Cara Setting Jaringan Warnet Sederhana Tanpa Mikrotik

Cara Membuat Jaringan Game Online / Warnet Sederhana Tanpa Mikrotik. Dalam membangun sebuah jaringan internet warnet tidak harus dilakukan oleh seorang professional komputer apalagi hanya jaringan yang statusnya cuma share file dan share koneksi internet bersama.

Namun perlu dipahami, semudah apapun Setting Jaringan Warnet Sederhana, setidaknya sedikit banyak kita tetap juga harus memiliki pengalaman dibidang komputer.

Mengingat fakta di lapangan, ketika kita melakukan konfigurasi jaringan komputer internet tidak jarang akan mengalami masalah sepele namun cukup membuat kita bingung, misal salah satu komputer tidak bisa browsing, padahal status internet masih dalam kondisi Connected.

Untuk itu perlunya kita memiliki basic tentang pengenalan hardware maupun software serta memahami perangkat pendukung lainnya yang dibutuhkan dalam sebuah jaringan komputer.

Adapun beberapa hal yang harus dipahami jika anda ingin membuat jaringan warnet sederhana tanpa membutuhkan seorang teknisi komputer, antara lain.
  1. Memahami tata cara install ulang komputer.
  2. Memahami cara install driver perangkat komputer.
  3. Ketelitian dalam memastikan setiap perangkat jaringan komputer dalam kondisi baik, seperti, Modem, LAN Card, HUB, Switch, Kabel Jaringan, dan perangkat pendukung lainnya.

Sekedar mengingatkan kembali, bahwa pada dasarnya setting jaringan komputer kantor, jaringan warnet, jaringan geme online ataupun jaringan komputer yang lain memiliki prinsip yang sama, yaitu menghubungkan setiap komputer dengan menggunakan IP Address, sedangkan yang membedakan hanyalah aplikasi dan beberapa setingan ataupun penambahan perangkat jaringan sesuai kebutuhan.

Artikel Terkait.

Karena kita akan membuat jaringan warnet tanpa mikrotik, maka untuk masalah pengaturan Bandwidth Warnet disini saya menggunakan salah satu Software Pembagi Bandwidth Gratis sebagai alternatif Squid dan Mikrotik.

Sehingga walaupun warnet yang kita bangun tanpa memnggunakan squid dan mikrotik, akan tetapi kita tetap dapat memantau dan mengatur bandwidth dengan baik.

Sekedar catatan saja, bahwa Squid dan Mikrotik merupakan aplikasi pembagi bandwidth terbaik yang tentunya memiliki peran yang sangat penting dalam melakukan Management Banwidth pada sebuah jaringan internet.

Secara umum skema jaringan warnet dan game online saat ini adalah Internet - Modem - Mikrotik - Switch / HUB - Komputer Client + Billing, namun di sini saya akan membuat jaringan warnet yang lebih sederhanan tanpa menggunakan mikrotik.

Dan sebelum penjelasan lebih lanjut, ada baiknya jika anda terlebih dahulu melihat topologi jaringan warnet yang akan saya bahas, dan dibawah ini adalah gambar Cara Setting Warnet Sederhana Tanpa Mikrotik.


Pada skema jaringan komputer diatas sudah jelas tidak di lengkapi Squid ataupun Mikrotik sehingga semua bomputer, baik client dan komputer billing memiliki akses yang sama ke internet sehingga pada toplogi jaringan semacam ini, modem memiliki peran yang lebih penting / dominan jika di bandingkan dengan komputer server.

Atau dengan kata lain semua komputer bisa di jadikan sebagai billing ataupun sebagai computer client, karena yang membedakan nantinya adalah letak biling server terinstall yang secara otomatis akan menjadi computer biling / operator.

Cara Setting Warnet Tanpa Mikrotik.
Tutorial kali ini saya menggunakan Jaringan Warnet berbasis Windows XP Professional SP3, akan tetapi cara ini juga bisa di aplikasikan pada Windows 7 ataupun jenis Windows yang lain, dan sebagai contoh saya menggunakan 6 Unit Computer, yaitu.
  • 5 Unit Computer sebagai Client / User.
  • 1 Unit Computer sebagai Billing / Operator.

Untuk Pembuatan IP Address Komputer, silahkan atur sesuai keinginan, misal:
  • 192.168.0.1 - Untuk komputer Client 1.
  • 192.168.0.2 - Untuk komputer Client 2.
  • 192.168.0.3 - Untuk komputer Client 3.
  • 192.168.0.4 - Untuk komputer Client 4.
  • 192.168.0.5 - Untuk komputer Client 5.
  • 192.168.0.6 - Untuk komputer Billing.

Spesifikasi Computer Billing / Operator / Server.
  • Pentium 4 3.0 Ghz (lebih tinggi atau rendah tidak masalah karena ini bukan Server, tetapi yang terpenting adalah komputer yang stabil, karena tingkat penggunaan computer billing lebih tinggi).
  • RAM 1 GB.
  • VGA, LAN, Sound Card Onboard.
  • Sudah di Install Software Standart Local Host Warnet / Billing.
  • Rekomendasi : sebaiknya Computer Billing menggunakan Motherboard yang khusus untuk Server (kalau ada), menggingat jam terbang Computer Billing lebih lama jika di bandingkan dengan Computer Client, atau intinya carilah Motherboard yang stabil seperti INTEL atau GIGABYTE (bukan promosi tapi sesuai pengalaman).

Spesifikasi Computer Client / User.
  • Pentium 4 3.0 GHz (lebih tinggi lebih baik, kalau bisa dual core agar browsing lebih cepat).
  • RAM 2 GB (lebih tinggi lebih baik).
  • LAN, Sound Card Onboard.
  • VGA Onboard sudah cukup kalau hanya untuk browsing, tapi jika ingin menambahkan Game, maka saran saya silahkan menambakan VGA Card 256 MB atau yang lebih tinggi, bisa menggunakan ATI Radeon atau NVIDIA Ge Force, kalau untuk game lebih baik memakai NVIDIA, tapi kalau untuk Design Graphic lebih baik memakai ATI Radeon.
  • Sudah di Install Software Standart Client Warnet

Artikel Terkait.

Hardware atau perangkat keras yang digunakan untuk Membuat Jaringan Warnet Sederhana.

1. Modem ADSL / DSL.
Modem ADSL berfungsi sebagai jalur utama untuk menghubungkan komputer dengan internet, sehingga memungkinkan kita untuk dapat mengakses internet.

2. HUB / Switch.
HUB / Switch digunakan sebagai penghubung dan pembagi koneksi antar komputer dalam jaringan, jika anda masih binggung antara HUB / Switch yang rencana akan di gunakan sebagai pembagi koneksi jaringan, untuk lebih jelasnya, silahkan baca artikel tentang Perbedaan HUB dan Switch.

Selanjutnya untuk menentukan HUB yang berapa port yang akan dipakai, maka Anda harus menyesuaikan dengan banyaknya jumlah komputer serta jarak Computer Client dengan Computer Billing.

3. Kabel UTP - Unshielded Twisted Pair.
Fungsi Kabel UTP adalah sebagai kabel jaringan atau kabel penghubung komputer satu dengan komputer lainya pada sebuah jaringan komputer LAN berbasis kabel.

Sekedar catatan, jika Anda belum mahir dalam melakukan crimping kabel UTP dengan konektor RJ45, saya sarankan sebaiknya membeli saja Kabel Jaringan LAN yang sudah lengkap terpasang RJ-45 dengan menggunakan susunan kabel UTP model Straight.

Tetapi jika Anda ingin mencoba membuat kabel jaringan komputer sendiri, ya itung-itung biar tambah pengalaman, silahkan baca artikel tentang bagaimana Cara Memasang RJ-45 Di Kabel UTP.

Kalau semua perlengkapan hardware dan software jaringan Warnet sudah disiapkan, sekarang waktunya kita untuk memulai melakukan Setting Jaringan Warnet Sederhana menggunakan sistem operasi Windows, dan langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut.
  1. Setting Modem ADSL.
  2. Setting IP Address Komputer.
  3. Sinkronisasi Jaringan Komputer.
  4. Sharing File Folder Data Di Jaringan Komputer.
  5. Sharing Printer, Scaner, Optical Drive, ataupun perangkat keras yang lain.
  6. Mengatur Bandwidth Warnet. 

Keterangan.
1. Setting Modem ADSL Speedy Indihome.
Setting Modem Speedy, ini dilakukan supaya setiap komputer dapat mengakses Internet, dan pada tutorial ini saya menggunakan Modem Speedy Huawei HG532e.

2. Setting IP Address Komputer.
Setting IP Address di setiap komputer, ini dilakukan supaya setiap komputer memiliki alamat untuk mempermudah dalam melakukan managemen jaringan.

3. Sinkronasi Jaringan Komputer.
Fungsi sinkronasi jaringan komputer adalah supaya setiap komputer lebih mudah mengenali komputer lain dalam sebuah jaringan, sehingga akan mempermudah kita ketika akan melakukan sharing data, file atau perangkat lainnya (dilakukan tergantung kebutuhan).

4. Sharing File, Folder, Data Jaringan Komputer.
Sharing file, folder, data, ini dilakukan dengan tujuan supaya semua file yang di sharing dapat diakses atau dipakai secara bersama-sama (dilakukan tergantung kebutuhan).

5. Sharing Printer, Scanner, Optical Drive, dan Hardware lainnya.
Sharing Printer, scaner, ataupun perangkat keras yang lain, dimaksudkan agar perangkat keras komputer tersebut dapat di gunakan secara bersama-sama yang tentunya dapat digunakan untuk mengurangi ruang dan biaya pembelian Hardware komputer.

6. Membagi Bandwidth Warnet Tanpa Mikotik.
Fungsi membagi bandwidth pada warnet ataupun pada jaringan komputer lain yang statusnya melakukan sharing koneksi internet adalah agar kecepatan akses internet pada jaringan komputer tetap stabil dan meminimalisir penggunaan banwidth.

Dan berhubung judul artikel yang saya share adalah Setting Jaringan Warnet Tanpa Mikrotik, maka untuk melakukan management bandwidth warnet kita membutuhkan Software / Aplikasi Pembagi Bandwidth Alternatif Mikrotik.

Demikian artikel tentang cara Setting Jaringan Warnet Tanpa Mikrotik, jika ada yang kurang jelas, silahkan tinggalkan komentar.

Comments


EmoticonEmoticon