Cara Sinkronisasi Jaringan Komputer Windows

Pengertian Sinkronisasi Jaringan Komputer LAN. Sinkronasi jaringan komputer LAN adalah sebuah proses pengenalan komputer satu dengan komputer yang lainnya dalam sebuah Jaringan Komputer LAN (Local Area Network).

Akan tetapi dalam sebuah jaringan komputer, bahwa sebenarnya setelah kita selesai melakukan Setting Jaringan Komputer, semua komputer sudah bisa saling mengenal dan saling terhubung dengan adanya IP Address Komputer yang sudah ditentukan pada setiap komputer, dan sudah memungkinkan setiap komputer untuk melakukan sharing koneksi internet.

Sedangkan pengertian sinkronisasi secara umum adalah merupakan suatu proses bersama-sama dan saling berbagi data bersama, dan sinkronasi diperlukan untuk meminimalisir / menghindari terjadinya ketidak konsitenan saat penggunaan data secara bersamaan yang bisa mengganggu kelancaran akses data.

Perbedaan Setting Jaringan Dan Sinkronasi Jaringan Komputer.

Setting Jaringan Komputer.
Setting Jaringan Komputer berfungsi untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer yang lainnya pada sebuah jaringan komputer berdasarkan IP Address Komputer, misal agar komputer bisa saling terhubung ke internet ataupun terhubungnya komputer satu dengan komputer lainya.

Sinkronisasi Jaringan Komputer.
Sinkronisasi Jaringan Komputer merupakan bagian dari Setting Jaringan Komputer yang berfungsi untuk mempermudah pengenalan komputer satu dengan komputer yang lain dalam sebuah jaringan komputer.

Hal ini dimaksudkan agar setiap komputer lebih mudah dalam melakukan sharing data, file, folder, ataupun perangkat keras komputer, seperti printer, CD/DVD, Scanner, dan lain sebagainya yang merupakan bagian atau salah satu fungsi dibangunnya sebuah jaringan komputer.

Fungsi utama dari sinkronasi jaringan komputer adalah untuk mempermudah kita dalam melakukan sharing file, folder, data atau sharing printer pada sebuah Jaringan Komputer, sehingga proses sinkronasi ini akan memberikan kemudahan serta kelancaran ketika kita akan saling bertukar data pada jaringan komputer.

Karena seperti yang kita ketahui terkadang ada masalah kecil saat kita akan membuka data komputer lain, misal komputer meminta password admin, sedangkan kita merasa tidak pernah menggunakan password dalam jaringan komputer tersebut.

Fungsi utama dari sinkronisasi jaringan komputer adalah untuk mempermudah kita dalam melakukan sharing file, folder, data atau sharing printer pada sebuah Jaringan Komputer, sehingga proses sinkronisasi ini akan memberikan kemudahan serta kelancaran ketika kita akan saling bertukar data pada jaringan komputer.

Karena seperti yang kita ketahui terkadang ada masalah kecil saat kita akan membuka data komputer lain, misal komputer meminta password admin, sedangkan kita merasa tidak pernah menggunakan password dalam jaringan komputer tersebut, atau terkadang juga komputer lain hanya bisa di lihat namun komputer tersebut tidak bisa akses atau dibuka padahal tidak ada proteksi sama sekali, dan lain sebagainya.

Selain itu, sinkronisasi jaringan komputer juga bisa digunakan untuk menghidari hal-hal yang kelihatannya sepele namun cukup membingungkan, untuk itu perlunya dilakukan sinkronisasi pada sebuah jaringan komputer.

Artikel Terkait.

Sinkronisasi Jaringan komputer sebenarnya secara otomastis akan terjadi ketika kita pertama kali akan melakukan sharing file, folder, data, ataupun sharing perangkat keras komputer, seperti sharing printer, sharing scanner, sharing drive, dan lain sebagainya, sehingga cara melakukan sinkeonisasi jaringan komputer sama saja dengan cara sharing dat komputer.

Cara Sinkronisasi Jaringan Komputer Windows XP.

1. Klik Start, lalu pilih Control Panel.


2. Kemudian pilih Network and Internet Connections.


3. Selanjutnya silahkan pilih Set up or change your home or small office network.


4. Pada tampilan dialog berikutnya , silahkan klik Next.


5. Pada tahap selanjutnya, silahkan klik Next.


6. Kemudian pilih This computer connects to the through a residential gateway or through another computer on my network, lalu klik Next.


7. Selanjutnya isikan Computer Description dan Computer Name pada kotak yang tersedia (nama komputer terserah, asalkan setiap komputer memiliki nama yang berbeda atau dengan kata lain nama komputer tidak boleh sama dalam satu jaringan komputer), lalu klik Next.


8. Lalu isikan Workgroup Name pada kotak yang tesedia (nama Workgroup terserah, dan untuk mempermudah pengelompokan area kerja sebaiknya semua komputer diberikan nama workgroup yang sama, atau kamu juga bisa memberikan nama workgroup yang berbeda sesuai area kerja), lalu selanjutnya klik Next.


9. Selanjutnya muncul form File and printer sharing, disini anda bisa melakukan sharing printer secara otomatis, namun anda juga bisa membatalkan sharing printer, silahkan pilih sesuai kebutuhan anda, lalu klik Next.


10. Kemudian muncul tampilan Ready to apply network setting, yang menyatakan komputer sedang mempersiapkan pemasangan setting jaringan, lalu klik Next.

11. Tunggu beberapa saat, proses sinkronasi jaringan sedang berlangsung.

12. Lalu silahkan klik Just finish the wizard: I don't need to run the wizard on other computers, kemudian klik Next.


13. Kemudian muncul tampilan yang menyatakan bahwa proses setting jaringan sudah selesai, langkah selanjutnya silahkan klik Finish.


14. Selanjutnya secara otomatis komputer akan meminta Restart, silahkan klik Yes.


15. Sampai disini proses Sinkronasi Jaringan Komputer LAN sudah selesai.

Mungkin itu dulu yang bisa saya informasikan mengenai artikel tentang bagaimana Cara Sinkronasi Jaringan Komputer LAN (Local Area Network).

Comments


EmoticonEmoticon