Cara Membagi Bandwidth Wifi / LAN Dengan QoS Router

Cara Membatasi Bandwidth Wifi / LAN Dengan QoS Router. Kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara membatasi bandwidth kecepatan upload dan download internet menggunakan fitur QoS yang ada di Router.

Secara default, semua Router memiliki fasilitas untuk membagi bandwidth internet sesuai dengan yang diinginkan oleh administrator jaringan agar sistem jaringan komputer dapat berjalan sesuai harapan.

QoS sendiri merupakan fitur router yang berfungsi untuk memberikan jaminan aplikasi ataupun layanan lain dalam sebuah jaringan komputer, terutama layanan pembagian bandwidth agar kualitas koneksi internet dapat diterima sesuai yang dikehendaki.

Baca Juga.

Dengan adanya fitur QoS, maka anda dapat dengan mudah membatasi ataupun membagi kecepatan bandwidth internet jaringan Wifi dan LAN yang anda miliki, dan pada Router ASUS RT-N14UHP menyediakan tiga (3) fitur pembatasan bandwidth, antara lain.
  1. QoS to Configuration.
  2. User-Defined QoS rules.
  3. User-Defined Priorities.

QoS to Configuration.
Fitur Qos to Configuration adalah fasilitas QoS yang dapat digunakan untuk membatasi bandwidth download dan upload internet Wifi dan LAN secara keseluruhan, sehingga semua perangkat komputer yang terhubung dengan jaringan internet akan mendapatkan bandwidth sama rata.

Cara Menggunakan Fungsi QoS to Configuration Pada Router.
1. Login ke router.
2. Kemudian lakukan settingan sebagai berikut.
  1. Klik Traffic Manager.
  2. Kemudian klik QoS.
  3. Selanjutnya pilih QoS to Configuration.
  4. Lalu klik ON untuk mengaktifkan fitur Qos to Configuration.
  5. Tentukan besarnya kecepatan Upload.
  6. Tentukan besarnya kecepatan Download.
  7. Tahap berikutnya klik Apply.
3. Selesai.

User-Defined QoS Rules.
Fitur user-defined QoS rules pada router dapat dimanfaatkan untuk mengatur bandwidth internet, baik jaringan internet wifi dan LAN, misalnya pembatasan kecepatan upload dan download pada komputer / wireless yang dapat diatur dengan memilih client berdasarkan IP Address dan MAC Address sehingga kita dapat mengelompokkan beberapa komputer / perangkat yang terhubung dengan jaringan internet yang kita miliki.

Cara Setting Bandwidth Melalui User-Defined QoS Rules Pada Router.
Pada tutorial cara membagi bandwidth dengan QoS Router, saya menggunakan Router ASUS RT-N14UHP Wireless-N300 High Power, dan untuk caranya adalah sebagai berikut.

1. Buka browser, kemudian ketikkan 192.168.1.1 (IP Address Default Router ASUS RT-N14UHP), lalu Enter.

2. Kemudian setelah muncul menu utama Router ASUS N300, kemudian untuk melakukan pembatasan banwidth, silahkan lakukan settingan sebagai berikut.
  1. Klik Traffic Manager.
  2. Kemudian klik menu QoS.
  3. Lalu pilih user-defined QoS rules.
  4. Selanjutnya pilih komputer ataupun perangkat wifi / smartphone android yang terhubung dengan jaringan internet anda.
  5. Tahap berikutnya pilih perangkat berdasarkan MAC Address ataupun IP Address.
  6. Pilih Port yang digunakan perangkat komputer.
  7. Pilih jenis Protocol yang digunakan perangkat komputer.
  8. Kemudian tentukan besarnya nilai bandwidth yang bisa digunakan perangkat komputer.
  9. Pilih tingkat Prioritas bandwidth yang dapat diterima perangkat komputer.
  10. Selanjutnya klik ADD atau tanda +.
  11. Lalu klik Apply.


3. Selesai.

User-Defined Priorities.
Fitur User-Defined Priorities yang disediakan router merupakan salah satu dari beberapa fasilitas traffic manager pada router wireless yang berfungsi untuk melakukan management bandwidth dengan sangat baik sesuai prioritas yang dikehendaki administrator jaringan.

Mengingat selain dapat membatasi bandwidth upload dan download, fitur ini juga mampu digunakan untuk membatasi kecepatan akses aplikasi tertentu yang berjalan pada perangkat client di dalam sebuah jaringan internet.

Cara Setting QoS User-Defined Priorities.
1. Login router.
2. selanjutnya lakukan settingan sebagai berikut.

3. Selesai.

Demikian artikel yang bisa saya bahas, mengenai langkah-langkah baimana cara membagi bandwidth wifi dan LAN menggunakan fitur QoS pada Router Wireless.
Comments


EmoticonEmoticon