Cara Mengganti IP Address Router Wireless

Cara Merubah IP Address Wireless Router ASUS RT-N14UHP. Secara default IP Address wireless router ASUS RT-N14UHP adalah 192.168.1.1, namun begitu Anda juga bisa mengganti IP Address Router sesuai keinginan untuk tujuan tertentu.

Sebagai contoh, Anda memiliki modem indihome, dimana modem indihome merupakan sebuah perangkat jaringan internet yang sudah menggabungkan fitur modem dan fitur wireless router sehingga jika Anda tidak ingin client mendapatkan DHCP langsung dari modem, maka Anda bisa menggunakan wireless router secara terpisah agar client mendapatakan DHCP dari router tersebut.

Atau pada kasus lain, yaitu jika ingin melakukan managemen jaringan WLAN (Wireless Local Area Network) yang melibatkan banyak user dan ingin mengintegrasikan DHCP secara terpusat pada satu titik, maka Anda bisa menggunakan mikrotik sebagai IP DHCP Server selanjutnya menambahkan Access Point sebagai pemancar wifi.

Artikel Terkait.

Selain itu, merubah IP Address router bisa saja terjadi untuk kebutuhan administrasi jaringan untuk mempermudah dalam melakukan management jaringan internet wifi supaya dapat berjalan pada satu segment IP Address.

Cara Mengganti IP Address Wireless Router.
1. Buka browser Chrome / Firefox, lalu ketikan IP Address default Router ASUS RT-N14UHP, yaitu 192.168.1.1, lalu Enter.

2. Kemudian login menggunakan Username dan Password default Router ASUS RT-14NUHP.
Username : admin
Password : admin

2. Selanjutnya untuk merubah IP Address Router, ikuti langkah-langkah dibawah ini:
  1. Silahkan klik LAN.
  2. Kemudian pilih LAN IP.
  3. Selanjutnya buat IP Address dan Subnet Mask sesuai keinginan Anda, misal pada contoh dibawah ini saya mengganti IP Address Router menjadi 10.10.10.2 dan Subnet Mask 255.255.255.0.
  4. Berikutnya klik Apply.
3. Selesai.

Demikian yang bisa saya sampaikan mengenai artikel tentang bagaimana Cara Merubah IP Address Wireless Router.
Comments


EmoticonEmoticon