Perbedaan Internet Dan Intranet

Perbedaan Intranet Dan Internet - Pengertian Internet Dan Intranet. Seiring perkembangan jaman yang semakin canggih yang melibatkan teknologi digital, tentunya kebutuhan Internet dan Intranet menjadi prioritas utama untuk menunjang berbagai aktivitas seperti bisnis, pendidikan, dan kebutuhan yang lainya.

Mungkin dari pembaca mendengar istilah Internet adalah sebuah hal yang biasa dan sangat familiar, mengingat di kehidupan jaman yang semakin modern dimana untuk berbagai macam aktivitas sudah mulai mengandalkan teknologi digital jika dibandingkan dengan teknologi analog, namun ketika mendengar istilah Intranet mungkin agak sedikit asing atau bahkan tidak tahu sama sekali.

Melalui artikel yang singkat ini, saya akan mencoba berbagi pemahaman untuk menjelaskan sedikit tentang Pengertian Internet dan Intranet serta perbedaan antara Internet dengan Intranet secara umum

Bila berbicara mengenai pengertian Internet dan Intranet memang berbeda tetapi dari segi fungsi memiliki kesamaan yaitu menghubungkan antara komputer satu dengan komputer yang lainnya ataupun untuk menghubungkan perangkat komputer dengan perangkat media komunikasi yang lainya seperti, handphone, smartphone, ipad, iphone atau device yang lain untuk dapat saling berinteraksi dengan menggunakan jaringan internet.

Pengertian Internet.
Internet adalah singkatan dari Interconnection Networking merupakan sebuah teknologi jaringan komputer yang sangat luas diseluruh dunia.


Internet dapat terkoneksi melalui berbagai macam media seperti, komputer, Tablet, Handphone, GPS, dan lain-lain yang jumlahnya hingga beribu-ribu bahkan berjuta-juta, dan sebagai protocol pertukaran data untuk saling berbagi informasi menggunakan standar sistem global Transmision Control Protocol / Internet Protocol atau disebut TCP/IP.

Artikel Terkait.

Pengertian Intranet.
Intranet adalah kepanjangan dari Intra yang berarti didalam dan Net atau Network yang artinya jaringan.


Jadi, jika di gabungkan Pengertian Intranet adalah sebuah jaringan komputer yang memiliki ruang lingkup yang lebih kecil, atau bisa di bilang merupakan jaringan komputer yang bersifat khusus untuk lingkup tertentu seperti rumah, kantor, sekolah, organisasi, dan lain-lain.

Dari uraian diatas bisa diambil kesimpulan bahwa Perbedaan Internet Dengan Intranet adalah:

Internet.
  • Bersifat public atau digunakan untuk kepentingan umum.
  • Dapat diakses oleh siapa saja.
  • Informasi yang di dapat tak terbatas.
  • Kumpulan jaringan komputer LAN (Local Area Network).
  • Kumpulan jaringan komputer MAN (Metropolitan Area Network).
  • Kumpulan jaringan komputer WAN (Wide Area Network).

Intranet.
  • Bersifat Khusus atau hanya di gunakan oleh sebuah organisasi atau perusahaan tertentu.
  • Data atau informasi bersifat spesifik.
  • Hanya dapat di akses oleh yang memiliki hak atau otoritas.
  • Kumpulan Jaringan komputer LAN (Lokal Area Network).
  • Kumpulan jaringan komputer MAN (Metropolitan Area Network).
  • Kumpulan jaringan komputer WAN (Wide Area Network).

Mungkin itu dulu artikel yang bisa saya bagikan mengenai perbedaan Intranet dengan Internet.

Comments


EmoticonEmoticon