Cara Melihat MAC Address Android, Smartphone, Tablet

Cara Mengetahui MAC Address Android, Smartphone, Tablet, Komputer, Laptop, Ipad, Iphone. Selain IP Address, Salah satu media penting yang dapat digunakan untuk menghubungkan dan memutuskan perangkat komputer dari sebuah jaringan layanan internet adalah dengan menggunakan MAC Address.

Misal pada sebuah layanan game online pihak developer game dapat melakukan black list terhadap  komputer, laptop, android yang dikehendaki melalui MAC Address yang terhubung ke server Game Online tersebut.

Sebagai contoh ada beberapa komputer, smartphone, ataupun perangkat portable tertentu yang tidak dapat menjalakan game, padahal sebelumnya perangkat komputer lancar-lancar saja, apalagi spesifikasi komputer, android, tablet sudah sesuai dengan apa yang di sarankan pihak developer.

Salah satu penyebab perangkat komputer, android dan device yang lain terkena blokir adalah karena perangkat tersebut diangap telah melakukan kegiatan yang melanggar hukum dan menyebabkan kerugian terhadap pihak tertentu.

Ok, sebelum mebahas pokok permasalahan, yaitu tentang bagaimana cara mengetahui MAC Address Android, Smartphone, Tablet, dan MAC Address perangkat portable yang lain, terlebih dahulu saya akan menjelaskan secara singkat tentang pengertian dan fungsi MAC Address.

Artikel Terkait.

Pengertian MAC Address.
MAC Address adalah singkatan dari Media Access Control Address yang merupakan kode unik sebuah alamat jaringan yang di implementasikan pada lapisan data-link dalam tujuh lapisan model OSI, yang merepresentasikan sebuah node tertentu dalam jaringan.

Fungsi MAC Address
Fungsi MAC Address adalah untuk mempermudah proses identifikasi setiap perangkat jaringan.

Dalam sebuah jaringan berbasih Ethernet, MAC Address merupakan alamat yang unik yang memiliki panjang 48-bit (6 byte) yang mengidentifikasikan sebuah komputer, Interface dalam sebuah Router, atau node lainnya dalam jaringan.

MAC Address disebut juga sebagai Ethernet Address, Physical Address atau Hardware Address, dan dengan keunikan yang di miliki MAC Address sehingga setiap perangkat jaringan memiliki MAC Address yang berbeda.

MAC Address akan tertanam pada sebuah perangkat jaringan yang terhubung dengan Internet seperti.
  • Pada Komputer PC disebut Network Interface Card (NIC), Kartu Jaringan atau lebih populer di sebut LAN Card.
  • Pada Notebook / Laptop disebut LAN Card dan Wireless Access Card (WLAN).
  • Pada Modem adalah Internet Cable Phones.
  • Pada Android, Smartphone, Tablet, ipad, Iphone, dan perangkat portable lainnya bisanya tertanam pada perangkat Wifi.

Cara Mengetahui MAC Address Android, dan pada tutorial kali ini saya menggunakan Android 7.0 Nougat.

1. Buka menu Pengaturan pada android.


2. Kemudian klik Status.


3. Selanjutnya perhatikan kode yang muncul pada Alamat MAC Wi-Fi (kombinasi angka dan huruf) itu adalah MAC Address HP Android anda.


Demikian yang bisa saya sampaikan mengenai artikel tentang bagaimana cara mengetahui MAC Address HP Android, Tablet, Smartphone.

Comments


EmoticonEmoticon