Selfish NET - Membatasi Bandwidth Wifi & LAN

Cara Membatasi Kecepatan Download dan Upload Internet. Masih seputar dengan membagi bandwidth internet untuk mengatur kecepatan download dan upload Internet yang mana masalah lambatnya kecepatan internet pada sebuah jaringan komputer sudah sangat umum terjadi pada jaringan komputer warnet, game center, wifi, atau jaringan komputer lainnya yang bersatus melakukan sharing koneksi internet.

Dalam hal ini tentunya sebuah managemen Bandwidth sangat diperlukan untuk mengatur kecepatan akses internet pada setiap komputer supaya penerimaan bandwidth bisa merata sehingga tercipta koneksi internet yang lancar dan stabil, pada kesempatan kali ini saya akan share sebuah software yang berfungsi untuk membagi bandwidth internet yaitu Selfish NET.

Selfish NET merupakan software pembagi bandwidth seperti halnya P2POver, NetLimiter, dan SoftPerfect Bandwidth Manager yang pernah saya share pada artikel yang lalu,dan untuk menggunakan selfishnet, caranya cukup mudah, yaitu jika di gunakan dalam sebuah warnet ataupun layanan hotspot free wifi, anda hanya perlu menginstal pada komputer yang akan di jadikan sebagai biling saja.

Baca juga.

Kelemahan / Kekurangan Selfish NET.
  • Pembatasan bandwidth harus dilakukan secara manual.

Kelebihan / Keunggulan SElfish NET.
  • Gratis.
  • Kecil dan ringan.
  • Hanya di install pada satu komputer saja.
  • Dapat digunakan untuk membatasi bandwidth wifi dan internet berasis kabel LAN (warnet game online).
  • Portable, artinya untuk menjalakan aplikasi selfish net tidak perlu di install pada komputer, cukup copy paste lalu jalankan saja.

Cara Setting / Menggunakan Selfish NET.

1. Download Selfish NET dan Win Cap.

2. Kemudian install wincap.

3. Lalu jalankan Selfish NET, dan untuk pertama kali menjalankan Selfishnet, maka secara otomatis akan muncul notifikasi untuk memilih adapter LAN Card / WLAN yang digunakan, silahkan klik OK.


4. Selanjunya, klik Scan (gambar bola dunia pojok kiri atas) agar semua perangkat yang terhubung dengan jaringan lokal internet anda terdetekis, baik menggunakan kabel LAN ataupun Wireless.


5. Kemudian, silahkan atur pembatasan bandwidth download dan upload, sesuai bandwidth internet yang anda miliki, pada contoh kali ini saya memberikan batasan bandwidth sebagai berikut.
  1. Download = 100 KB/s.
  2. Upload = 250 KB/s.
  3. Selanjutnya, agar aplikasi selfish net dapat bekerja / Aktif, silahkan klik Start (gambar petir).


6. Selesai

Demikian tutorial tentang bagaimana cara mengatur bandwidth wifi dan LAN menggunakan Selfish NET.

2 comments

  1. Bila komputer mati apakah masih bisa membatasi kecepatan internet?

    ReplyDelete
  2. Tidak bisa gan, untuk dapat membatasi bandwidth komputer harus tetap aktif / standby.

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon