Cara Analisa Kerusakan CCTV

Cara Cepat Mengetahui Kerusakan CCTV. Sebenarnya untuk melakukan setting CCTV bisa dibilang sangat mudah, terlebih bagi anda yang berprofesi sebagai IT yang tentunya sering berurusan dengan konfigurasi jaringan komputer.

Untuk melakukan Setting CCTV, caranya hampir sama dengan melakukan setting jaringan komputer, yakni untuk dapat menghubungkan setiap CCTV dengan DVR, maka membutuhkan sebuah IP Address.

Di dalam unit perangkat CCTV sudah tertanam IP Address, sehingga ketika kita melakukan setting CCTV, maka secara otomatis IP Address CCTV akan terdeteksi oleh DVR, namun demikian kita juga dapat membuat IP Address CCTV secara manual sesuai keinginan kita dengan menggunakan menu / tools yang telah disediakan oleh aplikasi CCTV.

Dari sedikit penjelasan diatas, maka kita dapat mengambil kesimpulan, bahwa untuk melakukan setting CCTV bisa dikatakan lebih mudah jika dibandingkan dengan setting jaringan komputer karena semua tools yang dibutuhkan untuk konfigurasi CCTV sudah tersedia dalam menu DVR yang di buat secara simple sehingga sangat mudah untuk di pahami.

Untuk melakukan konfigurasi CCTV, anda tidak perlu bingung dalam menentukan atau membuat IP Address CCTV, mengingat setiap CCTV sudah otomatis memiliki IP Address sehingga dalam setting CCTV yang kita butuhkan hanya memastikan kondisi sambungan kabel dan konfigurasi dengan benar, untuk selanjutnya bisa dipastikan CCTV dapat bekerja dengan baik.

Artikel Terkait.

Melakukan analisa kerusakan CCTV tentu saja sangat berguna bagi anda yang sedang memperbaiki CCTV dalam situasi dan kondisi yang terbatas sehingga sulit dikerjakan secara normal, misal pemasangan CCTV di dalam Underground (bawah tanah) atau di gedung yang memiliki medan berbahaya yang tentunya membutuhkan kecepatan penanganan yang lebih extra dalam menganalisa kerusakan yang terjadi pada perangkat CCTV.

Cara Konfigurasi CCTV dengan DVR atau Komputer Laptop.
  1. Sambungkan POE Injector / konektor 1 (1 kabel ke adaptor dan 1 kabel ke HUB / Switch).
  2. Sambungkan POE Injector / konektor 2 (1 kabel ke Power CCTV dan 1 kabel kamera CCTV).
  3. Sambungkan kabel LAN ke kedua konektor (ujung konektor 1 dan 2 / kabel POE Injector).
  4. Sambungkan kabel LAN dari HUB / Switch ke DVR atau komputer laptop

Selanjutnya jika semua settingan di anggap sudah benar, maka langkah selanjutnya harus dilakukan pengecekan konfigurasi CCTV sehingga akan membantu kita dalam memastikan CCTV dapat bekerja dengan baik, maka kondisi perangkat CCTV harus memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
  1. Pastikan power adaptor CCTV dalam kondisi baik
  2. Pastikan lampu power Switch / HUB menyala dan lampu indikator pada port Switch / HUB menyala hijau berkedip yang berarti data yang dikirim camera CCTV dapat diterima dengan baik oleh DVR atau komputer / laptop.
  3. Pastikan lampu indikator pada sambungan connector / POE Injector CCTV menyala hijau dan berkedip normal yang berarti data rekaman CCTV dapat diterima dengan baik oleh DVR atau laptop / komputer
  4. Lampu camera CCTV harus menyala, dan untuk memastikan apakah infra red yang ada pada lensa CCTV bekerja, untuk itu silahkan tutup kamera dengan telapak tangan, jika CCTV hidup, maka akan berwarna merah.

Jika ke empat langkah diatas sudah sesuai dengan apa yang saya sarankan, maka bisa dipastikan CCTV akan dapat berfungsi dengan baik.

Cara Cepat Analisa Kerusakan CCTV.
Banyak sekali faktor yang menjadi penyebab kerusakan CCTV yang mengakibatkan tidak munculnya rekaman kamera CCTV pada layar monitor, seperti CCTV Mati Total.

Untuk mengatasi CCTV mati total secara cepat, maka langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah memastikan Kondisi Adaptor CCTV dalam keadaan BAIK, selanjutnya baru kita melakukan pengecekan pada bagian utama perangkat CCTV yang lain, seperti.
  1. Pastikan lampu indikator pada Switch / HUB menyala hijau dan berkedip yang berarti pengiriman data dari kamera CCTV ke DVR / komputer laptop berjalan dengan baik, namun jika lampu indikator pada switch / HUB mati atau menyala tanpa berkedip bisa saja di akibatkan oleh Switch / HUB rusak atau port HUB / Switch longgar dan kotor atau bisa juga konektor CCTV yang rusak, atau terkadang pada kasus tertentu, misal CCTV tidak menampilkan gambar bisa juga diakibatkan oleh konektor RJ-45 penyambung antara kedua konektor CCTV rusak.
  2. Pastikan lampu indikator POE Injector (konektor 2 atau konektor yang tersambung dengan kamera CCTV) menyala dan berkedip yang berarti kondisi konektor bagus, sedangkan jika lampu indikator mati atau menyala tanpa berkedip berarti ada masalah pada sambungan konektor, misal konektor kotor atau longgar.
  3. Pastikan lampu CCTV menyala merah yang berarti camera CCTV telah mendapatkan tegangan dari power adaptor sehingga dapat merekam apapun gambar dan video yang ada di jangkauan lensa camera CCTV.

Dan sesuai pengalaman, secara umum kerusakan perangkat CCTV terjadi pada bagian konektor CCTV dan konektor RJ-45, misal konektor kotor atau longgar dan pada bagian adaptor seperti terbakar atau tegangan adaptor sudah tidak normal sehingga tidak mampu menyuplai tegangan yang dibutuhkan CCTV.

Demikian ulasan yang bisa sampaikan mengenai artikel tentang bagaimana Cara Mudah Mengetahui Penyebab Kerusakan Camera CCTV.

2 comments

  1. Selamat pagi..
    Trimakasih sebelumnya karena artikel ini sangat bermanfaat untuk saya,ada yg ingin saya tanyakan pa, apabila indikator swicth hub berkedip akan tetapi kedipnya tidak normal, bisa tolong jelaskan apakah penyebabnya trimakasih sebelumnya..

    ReplyDelete
  2. Perlu di pahami, bahwa maksud berkedip normal pada lampu indikator switch / HUB adalah lampu menyala layaknya pada sebuah jaringan internet komputer, dimana ketika setiap komputer terhubung ke internet maka lampu indikato rpada switch / HUB berkedip.

    Untuk lebih jelasnya agar saya dapat memberikan solusi dengan masalah CCTV yang anda hadapi, maka silahkan kirim video, dan apakah kedip yang tidak normal tersebut mengakibatkan gangguan CCTV, tolong sekalian berikan kondisi tampilan CCTV

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon