Cara Merubah Router Menjadi Access Point

Cara Merubah Wireless Router Menjadi Access Point. Mungkin ada yang pernah berfikir, apakah router bisa dirubah menjadi access point, pasti secara umum akan menjawab bisa, mengingat fitur yang di sediakan oleh router sangat lengkap, bahkan semua fitur yang ada di access point sudah ada di dalam router kecuali fitur wireless, dimana beberapa produk router terdahulu ada yang belum dilengkapi dengan wireless.

Namun seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, jadi untuk saat ini sudah bisa dipastikan bahwa hampir semua produk router sudah dilengkapi dengan wireless yang akhirnya berubah nama menjadi wireless router, dimana wireless router sudah memiliki fitur yang sangat canggih sehingga perangkat wireless router bisa di setting menjadi router, access point, dan repeater, untuk itu bagi Anda yang ingin mengenal lebih jauh tentang repeater bisa membaca artikel tentang Perbedaan Access Point dengan Repeater Range Extender.

Selain itu, mungkin dari pembaca juga ada yang berfikir apakah access point bisa dirubah menjadi router, tentu saja jawabanya tidak bisa mengingat fitur yang disediakan oleh access point sangat terbatas atau dengan kata lain banyak fitur router yang tidak di miliki oleh access point, dan untuk lebih jelasnya dalam memahami cara kerja kedua perangkat keras jaringan tersebut, Anda bisa membaca artikel tentang Perbedaan Access Point dengan Wireless Router.

Tentu ini akan berbeda lagi jika kita membahas Modem Indihome, dimana perangkat modem indihome merupakan perangkat yang menggabungkan Modem dan Wireless Router sehingga modem indihome bisa di setting menjadi modem, wireless router, atau menjadi access point, untuk itu bagi Anda yang memiliki modem Speedy Indihome yang sudah dilengkapi dengan wireless bisa membuat eksperimen tentang bagaimana Cara Merubah Modem Indihome Menjadi Access Point.

Untuk merubah router menjadi access point caranya sangat mudah, yaitu hanya menonaktifkan / mematikan fungsi DHCP router saja, akan tetapi sebelum dapat melakukan semua itu, Anda harus memastikan bahwa perangkat router yang akan di rubah menjadi access point sudah dilengkapi dengan dukungan fitur wireless.

Pada tutorial bagaimana cara merubah wireless router menjadi wireless access point, saya menggunakan perangkat router ASUS RT-N14UHP, namun ini juga bisa di aplikasikan pada beberapa merk wireless router yang lain, misal wireless router D-Link, LinkSys, TP-Link, Tenda dan semua wireless router yang lain.

Secara default IP Address Wireless router ASUS RT-14NUHP adalah 192.168.1.1, akan tetapi pada tutorial kali ini saya sudah merubah IP Address router menjadi 10.10.60.2, dan bagi anda yang mungkin belum tahu bagaimana cara merubah IP Address Router bisa membaca artikel tentang Cara Mengganti IP Address Wireless Router.

Cara Setting Wireless Router Menjadi Wireless Access Point.
1. Buka browser Chrome / Firefox, lalu ketikan IP Address Router ASUS RT-N14UHP, yaitu 10.10.60.2, lalu Enter.

2. Kemudian login menggunakan Username dan Password default Router ASUS RT-14NUHP.
  • Username : admin
  • Password  : admin
3. Selanjutnya untuk setting router agar menjadi access point adalah sebagai berikut:
  1. Silahkan klik LAN.
  2. Kemudian pilih DHCP Server.
  3. Selanjutnya pada menu Enable the DHCP Server, silahkan pilih No.
  4. Berikutnya klik Apply.

4. Selesai.

Demikian artikel yang bisa saya sampaikan mengenai artikel tentang Cara Merubah Wireless Router Menjadi Access Point.
Comments


EmoticonEmoticon