UBNT Discovery - Cara Mudah Management Device Ubiquiti

Cara Mudah Monitoring Perangkat UBIQUITI Menggunakan Ubiquiti Device Discovery Tool. UBNT Discovery adalah sebuah software aplikasi yang berfungsi untuk menampilkan device perangkat Ubiquiti yang masih dalam satu jaringan, misalnya Access Point, IP Camera, dalain sebagainya.

Dengan menggunakan Ubiquiti Device Discovery Tool maka akan meberikan kemudahan administrator jaringan untuk melakukan management perangkat produk Ubiquiti, mengingat aplikasi Ubiquiti ini dapat menampilan keterangan device secara detail, mulai dari IP Address, MAC Address, Device Name, dan menampilkan versi Firmware yang digunakan perangkat.


Ada tiga (3) cara yang dapat anda pilih untuk dapat menggunakan aplikasi Ubiquiti Device Discovery Tool, yaitu.
  • Menjalankan aplikasi / software Ubiquiti Device Discovery Tool pada Laptop / Komputer PC.
  • Memasang Ubiquiti Device Discovery Tool pada browser Google Chrome.
  • Install aplikasi Ubiquiti Device Discovery Tool di Smartphone / HP Android. 

Cara Menggunakan Aplikasi Ubiquiti Device Discovery Tool di Komputer PC / Laptop.
Untuk dapat menggunakan Ubiquiti Device Discovery Tool di Laptop / komputer PC, maka terlebih dahulu silahkan install software JAVA, selanjutnya jalankan aplikasi Ubiquiti Device Discovery Tool, mengingat aplikasi ini adalah aplikasi portable, maka untuk cara menggunakan Ubiquiti Device Discovery Tool tidak perlu di install pada laptop / komputer PC.
Setelah kita berhasil menginstall Software JAVA, selanjutnya jalankan Ubiquiti Device Discovery Tool, maka secara otomatis akan muncul daftar perangkat Ubiquiti yang sedang aktif, atau jika perangkat ubiquiti tidak muncul, Anda bisa menggunakan tombol Scan untuk mencari semua perangkat Ubiquiti yang aktif, dan untuk contoh tampilannya adalah sebagai berikut:


Pada tampilan gambar diatas terlihat ada 6 (enam) Device Ubiquiti yang sedang Active serta lengkap dengan keterangannya, seperti.
  • Nama Produk.
  • IP Address.
  • MAC Address.
  • Nama Perangkat.
  • Versi Firmware yang digunakan perangkat.

Aplikasi UBNT Discovery hanya menampilkan daftar perangkat yang aktif, sedangkan jika ada perangkat yang tidak terdeteksi, maka di pastikan perangkat tersebut mengalami kendala, sehingga dengan menggunakan aplikasi ubiquiti akan memberikan kemudahan bagi admin jaringan untuk mengetahui jika ada perangkat Ubiquiti yang bermasalah.

Selain itu, dengan menggunakan Ubiquiti Device Discovery, maka kita juga akan lebih mudah dalam melakukan setting perangkat, karena untuk login ke perangkat kita tidak perlu repot untuk menghafal IP Address yang di gunakan perangkat Ubiquiti, karena kita bisa langsung pilih IP Address perangkat yang ingin kita setting lalu klik Web UI, selanjutnya secara otomatis akan muncul tampilan login device Ubiquiti seperti dibawah ini.


Cara Menambahkan Ubiquiti Device Discovery Tool di Google Chrome.
Untuk menggunakan Ubiquiti Device Discovery Tool melaui Google Chrome, maka terlebih dahulu Anda harus memasang Ubiquiti Device Discovery Tool pada peramban Google Chrome, dan untuk caranya adalah sebagai berikut:
1. Buka Google Chrome, kemudian kunjungi situs resmi Ubiquiti.
2. Kemudian pilih software Ubiquiti Device Discovery Tool, lalu klik Download.


3. selanjutnya klik Add to Chrome.


4. Selanjutnta muncul notifikasi untuk melakukan penambahan Aplikasi, lalu klik Add App.


5. Berikutnya tunggu hingga proses instalasi aplikasi selesai.

Demikian yang bisa saya sampaikan mengenai artikel tentang cara mudah melakukan management perangkat UBNT menggunakan Ubiquiti Device Discovery Tool.
Comments


EmoticonEmoticon