Mengenal IndiHome Fiber Optic

Pengertian IndiHome Fiber Optic. Setelah sukses melakukan realisasi layanan internet dual play yang menggabungakan antara telepon rumah dan internet atau dikenal dengan nama speedy, saat ini PT. Telkom kembali membuat gebrakan baru produk akses internet kecepatan tinggi yang di beri nama Indihome fiber.

Pengertian Indihome Fiber Optik.
Apa Itu IndiHome ?, Indihome adalah produk teknologi jaringan internet terbaru yang di kembankan oleh pihak Telkom guna memberikan kemudahan dan kenyamanan masyarakat dalam mendapatkan informasi melalui media digital internet dan televisi, mengingat layanan internet  triple play indihome sudah menggabungkan tiga layanan sekaligus, yaitu layanan internet, IPTV (UseeTV), dan telepon rumah.

Layanan Indihome.
Secara garis besar Indihome merupakan layanan triple play yang mencakup fitur internet, TV kabel, dan telepon rumah, namun demikian telkom selaku pengelola indihome memberikan kemudahan bagi masyarakan untuk memilih paket produk indihome sesuai kebutuhan, antara lain.

Layanan 3P (Triple Play) Indihome.
Layanan indihome Triple Play / 3P merupakan produk unggulan yang sangat di rekomendasikan untuk di pilih oleh pelanggan, mengingat layanan Triple Play sudah menyediakan beberapa fasilitas, seperti.
  • Internet super cepat.
  • Siaran Televisi Kualitas HD.
  • Telepon Rumah dengan suara yang sangat jernih.

Layanan 2P (Dual Play) IndiHome.
Layanan indihome dual play / 2P merupakan alternetif bagi pelanggan yang hanya membutuhkan dua layanan dari indihome, misal.
  • UseeTV dan Internet.
  • UseeTV dan telepon.
  • Telepon dan Internet.

Layanan 1P (Single Play) Indihome.
Layanan indihome 1P atau Singgle Play merupakan layanan indihome yang menawarkan satu layanan saja, seperti Telepon Rumah.

Akan tetapi fakta di lapangan, untuk layanan indihome 1P atau yang hanya menggunkan layanan telepon rumah tidak di layani atau dengan kata lain jika anda ingin daftar indihome minimal harus mengambil paket 2P (dual Play).


Kekurangan IndiHome UseeTV.
UseeTV tidak dapat menayangkan semua siaran televisi nasional, misal indihome tidak dapat menayangkan MNC TV, Global TV, RCTI sehingga hal ini bisa mengurangi minat seseorang untuk berlangganan, terutama bagi daerah pinggiran yang mayoritas lebih menyukai siaran televisi nasional.

Saya berharap mudah-mudahan untuk kedepannya indihome dapat menampilkan semua siaran televisi nasional, sehingga bagi pelanggang indihome daerah pinggiran kota lebih tertarik untuk menggunakan produk indihome dan tidak lagi bergantung pada antena parabola yang tentunya saat ini lebih mendominasi daerah yang agak sulit menerima sinyal UHF.

Sekedar catatan saja, bahwa layanan triple play indihome saat ini sudah menggunakan media penghantar data serat optic yang tentunya memiliki kecepatan bandwidth jauh lebih tinggi di bandingkan dengan indihome yang masih menggunakan media penghantar data kawat tembaga.

Baca Juga.

Perbedaan IndiHome Fiber Optik dan IndiHome Kabel Tembaga.
Baik indihome fiber maupun indihome kabel tembaga adalah layanan triple play yang yang merupakan penggabungan dari layanan internet, telepon rumah, dan TV kabel (UseeTV) yang di kembangkan oleh PT. Telekomunikasi Inonesia.

Akan tetapi ada perbedaan yang mendasar antara indihome fiber dengan indihome kabel tembaga, yaitu indihome fiber sudah menggunakan media penghantar data serat optic, sedangkan indihome kabel tembaga masih menggunakan media transfer data sebuah kawat tembaga, untuk lebih jelasnya berikut ulasan yang telah berhasil saya rangkum.

IndiHome Kabel Tembaga.
Untuk pertama kalinya PT. Telkom memperkenalkan layanan indihome ke masyarakat luas Indonesia pada 2015 dengan menggunakan media transfer data sebuah kawat tembaga yang merupakan peningkatan dari produk speedy dan masih memanfaatkan teknologi jaringan ADSL.

Pada Indihome kabel tembaga, perangkat layanan indihome yang digunakan di sisi pelanggan masih menggunakan modem ADSL2+ dengan memiliki kecepatan 1 Mbps hingg 5 Mbps sehingga hanya masyarakat perkotaan saja yang bisa menikmati layanan indihome tersebut.

Hal ini di sebabkan karena kawat tembaga masih banyak memiliki kekurangan dalam mengirim dan menerima data sehingga kualitas indihome yang diterima pelanggan sangat dipengaruhi oleh panjang kabel tembaga antara pusat telkom dengan jarak rumah pelanggan.

IndiHome Fiber Optik.
Indihome Fiber Optic adalah peningkatan kualitas layanan jaringan internet yang sudah menggunakan media penghantar data sebuah serat optic dan telah mengadopsi teknologi jaringan GPON.

Perangkat yang digunakan di sisi pelanggan pada produk Indihome fiber optik adalah sebuah ONT (Optic Network Terminal) yang mana modem tersebut sudah mampu menerima dan menyalurkan bandwidth internet kecepatan tinggi 10 Mbps hingga 100 Mbps.

Indihome yang sudah didukung oleh fiber optic memiliki kualitas bandwidth internet yang jauh lebih cepat dan stabil jika di bandingkan dengan indihome kabel tembaga, bahkan harga yang di tawarkan paket indihome juga masih tergolong murah untuk akses internet kecepatan 10 Mbps.

Artikel Terkait.

Demikian informasi yang bisa saya bagikan mengenai artikel tentang Pengertian Layanan IndiHome Fiber.

Comments


EmoticonEmoticon