Cara Blokir Youtube Android, Laptop, Komputer PC di Mikrotik

Cara Blokir Youtube HP Android dan Komputer PC / Laptop di Mikrotik. Youtube merupakan situs streaming video terbesar yang menguasai jagad maya dan tentunya sudah sangat populer bagi penggemar video, mengingat situs youtube menyediakan berbagai macam tayangan video dan yang paling penting adalah download dan upload video youtube gratis, atau hanya bermodal email dari gmail.

Baca Juga.

Namun disisi lain, keberadaan situs youtube juga menjadi masalah tersendiri untuk sebagian kalangan, misal bagi perusahaan ataupun kantor dalam hal untuk menghidari karyawan membuka video youtube pada jam kerja.

Hal semacam ini umumnya akan lebih terasa pada layanan internet sebuah perusahaan yang memiliki bandwidth internet kecil ataupun jaringan internet yang masih menggunakan kuota, sehingga untuk menjaga agar koneksi internet tetap stabil, maka diperlukan solusi yang tepat, misal dengan cara blokir youtube android dan laptop / komputer PC.

Selain itu, youtube yang di bawah kendali raksasa internet google tentu memiliki perangkat dan sumber daya yang sangat canggih sehingga bagi kita orang awam akan merasa kesulitan untuk melakukan blokir video youtube yang sudah di lindungi dengan enkripsi https.

Baca Juga.

Melalui artikel ini, saya akan coba untuk memberikan solusi bagaimana cara melakukan blokir video yang di tampilkan situs youtube melalui HP android dan Smartphone menggunakan mikrotik untuk meminimalisir penggunaan kuota internet.

Catatan.
Untuk cara blokir youtube android dan komputer PC di mikrotik ini saya menggunakan Mikrotik versi 6.45.7 sehingga bagi anda yang masih menggunakan mikrotik versi lama, terlebih dahulu bisa membaca artikel tentang Cara Upgrade / Update Mikrotik Versi Terbaru.

Cara Blokir Youtube HP Android dan Komputer PC Di Mikrotik Terbaru.
Sebenarnya sudah sangat banyak artikel yang mengulas tentang trik yang dapat digunakan untuk blokir app youtube android dan komputer PC, hanya saja seperti apa yang saya sampaikan diatas, bahwa situs youtube merupakan layanan streaming video online yang sangat canggih, sehingga mungkin sekarang bisa di blokir namun bisa saja lain waktu lolos lagi.

Cara Blokir Youtube Android dan Komputer PC / Laptop.
1. Buka Mikrotik melalui Winbox, kemudian klik menu IP, lalu pilih Firewall.


2. Selanjutnya klik menu Layer7 Protocols, lalu buat New Firewall L7 Protocol, dengan cara sebagai berikut:
  1. Klik tanda plus (+).
  2. Kemudian isi nama situs yang mau di blokir, misal Youtube.
  3. Selanjutnya pada kolom Regexp isi dengan data berikut.
  4. Lalu klik Apply.
  5. dan terakhir klik OK.

3. Tahap berikutnya Anda harus membuat Filter Firewall, untuk caranya adalah sebagai berikut:


Selain cara diatas, untuk membuat blokir youtube lebih kuat, maka Anda harus menambahkan blokir IP Address situs, dan untuk tutorialnya adalah sebagai berikut.

Langkah Pertama.
  1. Klik menu Address List.
  2. Kemudian klik tanda plus (+).
  3. Selanjutnya buat nama situs yang akan di blokir, contoh www.youtube.com.

Langkah Kedua.
Tahap berikutnya, agar blokir IP Address situs dapat bekerja dengan sempurna, maka anda harus membuat Filter Address List dengan cara.
  1. Silahkan klik menu RAW.


Penting.
Mungkin tutorial cara blokir youtube android, komputer PC, laptop terbaru ini bisa saja tidak berfungsi di masa yang akan datang, mengingat Youtube adalah situs streaming video terbesar di jagat maya yang di kelola dan di kembangkan oleh raksasa internet Google Inc, maka sudah bisa di pastikan pihak Google secara berkala akan terus menerus melakukan pembaharuan teknologi sumber daya agar layanan youtube tetap bisa dinikmati oleh seluruh pengguna internet di Dunia.

Demikian tutorial yang bisa saya sampaikan mengenai artikel tentang cara terbaru blokir youtube app HP android, smartphone, dan komputer PC.
Comments


EmoticonEmoticon