Cara Setting IP Address Komputer / Laptop

Cara Merubah / Mengganti IP Address Laptop Komputer. Setting IP Address Laptop / Komputer merupakan salah satu syarat wajib yang harus dilakukan ketika kita akan melakukan konfigurasi dan Membuat Jaringan Komputer.

Fungsi IP Address Komputer adalah supaya setiap komputer memiliki sebuah alamat atau identitas, dimana alamat ini yang nantinya akan di gunakan untuk melakukan Setting Jaringan Komputer agar setiap komputer bisa saling mengenal anatara komputer satu dengan komputer yang lainnya.

Setting IP Address Komputer / Laptop baru biasanya ini dilakukan ketika kita akan membangun sebuah jaringan komputer, seperti Jaringan Komputer Kantor, Lab Sekolah, atau ketika akan Membuat Jaringan Warnet.

IP Address Komputer terbagi menjadi beberapa jenis dan kelas sesuai kebutuhan jaringan komputer yang akan di bangun, dan untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel tentang Pengertian dan Jenis IP Address Komputer.


Artikel Terkait.
Cara Mengembalikan IP Address Laptop & Komputer Ke Default Setingan Semula.

Artikel kali ini akan menjelaskan langkah demi langkah bagaimana Cara Setting IP Address Komputer dan Laptop pada jaringan komputer berbasis Windows XP Professional SP3.

Cara Membuat IP Address Komputer.

1. Buka Start, lalu pilih Control Panel.


2. Kemudian muncul tampilan berikut, lalu pilih Network and Internet Connections.


3. Selanjutnya pilih Network Connections.


4. Lalu klik kanan pada Local Area Connection, pilih Properties.


5. Selanjutnya pilih Internet Protocol (TCP/IP), lalu pilih Properties.


Note.
Jangan lupa untuk memberikan tanda centang pada Show icon in notification area when connected dan Notify me when connection has limited or no connectivity untuk mempermudah Anda dalam mengetahui status koneksi jaringan dan koneksi internet.

6. Kemudian pilih Use the Following IP Address untuk memasukkan IP Address dan Subnet mask kemudian klik OK, sebagai Contoh saya saya isi dengan IP Address Komputer sebagai berikut.
  • IP Address    : 192.168.0.1.
  • Subnet mask  : 255.255.255.0.
  • Default Gateway : 192.168.1.254.
  • Preferred DNS Server.
  • Alternate DNS Server.


Keterangan.
  • IP Address :  alamat yang diberikan untuk sebuah komputer dalam jaringan komputer, dan range angka yang bisa dipakai 1 sampai 254.
  • Subnet mask : adalah jumlah maksimal komputer yang di perbolehkan dalam satu IP sebuah jaringan komputer yaitu sebanyak 254 unit komputer.
  • Default Gateway di kosongkan saja tidak masalah, atau bisa di isi tergantung dari kebutuhan sebuah jaringan komputer, misal di isi dengan IP Address komputer server, namun berhubung komputer tersebut saya gunakan pada sebuah warnet, maka saya isi dengan IP Address Modem.
  • Preferred DNS Server, dan Alternate DNS Server di kosongkan saja tidak masalah, atau bisa di isi dengan DNSpilihan Anda, namun karena saya menggunakan ISP Telkom, maka saya isi dengan DNS Speedy IndiHome.

Contoh IP Address dalam jaringan komputer.
Client 1.
IP Address          : 192.168.0.1
Subnet mask       : 255.255.255.0

Client 2.
IP Address          : 192.168.0.2
Subnet mask       : 255.255.255.0

Sampai disini cara setting IP Address sudah selesai, selanjutnya anda harus melakukan Sinkronasi Jaringan Komputer supaya semua komputer bisa terhubung satu sama lain dalam sebuah jaringan komputer.
Comments


EmoticonEmoticon