Cara Sharing File Folder Windows 7 / 8 / 10 / Vista

Cara Sharing File Windows 7 / Vista / 8 / 10. Mungkin bagi kalangan yang masih awam dengan komputer atau bagi mereka yang baru migrasi dari Windows XP ke versi Windows yang lebih baru akan sedikit kesulitan ketika akan melakukan sharing file folder drive dan perangkat keras pada jaringan komputer Windows.

Hal ini wajar saja, mengingat keamanan yang terdapat pada Windows 7 dan Windows versi lebih baru seperti Windows 8.0, Windows 8.1, dan Windows 10 jauh lebih baik jika dibandingkan dengan keamanan yang ada pada Windows XP ataupun Windows Vista.

Sehingga setiap aktivitas akan mendapatkan keamanan yang lebih maksimal dan kita bisa mengatur segala sesuatu lebih spesifik, tidak terkecuali ketika kita akan melakukan sharing file, folder, drive, dan hardware seperti printer, scanner, dan perangkat keras yang lainnya.

Pembahasan artikel kali ini saya akan mencoba mengulas tentang bagaimana cara sharing file, Data, folder, drive, dana sharing harware pada jaringan komputer Windows 7.

Perbedaan Sharing Drive dan Sharing File Folder / Data.
  • Sharing Drive : Dengan melakukan sharing drive pada sebuah jaringan komputer, misal drive D atau hardisk pasrtisi D, maka secara otomatis semua file, folder, data yang ada di drive D tersebut akan terbaca dan dapat digunakan oleh semua user yang terkoneksi dalam jaringan komputer.
  • Sharing File Folder / Data : Jika anda melakukan sharing data pada sebuah file atau folder tertentu, maka hanya file folder tersebut yang bisa diakses dan digunakan oleh user komputer lain pada jaringan atau dengan kata lain 

Artikel Terkait.

Sekedar mengingatkan saja, sebelum melakukan sharing file, data, folder, drive, ataupun perangkat keras seperti printer, scanner dan hardware lainnya terlebih dahulu anda harus melakukan sinkronisasi jaringan.

Hal ini wajib dilakukan ketika pertama kali akan melakukan sharing file folder pada jaringan komputer agar untuk mengakses data / file yang di sharing tidak mengalami masalah.

Artikel Terkait.

Misal, ketika kita akan membuka data pada komputer lain dalam jaringan di minta untuk memasukkan password, sedangkan komputer yang dimaksud tidak memakai password.

Masalah tersebut memang sepele, namun cukup membingungkan terlebih bagi orang yang baru mendalami konfigurasi jaringan komputer, dan tentunya masalah tidak bisa membuka file / folder pada jaringan komputer pasti sering kali terjadi

Cara Sinkronisasi Jaringan Komputer Windows 7 / 8 / 10 / Vista.

1. Klik drive yang ingin di sharing, misal pada contoh dibawah ini saya kan melakukan sharing drive D, silahkan klik kanan pada drive D, lalu pilih Share with, lalu klik Advanced Sharing.


2. Lalu pilih tab Sharing, kemudian klik Advanced Sharing.


3. Selanjutnya klik Permissions.


4. Pada tampilan dialog berikutnya silahkan klik Everyone, lalu beri Check List pada Full Control, Change, Read, lalu klik OK.


5. Tahap berikutnya kembali ke menu awal jendela properties, klik tab Security, alalu pilih Edit


6. Lalu klik Authenticated Users, kemudian klik Add.


7. Selanjutnya klik Advanced.


8. Kemudian klik Find Now, dan pilih Everyone.


9. Pada tampilan berikutnya pastikan bahwa nama / object file sudah muncul, lalu klik OK.


10. Tahap selanjutnya klik Everyone, lalu beri tanda check list pada permission sesuai keinginan anda, kemudian klik Apply.


11. Selanjutnya secara otomatis akan muncul tampilan proses sharing semua file yang ada di drive D, tunggu hingga selesai.


12. Lalu yang terakhir klik OK.


13. Selesai.

Selanjutnya setelah berhasil melakukan sinkronisasi jaringan windows 7, maka secara otomatis anda akan lebih mudah cepat saat melakukan sharing file ataupun perangkat keras.

Cara Sharing Folder / File Windows 7.

1. Klik kanan file / folder yang akan di sharing, lalu pilih Share with, kemudian klik Specific people.


2. Selanjutnya pilih Everyone, lalu klik Share.


3. Tahap berikutnya klik Done.


Penting.
Jika sharing file folder tertentu tidak berhasil, maka anda harus melakukan setingan yang dimulai dari cara nomor 5 hingga nomor 10 seperti melakukan sharing drive.

4. Selesai.

2 comments

  1. Tombol Add yg di gambar 6 tidak mkuncul, bagai mana mengatasinya admin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang tau gan, mungkin beda Widows, karena saya sudah tes dan bekerja dengan baik pada sistem operasi Windows 7 Professional dan Ultimate, Windows 8 Professional, dan Windows 10 Professional

      Delete


EmoticonEmoticon