Cara Blokir Tethering Internet Bluetooth, Kabel Data, Hotspot di Mikrotik

Cara Membatasi atau Blokir Tethering Wifi / Sharing Koneksi Internet Melalui Bluetooth, Hotspot, dan Kabel Data di Mikrotik. Jika kita membuat koneksi internet berbasi wifi, misal menjadi admin jual voucher quota internet ataupun admin jaringan internet berbasis kabel, misal jaringan internet kantor yang menggunakan komputer PC, atau bahkan layanan internet umum yang lainnya.

Walaupun kita sudah menerapkan system keamanan jaringan internet, misal layanan wifi dan jaringan internet komputer PC dengan menggunakan list IP Address Static dan MAC Address, artinya dengan membuat daftar IP Address Statik dan MAC Address tersebut, sehingga hanya user atau pelanggan yang terdaftar dalam list mikrotik saja yang bisa mengakses internet wifi ataupun internet melalui kabel LAN.

Sedangkan user yang tidak terdaftar dalam list mikrotik, maka tidak akan bisa menggunakan jaringan wifi, walaupun mereka mengetahui password wifi yang di gunakan, bahkan untuk jaringan internet pada komputer PC dan laptop juga tidak sembarangan colok langsung terkoneksi.

Artikel Terkait.

Dengan sistem keamanan tersebut, sebenarnya secara umum sudah cukup ampuh untuk memberikan kesulitan bagi user yang ingin menjebol password wifi atau mendapatkan akses internet secara gratis, namun demikian bukan berarti tidak ada user yang nakal, bahkan mereka akan selalu mencari celah agar bisa mendapatkan akses wifi yang murah atau malah ingin mendapatkan akses wifi secara cuma-cuma.

Sebagai contoh, dalam kondisi tertentu mungkin ada penjual Quota Internet dengan mematok harga yang sangat mahal, sehingga banyak user yang merasa keberatan jika membeli sendiri, untuk itu banyak user melakukan patungan agar bisa menikmati layanan wifi tersebut, kemudian dari salah satu user yang membeli Quota selanjutnya akan melakukan tethering / sharing koneksi internet melalui Kabel Data, Bluetooth ataupun Hotspot Wifi sehingga koneksi internet bisa digunakan secara bersama-sama.

Artikel Terkait.

Mungkin dalam kasus lain, cara memblokir sharing / tethering koneksi internet bisa membantu admin jaringan internet untuk di terapkan pada sebuah perusahaan atau kantor, sehingga administrator jaringan bisa mamastikan bahwa koneksi internet hanya bisa di akses oleh satu perangkat yang sudah di tentukan IP Address dan MAC Address nya.

Atau dengan kata lain, 1 (satu) koneksi internet berbasis wifi dan kabel hanya bisa di gunakan untuk 1 (satu) perangkat saja, misal laptop, PC, atau Handphone / Smartphone, sehingga koneksi internet tersebut sudah tidak bisa lagi di sebarkan atau di sharing / tethering lagi ke parangkat lain.

Untuk mengatasi masalah sharing / tethering internet via Kabel Data, Bluetooth, dan Hotspot, anda bisa memanfatkan salah satu fitur yang ada di mikrotik, yaitu dengan menggunakan Change TTL (Time To Live) dari packet download yang menuju ke client , dan tentunya langkah ini dapat digunakan sebagai solusi agar koneksi internet hanya bisa digunakan oleh perangkat yang terkoneksi langsung ke router saja.

Cara Blokir Tethering Wifi / Sharing Internet Via Bluetooth, Kabel Data, dan Hotspot Wi-Fi Menggunakan Mikrotik.
Langkah Pertama.
Silahkan login ke Mikrotik, selanjutnya lakukan setingan sebagai berikut:
  1. Klik IP.
  2. Lalu pilih Firewall.

Langkah Kedua.
  1. Selanjutnya pilih menu Mangle.
  2. Lalu klik add (tanda plus +).

Langkah Ketiga.
Tahap berikutnya silahkan lakukan settingan sebagai berikut:
  1. Klik menu General.
  2. Pada menu Chain pilih Postrouting.
  3. Kemudian pada menu Out. Interface pilih Interface / IP Address yang akan di blokir (Pada contoh kali ini saya akan melakukan blokir tethering / sharing internet berdasarkan interface, sehingga semua perangkat komputer PC, Laptop, Android / Smartphone yang mendapatkan akses koneksi internet wifi / kabel yang melalui interface tersebut tidak akan bisa lagi melakukan tethering / sharing koneksi internet ke perangkat lain).
  4. Selanjutnya klik Apply.
  5. Lalu klik OK.

Langkah Keempat.
Dan yang terakhir, silahkan lakukan setingan sebagai berikut:
  1. Klik menu Action.
  2. Kemudian pada kolom Action pilih Change TTL.
  3. Pada kolom TTL Action pilih Change.
  4. Selanjutnya pada New TTL isi nilai 1.
  5. Kemudian hilangkan tanda centang pada Passthrough.
  6. Langkah berikutnya klik Apply.
  7. Lalu OK.

Selesai.

Demikian yang bisa saya sampaikan mengenai artikel tentang bagaimana cara blokir sharing internet via Bluetooth dan hotspot wifi di handphone / smartphone.
Comments


EmoticonEmoticon