Cara Mengatasi Error 1302 UseeTV IndiHome Fiber

Penyebab dan Cara Mengatasi Masalah Error 1302 UseeTV IndiHome. Bagi pelanggan Indihome Triple Play Fiber Optic mungkin pesan error 1302 yang muncul pada layar televisi sudah bukan hal yang aneh, mengingat kode error 1302 merupakan gangguan yang sering muncul pada layanan UseeTV Indihome.

Share artikel kali ini saya akan mencoba untuk memeberikan tutorial tentang penyebab dan bagaimana cara mengatasi error 1302 pada layanan indihome fiber optic sehingga dapat sedikit membantu bagi pelanggan baru indihome.

Umumnya permasalahan gangguan UseeTV muncul akibat adanya listrik padam secara mendadak, ataupun STB jarang digunakan, sehingga ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab error kode 1302, yaitu.

Penyebab Error 1302 UseeTV IndiHome.
  • Set Top Box / STB Rusak.
  • STB dan ONT GPON / modem tidak terhubung.
  • Setingan port untuk jalur akses IPTV pada modem berubah.
  • Setingan STB berubah.
  • Terkena petir (pengalaman sudah 3 kali Modem + Monitor, CPU satu kali, dan STB satu kali).
  • Mungkin ini kasus langka, namun begitu pernah terjadi pada saya, yaitu layanan UseeTV tidak muncul atau hanya menampilkan pesan error kode 1302, dan di akibatkan oleh STB tertukar, dimana STB yang saya gunakan ternyata milik orang lain dan orang tersebut telat membayar tagihan indihome sehingga layanan UseeTV di blokir.


Untuk itu sebelum melakukan settingan lebih jauh ataupun melapor ke 147, silahkan cek terlebih dahulu beberapa perangkat yang digunakan jaringan Indihome untuk UseeTV, antara lain.
  • Memastikan Modem ONT GPON Kondisi OK.
  • Memastikan kabel LAN yang menghubungkan modem dengan STB dalam kondisi OK.
  • Memastikan pemilihan port pada modem sudah benar, dalam hal ini secara default port yang digunakan untuk jalur UseeTV adalah port LAN 4, sedangan port LAN 1 digunakan untuk cadangan port LAN 4, atau port LAN 1 juga bisa digunakan untuk menghubungkan TV kedua jika pelanggan Indihome menggunakan 2 Televisi.
  • Cek STB, untuk melihat bahwa jaringan dari modem ke STB kondisi normal, silahkan perhatikan lampu indikator LAN pada STB, jika berwarna kuning / hijau berarti jalur dari modem ke STB OK, namun sebaliknya jika lampu indikator LAN pada STB berwarna merah maka bisa dipastikan ada masalah dengan sambungan kabel LAN, seperti kabel LAN putus atau pemasangan konektor kabel jaringan pada modem dan STB kurang tepat.
  • Cek sambungan konfigurasi modem dengan STB, jika konfigurasi STB dengan Modem menggunakan LAN, silahkan cek kondisi kabel jaringan LAN, sedangkan jika konfigurasi STB dengan modem menggunakan Wireless, silahkan cek sambungan wifi antara STB dengan Modem.
  • Cek setingan port modem, apakah penggunaan port sudah benar.

Jika semua setingan di anggap sudah benar, akan tetapi Error 1302 masih saja muncul silahkan Call 147, karena dalam pengalaman ternyata penyebab Error 1302 adalah STB rusak.

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan mengenai artikel tentang penyebab dan cara mengatasi Error 1302 UseeTv IndiHome.

Comments


EmoticonEmoticon