Perbedaan Software Dan Aplikasi

Perbedaan Aplikasi Dan Software. Secara sederhana perbedaan aplikasi dan software adalah aplikasi merupakan bagian dari software sehingga semua perangkat lunak bisa di sebut software sedangkan sebuah aplikasi belum tentu dapat dikatakan sebagai software atau dengan kata lain aplikasi dan software adalah sebuah perangkat lunak yang sepertinya sama namun ternyata berbeda.

Selama ini tentu tidak sedikit pengguna teknologi komputer maupun teknologi seluler yang masih sering salah dalam membedakan antara aplikasi dan software sehingga aplikasi dan software seolah-olah memiliki pengertian yang sama atau hanya berbeda dalam menyebutkannya.

Bahkan ada juga anggapan bahwa aplikasi adalah sebuah perangkat lunak atau Apps yang ditujukan untuk perangkat android , misal smartphone, tablet, iphone, ipad, ataupun device portable yang lainnya, sedangkan software adalah perangkat lunak yang di khususkan untuk komputer atau laptop, pemahaman seperti itu memang tidak semuanya salah, hanya saja kurang tepat.

Untuk itu dalam share artikel kali ini saya akan sedikit membahas tentang perbedaan yang mendasar antara aplikasi dan software komputer agar kita tidak lagi salah dalam menyebutkan atau menamakan sebuah program komputer ataupun program aplikasi smartphone android.


Artikel Terkait.

Karena bagaimanapun juga tidak bisa di pungkiri, bahwa selama ini masih banyak sekali pengguna komputer maupun perangkat seluler yang tidak tahu apa itu software dan aplikasi dalam arti yang sebenarnya.

Pengertian Aplikasi dan Software.
Pengertian Software.
Software adalah perangkat lunak yang bekerja pada suatu sistem untuk mengolah berbagai data dalam bentuk digital yang kemudian memprosesnya sebelum di kirimkan ke perangkat yang lain.

Software juga mengacu pada suatu program atau berbagai data yang tersimpan di komputer ataupun handphone sehingga software dapat di definisikan sebagai seperangkat program, prosedur dan algoritma yang penggunaannya berkaitan erat dengan sistem pengolahan data.

Selain itu, Software juga dapat menciptakan sebuah GUI (Graphic User Interface) atau tampilan antar muka dimana pengguna dapat berinteraksi dengan hardware atau perangkat keras komputer ataupun handphone serta berbagai macam aplikasi lain di dalamnya, dan software di kelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu.
  • Perangkat lunak tertulis.
  • Perangkat lunak suatu aplikasi.
  • Perangkat lunak ber-platform.

Software berfungsi untuk mengolah suatu perintah yang dikehendaki oleh penggunanya yang bersifat menyeluruh dalam suatu sistem komputer, dan contoh perankat lunak atau software ber-platform adalah OS (Operating System), misal.
  • Windows.
  • Linux.
  • MAC OS.

Jadi bisa dikatakan, Software merupakan sebuah program yang wajib di miliki dalam sebuah komputer ataupun sebuah perangkat, karena tanpa adanya software maka seluruh sistem tidak akan berfungsi.

Secara umum, software memiliki ukuran file yang sangat besar, mulai ratusan MB (MegaByte) bahkan hingga sampai beberapa GB (GigaByte) dan untuk proses installasinya membutuhkan waktu yang lumayan lama serta sedikit ribet, sedangkan untuk harganya, software dijual relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan aplikasi.

Pengertian Aplikasi.
Aplikasi adalah perangkat lunak bagian dari software atau sekarang juga biasa dikenal sebagai Apps sehingga untuk dapat menggunakan aplikasi kita membutuhkan bantuan software atau lebih sederhananya untuk dapat menggunakan aplikasi kita memerlukan software yang kemudian aplikasi tersebut di pasang pada software yang selanjutnya baru bisa digunakan.

Aplikasi dirancang lebih spesifik dan berinteraksi langsung dengan suatu pekerjaan penggunanya, serta aplikasi bisa hanya diciptakan secara khusus untuk sistem operasi tertentu maupun untuk bebebrapa sistem operasi / lintas platform atau biasa disebut dengan Cross-Platform.

Aplikasi sendiri berfungsi untuk membantu dalam memberikan kemudahan pengguna untuk melakukan berbagai tugas di komputer sesuai yang dibutuhkan atau keperluan penggunanya.

Aplikasi memiliki ukuran file yang relatif lebih kecil, sedangkan untuk proses installasinya membutuhkan waktu yang lebih singkat dan cepat, serta aplikasi memiliki harga yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan software, bahkan untuk saat ini tidak sedikit aplikasi diberikan secara gratis.

Contoh Aplikasi Komputer / Laptop.
  • Micosoft Office di gunakan untuk membantu aktivitas perkantoran.
  • CorelDRAW, Adobe Photoshop, Adobe Illustrator dan lain sebagainya diperlukan bagi kalangan desain grafis.
  • Dan lain sebagainya.

Contoh Aplikasi Handphone / Android.
  • What Apps digunakan untuk memudahkan pengguna dalam berinteraksi dengan orang lain secara online (media sosial).
  • Smule berfungsi memungkinkan pengguna untuk dapat membuat rekaman audio video atapun bernyanyi duet dengan orang lain secara langsung.
  • Dan lain sebagainya.

Dari apa yang saya bahas diatas tentang perbedaan aplikasi dan software bisa di simpulkan, bahwa.
  • Software harus atau wajib terinstall pada sebuah komputer / handphone agar semua perangkat dapat digunakan termasuk aplikasi.
  • Software dapat bekerja tanpa adanya aplikasi.
  • Untuk menjalakan aplikasi membutuhkan sebuah software.
  • Aplikasi tidak diwajibkan ada dalam sebuah komputer ataupun smartphone mengingat fungsinya hanya untuk membantu suatu pekerjaan saja dan tergantung dari kebutuhan penggunanya.
  • Semua perangkat lunak, baik aplikasi ataupun sejenisnya bisa di sebut Software, sedangkan aplikasi belum tentu bisa dikatakan sebagai software.

Demikian yang bisa sampaikan mengenai perbedaan aplikasi dan software, mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi yang membutuhkannya.
Comments


EmoticonEmoticon