Perbedaan Router Dan Access Point (AP)

Pengertian Wireless Access Point Dan Wireless Router. Untuk membedakan 2 perangkat jaringan wireless antara Router Wireless dan Access Point memang agak sulit karena bentuknya yang mirip, yaitu sebuah kotak yang berisi lubang-lubang dan umumnya di lengkapi dengan antena luar atau antena eksternal.

Karena bagaimanapun juga perangkat keras jaringan tersebut terkadang malah komplit menjadi satu dengan modem, misal Modem Multifungsi Speedy IndiHome ataupun modem ADSL pabrikan lain yang sudah dilengkapi dengan fungsi modem, router, dan wireless, walaupun sebenarnya ketiga perangkat tersebut dapat berdiri sendiri sesuai fungsinya.

Ok, supaya anda lebih memahami tentang pengertian, fungsi dan dara kerja Router Wireless dan Access Point, silahkan untuk melanjutkan ulasan artikel dibawah ini, terlebih bagi anda yang baru belajar konfigurasi jaringan komputer internet yang menggunakan beberapa perangkat jaringan Wireless.

Secara sederhana perbedaan yang mendasar antara Router Wireless dengan Access Point adalah Router Wireless memiliki semua fitur yang ada pada access point sehingga Wireless Router bisa dirubah menjadi Access Point, dan sebaliknya Access Point tidak dapat dijadikan sebagai Router Wireless karena fitur Access Point yang sangat terbatas.


Artikel Terkait.

Pengertian Wireless Access Point.
Access Point adalah sebuah perangkat wireless yang memiliki konfigurasi khusus pada sebuah WLAN (Wireless Local Area Network) yang berfungsi sebagai jembatan untuk menghubungkan beberapa perangkat wireless agar dapat terhubung ke dalam sebuah jaringan yang sama.

Atau untuk memberikan pemahaman yang lebih mudah tentang access point adalah mirip dengan sebuah switch atau HUB yang berdungsi sebagai pusat dari pemamncar dan juga penerima pada sinyal-sinyal radio atau sinya wireless fidelity (Wifi).

Pengertian Wireless Router.
Wireless Router adalah sebuah perangkat jaringan yang berfungsi untuk meneruskan paket-paket dari sebuah network ke network yang lainnya, baik LAN ke LAN atau LAN ke WAN sehingga host yang ada pada sebuah network bisa berkomunikasi dengan host yang ada pada network yang lain.

Perbedaan Fitur Wireless Access Point dan Wireless Router.
Wireless Router.
  • Wireless Router dapat menghubungkan beberapa jaringan wireless yang berbeda atau beda subnet.
  • Wireless Router dapat menjadi DHCP server, dimana biasanya memerlukan server untuk service DHCP ini.
  • Wireless Router dapat membelokkan paket data yang ditujukan ke server tertentu (Port Redirect).
  • Wireless Router dapat memetakan port service yang ada di pc/server ke port yang berbeda (Port Forwarding).
  • Wireless Router dapat digunakan untuk Internet Sharing atau akses internet ke beberapa komputer.
  • Wireless Router dapat melakukan NAT, yang mana IP Public internet dari ISP beda dengan IP lokal komputer, dan NAT dapat dianggap eperti firewall, karena jaringan lain di internet tidak dapat secara langsung mengakses komputer anda, namun harus melalui Router dahulu.
  • Wireless Router dapat menggantikan sebuah server jaringan yang menyediakan akses internet sharing atau bandwidth manager.
  • Wireless Router dapat melakukan Traffic Shaping / Bandwidth Management.
  • Jika kita melihat beberapa fitur yang dimiliki oleh Router Wireless, maka sebenarnya banyak sekali fungsi dan juga fitur yang dapat kita jumpai dan di jalankan oleh perangkat seperti server dan juga router yang bisa dijalankan oleh wireless router.

Wireless Access Point.
  • Access Point tidak dapat menjadi server DHCP.
  • Access Point tidak memiliki fasilitas Port Forwarding.
  • Access Point tidak memiliki fasilitas Port Redirecting.
  • Access Point tidak dapat menggantikan sebuah server jaringan / Internet sharing.
  • Access Point tidak memiliki fitur NAT, yang artinya tidak dapat menghubungkan 2 jaringan yang berbeda.
  • Access Point semakin lambat respon dalam jaringan jika banyak user yang masuk / menggunakan jaringan.
  • Access Point tidak memliki fitur Bandwidth Management / Traffic Shaping.

Dari beberapa perbedaan Wireless Router dan Access Point, maka kita bisa menyimpulkan, bahwa:
  • Wireless Access Point mempunyai kemampuan yang cukup terbatas yang tentunya tidak dapat menggantikan beberapa fungsi Router Wireless.
  • Wireless Router memiliki fungsi yang lebih komplit sehingga dapat menggantikan fungsi Access Point atau bisa dirubah menjadi access point dengan cara mematikan fungsi router.
  • Semua wireless router bisa di setting menjadi access point, tinggal pilih mode Access Point, termasuk modem speedy indihome yang sudah dilengkapi dengan fitur wifi.

Artikel Terkait.

Mungkin cukup segini dulu pembahasan artikel tentang Fungsi dan Perbedaan Wireless Router dengan Wireless Access Point yang merupakan dua perangkat jaringan yang hampir sama namun ternyata berbeda atau lebih tepatnya Serupa Tapi Tak Sama.
Comments


EmoticonEmoticon