau Spin Rite, terkadang program ini mampu memulihkannya.

ID INFORMATIONMISMATCH FOR SLOT  N
Komputer mengira anda memindahkan Card ketempat lain, jika itu benar maka gunaka EISA Configuration Utility ( ECU ), untuk memberitahu letak Card pada komputer.

INSUFFICIENT MEMORY
Pesan ini muncul karena software mengalami error  program, bukan memory yang error , menunjukkan anda telah memakai lebih banyak memory daripada yang dipasang.

INTERNAL CACHE TEST FAILED-CACHE DISABLED
Cobalah booting kembali komputer anda. Jika pesan ternyata masih ada, jalankan QA Plus atau QA / WIN untuk menguji Motherboard. Kemungkinan besar chip tersebut telah mati

INTERNAL ERROR
Pesan ini berasal dari Software anda yang error. Coba periksa kembali manual DOS nya

INTERNAL STACK OVERFLOW
Pesan ini berasal dari Software anda yang error. Coba periksa kembali manual DOS nya. Jika ternyata masih muncul, periksa kembali memory pada Motherboard. Bisa saja ini terjadi dari memory 64 K.

INTR 1 ERROR
Menyatakan bahwa Interruptb Controller logic telah mengalami kerussakan. Tindakan yang harus ambil adalah dengan mengganti Motherboard.

INVALID CONFIGURATION INFORMATION PLEASE RUN SETUP PROGRAM
Cobalah menjalankan program setup. Pastikan setiap Entry sudah betul. Jika pesan ini muncul kembali coba ganti batteray, danjika sudahdiganti bateray pesan muncul kembali anda harus mengganti power supply.

INVALID CONFIGURATION INFORMATION FOR SLOT  S
Coba dengan menjalankan ECU, lalu pastikan semua informasi untuk Card dan dan nomor slot Card tersebutsudah tepat apa belum. Cek kembali bateray CMOS, karena jika bateray tersebut habis komputer bisa kehilangan informasi setupnya.

INVALID EISA CONFIGURATION STORAGE PLEASE RUN THE CONFIGURATION UTILITY
Sama kejadian diatas, maka anda harus mencoba dengan menjalankan ECU. Lalu periksa kembali bateray CMOS, karena jika bateray tersebut habis komputer bisa kehilangan informasi setupnya.

KEYBOARD BAD
Keyboard telah gagal melaksanakan proses POSTING, untuk mengatasinya coba komputer di Restart, atau jika pesan masih muncul ganti saja keyboardnya.

KEYBOARD CONTROLLER FAILURE, KEYBOARD STUCK KEY FAILURE
Pesan ini muncul karena keyboard tidak bisa mengirim sinyal pada saat POSTING. Kemungkinan komponen yang rusak adalah kabel keyboard atau keyboardnya rusak atau bisa dengan memeriksa Switch XT / AT pada bagian bawah keyboard.

LAST BOOT INCOMPLETE
Pesan Error ini hanya akan muncul pada Chip Intel 82335 yang rusak. Chip jenis ini jarang sekali dipakai pada Motherboard AT Chip ini memiliki keistimewaan tambahan yang harus diset ulang pada CMOS khusus. Caranya dengan menjalankan program setup Intel 82335, perhatikan semua konfigurasi EMS dan memory interweaving.

‘Y’ LOST CLUSTER (S) FOUND IN y CHAINS CONVERT LOST CHAINS TO FILES ( Y/ N )
 Pesan ini muncul apabila CHKDSK menemukan rantai cluster yang hilang. Untuk megatasinya cluster yang hilang, coba DISKFIX dan PC Tools atau Norton Disk.

Tetapi cluster hilang sebenarnya tidak masalah kecuali ada data yang penting dalam Hardisk, dan hilangnya rantai cluster disebabkan oleh perubahan tegangan, tapi ini tidak berbahaya.

MEMORY ADDRESS LINE FAILURE AT yyyy : yyyy, READ HEX VALUE yyyy, EXPECTING yyyy
Tulisan tersebutmemberikan lokasi address memory tertentu dimana kegagalan sedang terjadi, akan tetapi pada kenyataanya kita tidak bisa memperbaikinya. Kerusakan terjadi pada Motherboard.

MEMORY PARITY ERROR AT ( hex )
Pesn ini muncul karena ada Chip memory yang rusak. Chip ini merupakan Chip penyimpan data atau Chip yang berfungsi untuk parity Checking.

MEMORY PARITY INTERRUPT AT YYY : YYY.TYPE ( S ) HUT OFF NMI, ( R ) EBOOT, OTHER KEYS TO CONTINUE
Pesan ini muncul dikarenakan ada Chip memory yang buruk atau ada controller Card yang rusak atau power supply yang sudah tua, karena biasanya pesan ini muncul disebabkan oleh penurunan tegangan sekitar 5 volt.

MEMORY TEST TERMINATED BY KEY STROKE
Perihal ini merupakan izin untuk menghentikan pengujian memory POSTING dengan menekan Space bar. Jika anda melakukan hal ini, maka komputer akan menampilkan pesan error dan melanjutrkan rutin POSTING yang berikutnya.

NO BOOT DEVICE AVAILABLE – STRIKE F1 TO RETRY BOOT
Pesan ini menyatakan komputer tidak bisa di-booting. Coba booting dari Disket atau tekan F1 untuk booting dari Hardisk. Jika tetap tidak mau booting coba periksa Hardisk da Format ulang Hardisk.

NO FAIL SAFETIMER NMI
Hal seperti ini merupakan pernyataan bahwa fail safe timer pada Motherboard EISA gagal. Jalankan QA Plus atau QA / WIN untuk memeriksa Motherboard, jika ternyata benar anda harus menggati Motherboard.

NO SCAN CODE FROM THE KEYBOARD
Munculnya pesan error ini dikarenakan pada komputer XT yang menunjukan bahwa tidak mempunyai Keyboard yang terhubung pada komputer atau keyboard telah terkunci.

NO SOFTWARE PORT NMI
Coba lakukan program QA Plus atau QA / WIN  untuk memeriksa Motherboard, jika ternyata benar anda harus menggati Motherboard.

NON - DOS DISK ERROR READING B( WRITING ) DRIVE y
Ini Track pada disk y mati, jadi DOS tidak dapat mengenali Disk ini. Untuk mengatasinya jalankan DISKFIX, Norton Disk Doctor, atau Spin Rite, terkadang program ini mampu memulihkannya.

NON – SYSTEM DISK OR DISK ERROR. REPIACE AND STRIKE ANY KEY WHEN READY
Hal ini terjadi karena anda mencoba booting dari Disket Non System. Jika pesan error ini muncul pada Hardisk, maka copy kembali COMMAND.COM ke Hardisk.

NON- SYSTEM DISK OR DISK ERROR PRESS ANY TO CONTINUE
Komputer mencoba untuk booting tapi tidak bisa kemungkinan ada Disket pada Drive A. Jika pesan error ini muncul pada Hardisk, maka copy kembali COMMAND.COM ke Hardisk. Atau kemungkinan lain File system DOS telah rusak.

NO TIMER TICK INTERRUPT
Pesan ini menyatakan bahwa Timer Chip tidak dapat memerintahkan Interrupt Controller 0 ( Interrupt Timer ). Hal ini dikarenakan Motherboard yang buruk , coba ganti Motherboard.

NOT A BOOT DISK – STRIKE  F1 TO RETRY BOOT
Pesan ini muncul karena komputer tidak dapat melakukan booting dari Floppy drive. Atau floppy drive rusak.

NOT READY READING DRIVE E atau NOT READY ERROR READING  ( WRITING ) DRIVE E
Pesan ini muncul karena Pintu drive belum tertutup, atau jika drive sudah ditutup dan dan pesan ini muncul kembali kemungkinan Drive rusak.

Dan jika masalah ini berasal dari Disket, atau jika drive y: adalah Hardisk coba gunakan DISKFIX dari PC Tools. Sesuai manual dari DOS, anda juga bisa mendapatkan Error versi “ Writing to “ jika printer telah dimatikan atau dalam keadaan off line.

OPTIONAL ROM BAD CHECKSUME
Ini bertanda bahwa ROM atau Card Input / Output telahrusak. Coba ganti Rom yang rusak pada Hardisk Controller, card EGA, atau Card VGA. Kebanyakan Hardisk controller Card mempunyai jumper yang bisa dipakai untuk memindahkan address ROM jika diperlukan agar tidak terjadi konflik dengan peralatan lain..

Address yang umum dipakai adalah C800, CA00, dan D800 untuk Hardisk controller ; C000 untuk EGA atau VGA card ; CE00 untuk High-density floppy Controller Card ; dan DC00 untuk Network Card.

Seandainya ROM komputer anda memiliki address yang berbeda anda harus mencarinya sendiri. Untuk mengatasinya cobalah lepas semua Card kecuali Video Card, lalu nyalakan kembali komputer jika pesan ini masih muncul mungkin ROM video Card yang rusak.

PARITY CHEK 1
Pesan ini merupakan Error pada Expansion Card. Sebagai contoh Hardisk Controller Card telah memiliki memory tersendiri yang dilengkapi parity Checking. Memory Card juga memiliki memory parity Checking.

Untuk mengatasinya lepas semua Expansion Card kecuali Video Card, seharusnya pesan ini hilang. Pasang kembali Expansion Card satu persatu dan nyalakn komputer setiap kali satu Card dipasang.

POINTER DEVICE FAILURE
Pesan ini muncul untuk memberitahukan bahwa Mouse ( atau pen, trackball, atau yang lainnya ) yang terhubung dengan Mouse port komputer PS / 2 pada Motherboard gagal terdetek. Kemungkinan Mouse atau kabel Mouse rusak.

PRINTER ERROR
Ada masalah kabel Printer atau Printer dalam keadaan off line.

PROBABLE NON – DOS DISK. CONTINUE ( Y / N )
Ini merupakan pesan yang ditujukan pada Track boot Disk yang mati, jadi DOS tidak dapat mengenali Disk tersebut, dan biasanya pesan ini muncul jika ada penurunan tegangan.

Untuk mengatasinya jalankan DISKFIX, Norton Disk Doctor, atau Spin Rite, terkadang program ini mampu memulihkannya.

PROCESSING CANNOT CONTINUE
Pesan ini timbul ketika anda ingin mencoba menjalankan CHKDSK akan tetapi memory tidak mencukupi. Solusinya adalah anda harus menambahkan RAM pada komputer.

RAM BAD
Pesan ini muncul karena Memory telah gagal melaksanakan proses POSTING. Coba anda cek kembali Memory, jika keadaan Chip Memory bagus kemunkinan yang rusak adalah Motherboard.

READ FAULT ERROR READING DRIVE Y:
Pesan ini merupakan peringatan bagi anda apakah disk sudah dimasukkan kedalam Drive dengan benar. Periksa kembali Disk tersebutkemudian tekan R.

Jika pesan ini masih muncul, Untuk mengatasinya jalankan DISKFIX, Norton Disk Doctor, atau Spin Rite, terkadang program ini mampu memulihkannya.

REAL TIME CLOCK FAILURE
Merupakan peringatan bahwa Real Time Clock atau Bateray padaMotherboard mengalami kegagalan. Coba periksa bateray atau ganti Bateray tersebut.

RESUME = “ F1 “ KEY
Ada salah satu komponen yang Error, coba tekan F1 untuk melanjutkan proses. Biasanya pesan ini timbul apabila ada kerusakan pada piranti pedukung yang terdapat pada software atau Hardware.

ROM BAD CHECKSUM = …
Pesan ini hanya muncul; pada komputer XT, yang mmpunyai arti ROM BIOS sistem yang terdapat pada Motherboard rusak, coba diganti.

xx = SCANCODE, CHECK KEYBOARD
merupakan pesan Controlling pada sebuah Scancode yang kacau dari Keyboard. Untuk itu dengan memakai keyboard lain, jika keyboard  memiliki Switch XT / AT pastikan anda merubah Switch ke posisi XT.

SHUTDOWN FAILURE
Pesan ini muncul pada komputer AT. Anda harus mengubahnya ke protected mode untuk menghitung dan memeriksa extended memory. Untuk itu jika keyboard  memiliki Switch XT / AT pastikan anda merubah Switch ke posisi XT.

( nnnK ) STANDARD MEMORY
ini merupakan pesan bahwa komputer telah sukses menguji sejumlah ( nnn ) kilobyte standard memory.

STRIKETHE F1 KEY TO CONTINUE
Ini merupakan pesan Error yang ditemukan selama proses, kemunkinan masalah ini dikarenakan ada Disket di Drive A, kemudian tekan F1 untuk melanjutkan Proses.

STUCK KEY SCAN CODE = yy
Adanya kunci yang macet pada Keyboard, coba tekan satu persatu pada Keyboard.

TARGET DISK IS WRITE PROTECTED
Pesan Error ini muncul pada saat akan melakukan Disk Copy, coba periksa Protected pada Disket, jika pesan masih muncul kemungkinan Floppy Drive yang rusak.

TIMER OR INTERUPT CONTROLLER BAD atau TIMER CHIP COUNTER 2 FAILED
Adanya kerusakan pada timer Chip atau Interrupt Controller Chip, oleh karena itu kedua Chip tersebut harus  di Solder. Jika pesan masih muncul ganti saja Motherboard.

TIME – OF – DAY CLOCK STOPPED or TIME – OF – DAY NOT SETUP – PLEASE RUN SETUP PROGRAM
Coba jalankan program yang ada pada komputer anda, jika pesan ini masih muncul coba ganti saja bateray CMOS, dan jika pesan masih muncul ganti saja Power supply dan jalankan kembali setup.

TIMER OR INTERRUPT CONTROLLER BAD
 Adanya kerusakan pada timer Chip atau Interrupt Controller Chip, oleh karena itu kedua Chip tersebut harus  di Solder. Jika pesan masih muncul ganti saja Motherboard.

TARCK 0 BAD – DISK UNUSABLE
Error ini muncul saat anda memformat Disket 1,2 MB pada drive 360K karena tidak cocok atau pada disket 360K pada drive 1,2 MB. Atau kemungkinan lain Disket memiliki Track rusak atau Hardisk telah rusak.

UNEXPECTED INTERRUPT IN PROTECTED
Pesan ini muncul karena ada expansion Card yang rusak pada Motherboard atau ada Card – Card yang bermasalah. Untuk mengatasinya lepas semua Expansion Card kecuali Video Card, seharusnya pesan ini hilang.

Coba pasang kembali Expansion Card satu persatu dan nyalakan komputer setiap kali satu Card dipasang atau kerusakan pada Motherboard.

UNLOCK SYSTEM UNIT KEYLOCK
Pesan ini muncul jika anda mengunci keylock ( kunci yang ada didepan badan komputer yang berfungsi sebagai pengunci keyboard ). Buka kunci dan Boot kembali komputer.

UNRECOVERABLE ERROR IN DIRECTORY CONVERT DIRECTORY TO FILE ( Y / N )
Pilihlah No, jika nada memilih Yes maka semua isi Direktori dan sub Direktori akan hilang. Untuk mengatasinya jalankan DISKFIX, Norton Disk Doctor, atau Spin Rite, terkadang program ini mampu memulihkannya.

UNRECOVERABLE READ ( WRITE ) ERROR ON DRIVE Y:
Pesan ini muncul karena dakesalahan dalam pemasangan Floppy Drive atau kerusakan pada Floppy Drive.

WRITE FAULT ERROR WRITING DRIVE Y
Pesan ini muncul karena Pintu drive belum tertutup, atau jika drive sudah ditutup dan dan pesan ini muncul kembali kemungkinan Drive rusak.

Demikian rtikel tentang beberapa Kode Error Komputer dan cara mengatasinya.

Comments


EmoticonEmoticon