Cara Setting Router Tenda AC6 Dual Band Wifi AC1200

Cara Setting Router Wireless Tenda AC6 Dual Band 2.4 GHz -5 GHz AC1200 High Speed. Baik wireless router LinkSys, D-Link, TP-Link, Pro-Link, Tenda, ataupun beberapa merek router pabrikan yang lain secara umum memiliki setingan dan fungsi yang sama.

Lantas yang membedakan apanya?, jika itu yang menjadi pertanyaan, maka saya hanya bisa menjawab, bahwa yang membedakan setiap settingan router wireless hanya terletak pada nama menu setingan dan beberapa fitur tambahan yang tentu saja setiap produk memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda.

Sehingga yang menjadi pembeda dari setiap settingan router adalah lebih kepada tujuan dari penggunaan router wireless tersebut, mengingat secara umum setiap router wireless memiliki 3 fungsi, misal digunakan untuk salah satu fungsi tersebut, seperti.
  • Router.
  • Router Wireless.
  • Access Point (AP).
  • Repeater Extender.

Sebelum melakukan instalasi wireless router, maka kita diwajibkan untuk memahami arti dari beberapa lampu indikator yang terpasang pada router, hal ini dimaksudkan agar kita lebih mudah dan lebih cepat dalam menganalisa masalah yang terjadi pada router, jika wireless router tidak dapat berfungsi dengan baik atau tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya.


Arti Lampu Indikator Wireless Router Tenda AC6 Dual Band High Speed AC1200.
  • Lampu indikator Power harus menyala.
  • Lampu indikator SYS harus menyala.
  • Lampu indikator WAN harus menyala.
  • Lampu indikator LAN harus menyala, tergantung port LAN yang digunakan, misal port LAN1, LAN2, LAN3.

Selanjutnya setelah lampu indikator router wireless Tenda AC6 menyala dengan sempurna, maka langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah setting router AC6.

Baca Juga.

Untuk tutorial cara setting router wireless AC6 dual band high speed 2.4 GHz - 5 GHz, saya hanya melakukan setingan sederhana atau settingan default wifi router AC6, dan untuk caranya adalah sebagai berikut.

Langkah Pertama.
Pada tutorial cara setting Router Tenda AC6 Dual Band Wifi saya menggunakan akses internet dari Indihome, dan untuk caranya adalah sebagai berikut.
  1. Hidupkan Wireless Router Tenda AC6, tunggu hingga semua lampu indikator yang saya sebutkan diatas menyala.
  2. Kemudian hubungkan kabel internet dari modem indihome ke port WAN Router Tenda AC6 (secara default jalur internet modem indihome berada di LAN 3).
  3. Selanjutnya hubungkan Router ke komputer dengan cara melalui LAN 1 Router ke LAN Card komputer / laptop, untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini. 

Langkah Kedua.
Perlu dipahami, bahwa IP Address Default Router Tenda AC6 Dual Band adalah 192.168.0.1, untuk itu laptop / komputer PC yang akan dipakai juga harus di setting dengan menggunakan IP Address yang sama, misalnya IP Laptop / komputer bisa di isi dengan 192.168.0.2, dan untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel tentang bagaimana Cara Setting IP Address Komputer / Laptop.

Langkah Ketiga.
Selanjutnya lakukan setingan sebagai berikut.
1. Silahkan buka browser, lalu ketikan IP Address Router AC6, yaitu 192.168.0.1, lalu Enter, maka secara otomatis akan muncul tampilan sebagai berikut, lalu klik Start.


2. Kemudian anda akan dihadapkan tiga (3) jenis sambungan atau koneksi yang akan digunakan, misalnya.
  1. PPPoE, jika ingin melakukan dial Modem / ONT dari router, sehingga anda dapat melakukan managemen jaringan internet yang lebih baik, stabil, dan aman dari pada managemen jaringan internet langsung dari modem indihome, untuk contoh implementasinya pada jaringan, silahkan baca cara konfigurasi modem indihome ke router mode PPPoE.
  2. Dynamic IP Address, jika ingin merubah wireless router menjadi Access Point untuk memperluas area jaringan wifi.
  3. Static IP Address bisa di gunakan jika anda ingin memfungsikan wireles router sebagai router utama untuk melakukan manajemen jaringan internet secara menyeluruh, serta bisa digunakan untuk melakukan pengaturan remote / setting router dari jarak jauh jika tersedia IP Public Static / IP Publik Tetap.

Berhubung saya tidak memiliki IP Address Static dari indihome, maka saya ingin merubah Router menjadi Access Point (AP) sehingga saya memilih menu Dynamic IP Address, lalu klik Next.


3. Tahap selanjutnya, silahkan lakukan Setting Wifi AC6 Bual Band High Speed sebagai berikut.
  1. Pilih Transmit Power sesuai kebutuhan, misal High, Medium, atau Low.
  2. Isi Nama Wifi sesuai keinginan, misal IT Wae.
  3. Isi Password Wifi.
  4. Not Required pada menu password wifi bisa anda pilih atau tidak sesuai dengan keperluan.
  5. Set the Wifi Password as the login password or the admin account bisa anda pilih atau tidak sesuai dengan keperluan.
  6. 6. Kemudian untuk mengakhiri settingan wifi, silahkan klik Next.



4. Kemudian muncul tampilan Wireless hasil setingan yang baru saja di buat, jika anda ingin merubah setingan wifi ataupun menambah settingan router yang lain serta ingin mengenal semua fitur Router Wireless Tenda AC6 secara lengkap, silahkan klik More.


5. Selesai.

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan mengenai artikel tentang bagaimana cara setting wireless router Tenda AC6 dual band high speed 2.4 GHz - 5 GHz Repeater AC1200.
Comments


EmoticonEmoticon