Cara Reset Printer Epson L3110, L3100, L3001, L3150

Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Blinking Errorr Kedip-kedip Menggunakan Epson Resetter Adjust Program. Printer L3110 adalah salah satu printer Epson All In One yang sudah mengkombinasikan Fungsi Print, Scanner, dan Photo Copy yang merupakan printer terbaru yang di produksi oleh perusahaan Epson dan sangat banyak digunakan untuk saat ini.

Permasalahan error kedip kedip pada lampu indikator power, lampu indikator tinta, lampu indikator kertas juga sering di alami oleh printer Epson seri L3001, L3100, dan L3150, terkadang juga printer epson sering mengalami kerukasan tidak mau mencetak dokumen. Dalam hal ini biasanya ditandai oleh adanya lampu indikator power, tinta, kertas berkedip-kedip secara bergantian atau bersamaan.

Saat printer mengalami masalah error, biasanya di ikuti dengan munculnya dialog pemberitahuan pada layar komputer yang bertuliskan Ink waste is full, service required, atau Ink pad is at the end of its service live.

Solusi yang bisa di gunakan untuk mengatasi printer Blinking / lampu power dan lampu indikator tinta, lampu indikator kertas berkedip-kedip antara lain:
  1. Periksa beberapa bagian printer yang bisa jadi menjadi pemicu utama terjadinya lampu power berkedip secara bersamaan.
  2. Melakukan reset manual (tanpa aplikasi).
  3. Melakukan reset Epson L3100, L3001, L3110, L3150 secara otomatis menggunakan resetter adjustment program.

Komponen Penyebab Error Epson L3100, L3001, L3110, L3150, antara lain:
  1. Cartridge - cartridge merupakan bagian yang sangat penting pada printer sehingga paling sering menyebabkan lampu indikator tinta dan kertas berkedip bergantian. Untuk mengatasinya, silahkan bersihkan cartridge dengan cara menyedot sisa tinta yang terdapat di dalamnya.
  2. Nozzle Cartridge - bersihkan nozle cartridge dengan cairan head cleaner.
  3. Roller - roller meruapakan tempat keluarnya kertas, pastikan bagian ini dalam keadaan tidak macet dan bersihkan bila terdapat sobekan kertas yang terjepit didalamnya.
  4. Tabung Pengisian Tinta - periksa tinta printer dan pastikan janfgan sampai kehabisan tinta, selain itu cek juga selang tinta jangan sampai terjepit atau macet.
  5. Tabung Pembuangan Tinta - Salah satu penyebab lain mengapa printer tidak bisa mencetak adalah tabung pembuangan tinta sudah penuh.

Jika semua pemeriksaan sudah dilakukan, akan tetapi printer masih Error dan lampu indikator masih tetap berkedip, sebaiknya lakukan reset. Baik itu reset manual maupun secara otomatis menggunakan Adjustprog Epson L3100, L3001, L3110, L3150.

Tujuan Utama Reset Printer adalah untuk mengembalikan konfigurasi printer ke posisi default atau kembali ke setingan pabrik sehingga semua data penggunaan printer yang tersimpan di dalam chip printer akan di hapus, misalnya mereset jumlah maksimum kertas yang telah di print, menormalkan ink pad dan setingan yang lainnya.

Cara Reset Manual Epson L3100, L3001, L3110, L3150.
Reset manual Epson L3000 series merupakan salah satu solusi terbaik untuk menormalkan kembali fungsi printer. Dalam hal ini hanya perlu melakukan beberapa trik khusus dan tidak membutuhkan bantuan software apapun. Nah untuk melakukan reset manual, berikut langkah-langkahnya.
  1. Lepas atau cabut kabel daya selama 3 hingga 5 menit.
  2. Setalah itu colok lalu nyalakan printer seperti biasanya dengan menekan tombol Power.
  3. Bila telah menyala sempurna, silahkan tekan dan tahan tombol Resume (logo tinta) selama 5 detik, kemudian lepaskan.
  4. Tekan dan tahan lagi tombol Resume selama 3 detik, setelah itu lepaskan.
  5. Tunggu sampai proses reset printer selesai dilakukan.
  6. Bila berhasil, maka lampu indikator akan berhenti berkedip.
  7. Untuk memastikannya, silahkan cetak satu atau dua dokumen.
  8. Selesai.

Cara Reset Otomatis Epson L3110, L3100, L3150, L3001.
Bila reset manual tersebut di atas masih belum bisa mengatasi error, sebaiknya lakukan reset otomatis menggunakan aplikasi software Resetter Adjustment Program Epson L3000 series. Untuk itu terlebih dahulu silahkan Download Resetter Ajustment Program Epson Windows 7, 8, 8.1, 10 32bit / 64bit.

Cara Menggunakan Resetter Ajustment Program.
Perlu di pahami, sebelum menggunakan aplikasi Adjustment Program Reset Printer Epson otomatis, terlebih dahulu anda harus memasukkan data Hardware ID Printer ke dalam aplikasi, mengingat walaupun printer memiliki merk dan type yang sama akan tetapi data Hardware ID Printer selalu berbeda.

Cara Konfigurasi data ID Printer ke dalam Software Reset Printer Epson.
1. Jalankan software AdjProg.


2. Selanjutnya secara otomatis aplikasi error dan menampilkan data Hardware ID Printer Epson yang akan di reset, silahkan copy Hardware ID Printer.


3. Kemudian buka aplikasi WLGen untuk membuat Key Hardware ID Printer.


4. Setelah aplikasi terbuka, silahkan klik License Manager.


5. Lalu klik Add License.


6. Tahap berikutnya adalah langkah untuk membuat Nama Folder untuk menyimpan data Registrasi Harware ID Printer Epson, untuk caranya adalah sebagai berikut.
  1. Pada kolom Customer, silahkan isi dengan Nama Anda (bebas).
  2. Pada kolom Company, silahkan isi dengan Nama Perusahaan (bebas).
  3. Pada kolom Hardware ID, silahkan isi dengan Hardware ID Printer Epson.
  4. Jika semuanya sudah benar, lalu klik Save.

7. Selanjutnya klik Create License Key .


8. Lalu klik OK.


9. Jika pembuatan Key berhasil, maka secara otomatis akan muncul Nama Folder sesuai dengan apa yang telah kita buat pada nama Customer dan Company, misal pada contoh dibawah ini Folder Mas-Sun.


10. Silahkan Copy semua Isi Folder Mas-Sun, lalu Paste ke dalam Folder aplikasi Adjustment Program.



11. Selesai.

Setelah data License Hardware ID PrinterEpson berhasil di buat, maka kita baru bisa melakukan Reset Printer Epson L3110.

Cara Reset Printer Epson L3110.
1. Jalankan aplikasi AjdProg, jika registrasi berhasil maka akan muncul notifikasi seperti dibawah ini, silahkan klik OK.


2. Selanjutnya klik Select.


3. Pilih seri printer di bagian Model Name dan Port, atau biarkan saja Autoselection, lalu klik OK.


4. Selanjutnya klik Particular Adjustment Mode.


5. Di jendela berikutnya, klik Waste ink pad counter, kemudian klik OK.


6. Centang pada Main pad counter dan Platen pad counter, lalu itu klik Check.


7. Centang pada Main pad counter dan Platen pad counter, lalu itu klik Initialize untuk memulai proses reset. Tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai.


8. Kemudian klik OK.


9. Bila sudah klik OK, pada layar komputer akan menampilkan kotak dialog Please Turn OFF your printer. Silahkan matikan printer Epson L3100, L3001, L3110, L3150 Anda.


10. Lalu klik OK, pada layar komputer akan menampilkan kotak dialog Please Turn On your printer. Silahkan nyalakan kembali printer Epson L3100, L3001, L3110, L3150 Anda.


11. Bila lampu indikator sudah tidak berkedip, berarti printer telah berhasil direset dan siap untuk digunakan kembali. Selesai.

Solusi Gagal Reset Epson L3150, L3110, L3100, L3001.
Setelah melakukan tahap pemeriksaan komponen printer hingga reset namun lampu power dan kertas berkedip bersamaan, cobalah lakukan tips berikut ini.
  1. Bersihkan ulang cartridge.
  2. Pastikan posisi cartridge warna dan hitam tidak tertukar.
  3. Sedot sisa tinta di dalam tabung pembuangan.
  4. Cabut kabel daya selama kurang lebih 3 menit sebelum melakukan reset.
  5. Pastikan kembali roller printer jangan sampai masih ada benda asing atau sisa kertas di dalamnya.

Demikian yang bisa saya sampaikan mengenai artikel tentang Bagaimana Cara Reset Printer Epson L3110, L3100, L3001, L3150 menggunakan Resetter Epson Adjustment Progam.
Comments


EmoticonEmoticon