Perbedaan CIR dan MIR Bandwidth Internet

Pengertian CIR dan MIR Bandwidth Internat dan Penerapan Pada RouterOS Mikrotik. Masalah penjelasan CIR dan MIR mungkin jarang kita dengar, bahkan bagi pengguna internet sekalipun, karena istilah CIR dan MIR memang hanya orang tertentu yang mengetahuinya, misal seorang network administrator, dan biasanya hanya kita tahu jika kita hendak berlangganan internet dari ISP (Internet Service Provider).

Umumnya dari pihak ISP (Internet Service Provider) akan memberikan informasi perihal paket bandwidth yang akan didapatkan oleh pelanggan, besaran bandwidth itu meliputi CIR dan MIR, kalau Anda kebetulan adalah seorang network engineer pasti sudah familiar dengan istilah CIR dan MIR, lalu sebenarnya apakah arti dari CIR dan MIR itu, dan apa hubungannya dengan pembagian bandwidth internet serta implementasinya pada router OS mikrotik yang berguna untuk keperluan management bandwidth.

Pengertian CIR - Committed Information Rate.
CIR singkatan dari Committed Information Rate adalah batas minimum kecepatan bandwidth yang akan Anda dapatkan ketika jaringan dalam kondisi sibuk atau apabila dalam jaringan sedang terjadi peningkatan traffic internet / full traffic, maka kita akan tetap mendapatkan jaminan kecepatan sebesar yang sudah ditentukan dalam nilai CIR.

Misalkan Anda berlangganan internet ke provider dengan bandwidth up to 2 Mbps dengan CIR sebesar 512 Kbps, artinya adalah jika dalam kondisi jaringan provider internet sangat sibuk, maka Anda akan tetap mendapatkan jaminan kecepatan minimum banwidth internet sebesar 512 Kbps, karena CIR merupakan batas minimum kecepatan bandwidth yang di dapatkan.

Pengertian MIR - Maximum Information Rate.
MIR singaktan dari Maximum Information Rate adalah batas maximum kecepatan bandwidth yang akan Anda dapatkan ketika jaringan internet dari provider dalam kondisi sangat stabil atau jaringan internet sedang tidak sibuk.

Misalkan, Anda berlangganan internet dengan kecepatan up to 2 Mbps, maka artinya adalah apabila jaringan di provider internet sedang kosong atau jaringan dalam kondisi terbaik, maka Anda akan mendapatkan kecepatan maksimal mendekati nilai MIR yaitu sebesar 2 Mbps.

Implementasi CIR dan MIR pada RouterOS Mikrotik.
Dalam hal management bandwidth RouterOS Mikrotik sendiri secara default sudah memiliki fitur untuk menentukan CIR dan MIR. Kalau Anda ingin menerapkan nilai CIR dan MIR, Anda bisa menggunakan fitur Limit At untuk menentukan nilai CIR, sedangkan untuk menentukan nilai MIR bisa menggunakan Max Limit

Cara Mengatur Nilai CIR Bandwidth di Mikrotik.
Pada contoh dibawah ini saya akan menentukan nilai CIR sebesar 512 Kbps yang artinya adalah nilai 512 Kbps ini yang akan menjadi jaminan minimum kecepatan internet yang akan Anda dapatkan, dan untuk caranya adalah sebagai berikut.
  1. Buka Winbox.
  2. Kemudian silahkan klik menu Queues.
  3. Selanjutnya klik Simple Queue.
  4. Berikut klik menu Advanced.
  5. Pada parameter Limit At, silahkan masukkan nilai CIR, misalnya 512 Kbps atau sesuai keinginan Anda.


Cara Mengatur Nilai MIR Bandwidth di Mikrotik.
Untuk menentukan nilai MIR, silahkan isi dengan nilai MIR atau nilai kecepatan maximum bandwidth internet yang akan Anda miliki, mengingat nilai ini merupakan kecepatan internat yang bisa Anda dapatkan saat jaringan internet sedang tidak sibuk, dan untuk caranya adalah sebagai berikut.
  1. Buka Winbox.
  2. Kemudian silahkan klik menu Queues.
  3. Selanjutnya klik Simple Queue.
  4. Berikut klik menu General.
  5. Pada parameter Max Limit, silahkan masukkan nilai MIR atau nilai maximum kecepatan bandwidth internet yang Anda miliki.


Dengan mengetahui pengertian CIR dan MIR Bandwidth Internet, maka pemahaman ini tentu akan sangat membantu dalam melakukan management bandwidth internet, terlebih jika Anda berprofesi sebagai network administrator sehingga dapat digunakan sebagai solusi untuk mengatur kecepatan internet pada user agar koneksi internet tetap stabil .

Demikian yang bisa saya sampaikan mengenai artikel tentang Perbedaan CIR dengan MIR Bandwidth Internet.
Comments


EmoticonEmoticon