Cara Membagi Bandwidth Tanpa Software

Cara Membatasi Bandwidth Wifi Hotspot dan Warnet Tanpa Software. Masalah Bandwidth memang tidak bisa dipisahkan dari dunia internet, terutama untuk para pengguna internet aktif atau merupakan salah satu bagian yang menjadi masalah bagi pengusaha penyedia layanan online, seperti warnet dan game center, ataupun usaha online yang lain yang berstatus melakukan sharing koneksi internet.

Disamping itu penggunaan akses internet secara bersama-sama, jika tanpa di barengi dengan management bandwidth yang baik, maka bisa saja menjadi masalah yang serius dan sangat menggangu kelancaran aktivitas internet sesama pengguna.

Misal, ketika ada salah satu pengguna internet melakukan download dengan menggunakan software downloader yang notabene sangat rakus dengan bandwidth tentu saja akan mengganggu kenyamanan pengguna internet yang lain, karena bagaimanapun juga baik buruknya sebuah bandwidth sangat mempengaruhi pengalaman user internet.

Bayangkan saja jika kita hanya memiliki bandwidth 1 Mbps dan dibagi 10 komputer tanpa adanya managemen bandwidth yang memadai, pastinya akan menjadi kendala kelangsungan hidup sebuah usaha warnet, yang mana situs-situs raksasa seperti youtube, facebook sangat rakus dengan bandwidth, belum lagi jika di tambah dengan user yang suka download yang pastinya sangat boros dengan urusan Bandwidth.

Untuk itu, disini saya akan berbagi pengalaman tentang bagaimana cara Membagi Bandwidth Tanpa Software, walau sebenarnya sudah bukan rahasia lagi bahwa untuk membatasi bandwidth paling efektif adalah dengan menggunakan Mikrotik ataupun Software Pembagi Bandwidth.

Artikel Terkait.

Selain menggunakan cara manual dalam mengatasi Cara Membatasi Bandwidth Wifi Dan Warnet, Anda juga bisa menggunakan bantuan Software Pembagi Bandwidth Selain Mikrotik sebagai solusi untuk melakukan management bandwidth Internet .


Tutorial Cara Membatasi Bandwidth Internet Tanpa Software yang saya share kali ini menggunakan menggunakan sistem operasi Windows XP Professional SP3.

Cara Mengatur Bandwidth Wifi Dan LAN Tanpa Software.
1. Syarat pertama yang harus dilakukan adalah, Anda harus menggunakan Sistem Operasi Windows.
2. Silahkan klik Start - Run.


3. Lalu pada kotak Run, ketikkan perintah "gpedit.msc" (tanpa tanda petik), lalu klik OK / Enter.


4. Kemudian muncul tampilan Group Policy, disini anda harus melakukan beberapa setingan bandwidth, dengan cara.
  1. Silahkan klik Computer Configuration.
  2. Kemudian pilih Administrative Templates.
  3. Lalu klik Network.
  4. Selanjutnya klik Qos Packet Scheduler.
  5. Langkah berikutnya, silahkan klik 2x Limit Reservable Bandwidth.

5. Pada tahap selanjutnya anda harus melakukan beberapa perubahan dengan cara.
  1. Klik Setting.
  2. Lalu pilih Enable.
  3. Kemudian silahkan isikan nilai angka yang di inginkan untuk membatasi bandwidth, misal 20.
  4. Lalu klik Apply.
  5. Selanjutnya klik OK.
  6. Kemudian untuk melihat hasilnya, silahkan Restart Komputer.

Keterangan.
  • Angka 20 % pada Bandwidth Limit merupakan besarnya limit bandwidth yang akan diterima komputer tersebut, jadi semakin kecil nilai yang diberikan, maka akan semakin besar bandwidth yang diterima, sebagai contoh saya memberikan angka 20%, maka komputer tersebut akan menerima 80% dari keseluruhan bandwidth yang tersedia.
  • Cara mengatur bandwidth internet dengan sistem seperti ini, terkadang pada windows ilegal (bajakan) kurang maksimal, artinya kadang bisa bekerja dengan baik, kadang tidak.

6. Selesai.

Note.
Adapun kelemahan Cara Membagi Bandwidth Tanpa Software atau membagi Bandwidth denga fasilitas yang sudah di sediakan oleh Microsoft Windows adalah.
  • Jika digunakan dalam jaringan, anda tidak bisa mengatur kecepatan bandwidth dari satu tempat seperti dari komputer server, atau dengan kata lain untuk membatasi banwidth, harus di setting pada setiap komputer.
  • Terkadang pembatasan bandwidth dengan cara sperti ini tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya, mungkin di karenakan penggunaan Windows yang bukan Original, karena seperti yang kita ketahui banyaknya versi windows bajakan yang tentunya setiap macam windows bajakan memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda, untuk itu agar mendapatkan hasil yang maksimal, saya sarankan untuk menggunakan Windows Original.

Sekian artikel tentang bagaimana Cara Membagi Bandwidth Internet Tanpa Software.

Comments


EmoticonEmoticon