Cara Mengetahui MAC Address Komputer & Laptop

Cara Melihat MAC Address Laptop / Komputer Sendiri dan Komputer Orang lain. Perlukah kita tahu berapa MAC Address Komputer / Laptop sendiri ?, sebenarnya jika di bilang perlu atau tidaknya pengetahuan MAC Address pada pemakai komputer adalah tergantung dari seberapa besar kebutuhan penggunaan MAC Address tersebut untuk kita.

Dengan kata lain, jika kita hanya user komputer biasa tentu saja hal tersebut tidak kita butuhkan, akan tetapi jika kita bergelut dalam dunia jaringan komputer tentu saja pemahaman tentang MAC Address  beserta Fungsi MAC Address wajib diketahui, karena bagaimanapun juga jaringan komputer sangat identik dengan MAC Address.

Hanya sekedar pengetahuan dasar saja tentang MAC Address, bahwa sebenarnya didalam jaringan komputer hubungan antara komputer tidak lain adalah hubungan antara MAC Address komputer satu dengan MAC Address Komputer yang lainnya atau bukan hanya sekedar hubungan antara IP Address saja.

Namun begitu, MAC Address sepertinya jarang sekali disinggung dalam sebuah jaringan komputer internet, atau malah justru yang sering si perbincangkan hanyalah IP Address saja.

Baik sebelum kita masuk pada bab artikel tentang bagaimana cara mengetahui MAC Address Komputer sendiri, tisak salahnya jika saja akan sedikit mejelaskan tentang Pengertian dan Fungsi MAC Aaddress.

Pengertian MAC Address.
MAC Address adalah singkatan dari Media Access Control Address adalah sebuah kode unik yang merupakan sebuah alamat jaringan yang di implementasikan pada lapisan data-link dalam tujuh lapisan model OSI, yang merepresentasikan sebuah node tertentu dalam jaringan.

Dalam sebuah jaringan berbasih Ethernet, MAC Address merupakan alamat yang unik yang memiliki panjang 48-bit (6 byte) yang mengidentifikasikan sebuah komputer, Interface dalam sebuah Router, atau node lainnya dalam jaringan. MAC Address disebut juga sebagai Ethernet Address, Physical Address atau Hardware Address.

MAC Address akan tertanam pada sebuah perangkat jaringan yang terhubung dengan Internet seperti:
  1. Pada Komputer PC disebut Network Interface Card (NIC), Kartu Jaringan atau lebih populer di sebut LAN Card.
  2. Pada Notebook / Laptop disebut LAN Card dan Wireless Access Card (WLAN).
  3. Pada Modem adalah Internet Cable Phones.

Selanjutnya jika yang kita bahas adalah tentang MAC Address Komputer / Laptop, berarti yang di maksud MAC Address adalah kode unik yang tertanam pada Network Interface Card (NIC) atau lebih populer disebut kartu jaringan atau LAN Card, dengan keunikan yang di miliki Mac Address sehingga setiap komputer memiliki MAC Address yang berbeda.

Fungsi MAC Address
Fungsi MAC Address adalah untuk mempermudah proses identifikasi setiap perangkat jaringan.

Ada 2 beberapa Cara yang bisa digunakan untuk Mengetahui MAC Address Komputer / Laptop, yaitu melalui Control Panel dan dengan menggunakan command prompt.

Cara Mengetahui MAC Address Komputer / Laptop Sendiri via Control Panel.

1. Silahkan klik Start pilih Control Panel.


2. Selanjutnya Network and Internet Connections.


3. Pada tampilan berikutnya silahkan pilih Network Connections.


4. Kemudian akan muncul tamilan Local Area Connection, silahkan klik kanan lalu pilih Status.


5. Tahap berikutnya, silahkan pilih tab Support, lalu klik Details.


6. Selanjutnya perhatikan Kode yang muncul pada Physical Address, itu adalah MAC Address Komputer anda.


Selain cara diatas, anda juga bisa menggunakan comand prompt untuk melihat MAC Address Komputer secara lengkap, untuk mengetahui caranya, silahkan ikti tutorial dibawah ini:

1. Masuk komputer sebagai Administrator, selanjutnya klik Start lalu pilih Run.


2. Kemudian ketikkan perintah cmd, lalu OK.


3. Lalu panda tampilan jendela commnad promt, silahkan ketikkan perintah ipconfig/all, lalu Enter, selanjutnya akan muncul tampilan seperti di bawah ini, perhatikan kode yang muncul pada Physical Address itulah MAC Address Komputer anda.


Cara Melihat MAC Address Komputer / Laptop Orang Lain.
Sebelum anda bisa melihat MAC Address komputer orang lain, syarat yang harus dipenuhi adalah memastikan bahwa komputer / laptop , Modem, ataupun perangkat komputer lainnya yang akan dilihat MAC Address harus terhubung dengan jaringan komputer anda.

1. Klik Start, lalu pilih Run.


2. Kemudian ketikan perintah CMD, lalu klik OK / Enter.


3. Selanjutnya ketikan perintah arp -a, lalu Enter.


Dan secara otomatis akan muncul Daftar MAC Address dan IP Address semua komputer yang terhubung dengan jaringan komputer anda, tak terkecuali MAC Address device lain, seperti Modem Indihome / Speedy, ataupun perangkat yang lainnya.

Penting.
Jika semua MAC Address tidak terdeteksi / terlihat, silahkan lakukan Ping IP Address ke semua komputer yang ada dalam jaringan.

Keuntungan lain dengan menggunakan perintah arp -a pada command prompt adalah, selain anda dapat melihat semua MAC Address Komputer, anda juga dapat mengetahui semua IP Address perangkat komputer yang terhubung dengan koneksi jaringan komputer Anda termasuk IP Address Modem.

Aertikel Terkait.

Selain itu, anda juga dapat melihat MAC Address Komputer, Laptop, Android, Tablet, Smartphone, ataupun perangkat wireless yang lain dalam sebuah jaringan wifi ataupun jaringan LAN yang kita miliki dengan cara yang lebih cepat dan mudah, yaitu dengan memanfaatkan aplikasi P2POver.

Artikel Terkait.

Sekian artikel tentang bagaimana Cara Melihat / Mengetahui MAC Address Komputer / Laptop sendiri dan orang lain.

Comments


EmoticonEmoticon