Cara Setting Port LAN Modem Indihome Fiber Optic

Cara Mengaktifkan Port LAN 1, 2, 3, 4 Modem IndiHome NOKIA G-240W-F IndiHome Fiber. Biasanya modem speedy indihome menyediakan port LAN sebanyak  4 buah, yang mana port LAN  tersebut sudah di setting sedemikian rupa sesuai kebutuhan akses indihome.

Akan tetapi pada kasus tertentu, terkadang port LAN yang disediakan modem indihome fiber optik untuk akses internet melalui kabel jaringan LAN tidak berfungsi dengan baik sesuai setngan yang ada, sehingga tidak jarang bagi pelanggan baru layanan indihome beramsumsi atau mengira bahwa port LAN modem rusak, padahal tidak demikian.

Misalnya, ketika anda ingin terhubung dengan internet dengan cara menghubungkan salah satu Port LAN modem ke komputer, dant ternyata internet tidak dapat terkoneksi, kemudian anda mencoba memindahkan ke port LAN yang lain namun tetap tidak bisa.

Jika hal tersebut menimpa anda, maka bagi pelangan baru indihome akan kebingunan dan langsung mengubungi pihak telkom, terlebih bagi pelanggan yang tidak mengerti tentang setingan modem, atau bagi anda yang sedikit paham setting internet, mungkin cara yang bisa ditempuh adalah dengan melakukan pengecekan setingan port LAN dengan menggunakan Android melalui wifi.

Salah satu penyebab port LAN Modem Indihome tidak berfungsi adalah adanya kesalahan setting pada port LAN, dan ini pernah saya alami ketika menggunakan Modem Indihome Alcatel Lucent I-240W-A dimana setingan semua port LAN 1, 2, 3, 4 pada posisi Bridge Mode, sedangkan untuk dapat terkoneksi dengan internet maka port LAN harus pada setingan Route Mode.

Sekedar catatan saja, bahwa untuk ONT GPON akses Indihome Fiber dari telkom secara umum port LAN 3 digunakan sebagai jalur akses internet yang di setting pada Route Mode, sedangkan Port LAN 1, Port LAN 2, dan Port LAN 4 di setting Bridge Mode yang digunakan sebagai jalur IPTV untuk akses UseeTV.

Namun demikian, sebenarnya juga anda dapat merubah setingan port LAN modem indihome sesuai kebutuhan anda, akan tetapi saya sangat tidak menganjurkan bagi anda yang belum memahami konfigurasi modem indihome, karena jika terjadi kesalahan maka bisa mengakibatkan internet dan UseeTV tidak berfungsi atau internet tidak terkoneksi dan siaran UseeTV error sehingga hanya akan menambah masalah anda.

Setting Port LAN Default Semua Modem Indihome Fiber adalah sebagai berikut.
  • Port 1 di setting bridge mode.
  • Port 2 di setting bridge mode.
  • Port 3 di setting route mode.
  • Port 4 di setting bridge mode.

Dengan melihat setingan port LAN seperti yang tampak diatas, maka yang hanya bisa digunakan sebagai jalur akses internet pada modem Nokia G-240W-F adalah Port 3, sedangkan Port 1, 2, 4 di gunakan untuk keperluan lain, misal untuk IPTV akses UseeTV.

Namun begitu secara default jalur akses IPTV untuk UseeTV pada modem indihome fiber adalah port LAN 4, dan port LAN 1 digunakan sebagai cadangan jika pelanggan ingin menambahkan televisi sehingga 1 modem dapat melayani 2 televisi, sedangkan port LAN 2 bisa digunakan sesuai kebutuhan pelanggan ataupun sebgai cadangan jika port yang lain mengalamai kerusakan.

Selain itu bagi anda yang sudah mahir dalam melakukan setingan ONT GPON, setingan port LAN pada modem indihome fiber tersebut bisa di rubah sesuai keinginan, misal seperti di bawah ini.
  • Setting Port 1 route mode.
  • Setting Port 2 route mode.
  • Setting Port 3 route mode.
  • Setting Port 4 bridge mode.

Pada tutorial cara setting port LAN modem indihome kali ini saya menggunakan ONT GPON Nokia G-240W-F, dan untuk caranya adalah sebagai berikut.

1. Hidupkan modem, kemudian buka browser, lalu masukkan IP Address Default Modem Indihome Fiber, yaitu 192.168.1.1, lalu Enter.

2. Selanjutnya login menggunakan username dan password superuser modem Nokia G-240W-F.
  • Username = support
  • Password = theworldinyourhand

3. Setelah anda berhasil login ke router modem, berikutnya silahkan klik Network, lalu pilih LAN.
dan untuk melakukan perubahan setting port modem NOKIA G-240W-F, silahkan ikuti panduan dibawah ini.
  1. Klik Network.
  2. Kemudian klik LAN.
  3. Selanjutnya setting Port LAN 1, LAN 2, LAN 3, misal pilih Route Mode.
  4. Lalu klik Save.

Dengan demikian, maka port LAN 1, 2, 3 dapat di pakai untuk jalur akses internet, sedangkan khusus port LAN 4 hanya digunakan untuk layanan akses IPTV UseeTV.

Note.
Bagi yang masih awam dengan setingan modem sebaiknya jangan merubah setingan default yang telah di tentukan oleh pihak penyedia layanan jaringan GPON, mengingat jika salah dalam merubah pengaturan modem, maka justru akan menambah masalah saja.

Sekian tutorial tentang cara merubah Setingan Port LAN 1, 2, 3 ONT GPON Nokia G-240W-F Indihome Fiber Optik.

11 comments

  1. Replies
    1. sama-sama gan, semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi yang membutuhkannya

      Delete
  2. Infonya sangat bermanfaat.saya berhasil menghubungkanya.tapi masalah biaya.bakalan beda g ya???soalnya kan tadinya dipake buat use tv,sekarang buat pc

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengalaman pribadi tidak ada perbedaan biaya pembayaran atau biaya tagihan masih sama sesuai paket yang di ambil

      Delete
  3. gan kalo gak bisa diubah modenya gimana ya ? punya ane kaya ke blok gitu biar gak bisa klik yg untuk ganti mode bridge ke route . mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  4. sudah coba login menggunakan password superuser belum?

    ReplyDelete
  5. Mas Sun, Konfigurasi port lan untuk diconnect ke printer/copier pakai mode bridge atau route?
    Terimakasih atas jawabannya.

    ReplyDelete
  6. Mohon maaf mas forrys, untuk cara sharing printer melalui port LAN Modem indihome secara langsung saya belum pernah mencoba, kecuali melalui jaringan komputer.

    Namun jika via USB, Mas Forrys bisa langsung colok USB printer ke port USB modem Indihome.

    Akan tetapi, jika memang bisa sharing printer langsung melalui modem indihome menggunakan port LAN / RJ-45, maka kemungkinan port LAN modem Indihome di setting mode bridge.

    ReplyDelete
  7. maaf gan, yang dimaksud dengan password superuser itu apa?terima kasih atas jawabannya

    ReplyDelete
  8. @ anak desa
    Password superuser adalah username dan password yang dapat digunakan untuk membuka semua menu yang ada di modem indihome.

    Indihome selalu menyediakan 2 username dan password, yang mana 1 username dan password merupakan password default dari modem indihome yang hanya bisa untuk melakukan settingan modem indihome secara terbatas, misal hanya untuk settingan wifi saja atau fitur yang disediakan sangat terbatas.

    Sedangkan username dan password superuser adalah password yang digunakan untuk melakukan settingan modem indihome secara full atau semua fitur yang ada di modem indihome dapat diaktifkan.

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon