Cara Tes Kecepatan DNS Server

Cara Mengetahui Kecepatan DNS Indihome Speedy. Selama ini banyak sekali dari kalangan pengguna internet yang menganggap, bahwa hanya dengan mengganti DNS yang katanya memiliki tingat kecepatan yang sangat tinggi dan stabil, maka dapat meningkatkan kecepatan internet yang kita miliki.

Bahkan tidak jarang bagi mereka yang hanya memiliki bandwidth dalam jumlah kecil namun menginginkan internet yang super cepat dengan cara melakukan perubahan DNS ataupun gonta-ganti DNS yang dianggap sebagai DNS tercepat di dunia dengan harapan supaya mampu memberikan pengaruh terhadap kecepatan akses internet yang di miliki secara drastis.

Hal tersebut tidak terlepas dengan rumor yang akhir-akhir ini menjamur di internet, yang mana banyak pihak yang mengklaim bahwa dengan menggunakan DNS tertentu dapat meningkatkan stabilitas dan kecepatan internet secara signifikan.

Namun yang menjadi pertanyaannya adalah apakah hanya dengan mengganti DNS yang katanya tercepat di dunia, lantas serta merta kecepatan internet yang kita miliki langsung berubah secara drastis.

Sebagai orang yang bijak, tentu saja kita tidak akan langsung percaya begitu saja dengan adanya kabar yang belum tentu kebenarannya, sehingga untuk menjawab hal tersebut tidak ada salahnya jika kita melakukan pengecekan kecepatan DNS yang katanya paling cepat dan stabil.

Harapan saya adalah, setelah melakukan tes kecepatan DNS, tentu anda dapat menyimpulkan sendiri dalam menentukan dan memilih DNS yang benar-benar mampu memberikan stabilitas dan kecepatan internet yang maksimal.

Banyak sekali Domain Name System atau DNS Server gratis dan berbayar yang beredar di internet yang bisa anda gunakan sebagai bahan uji coba Tes Kecepatan DNS.

Share artikel ini, saya akan memberikan tutorial tentang bagaimana cara tes kecepatan DNS, supaya kita bisa melihat fakta tentang pengaruh DNS Server terhadap kecepatan dan stabilitas internet.

Kerena menurut pemahaman saya pribadi, bahwa secara logika dalam dunia bisnis tidak ada istilah yang namanya Gratis atau dengan kata lain, besarnya biaya yang kita keluarkan akan mempengaruhi seberaba besar fasilitas yang akan kita dapatkan.

Begitu juga dalam menyingkapi permasalahan tentang penggunaan DNS tertentu yang di klaim memiliki kecepatan tingkat tinggi, karena bagaimanapun juga setiap provider tentu saja sudah memberikan DNS yang terbaik untuk pelanggannya.

Jadi saran saya, jika ingin memiliki akses internet yang cepat dan stabil lebih baik memilih provider yang benar-benar dapat mememberikan pelayanan yang terbaik, dan tidak ada salahnya untuk menambah bandwidth.

Karena sesuai pengalaman bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi kecepatan internet adalah tergantung dari besar kecilnya bandwidth yang kita terima, sedangkan untuk trik ataupun tips tentang cara meningkatkan kecepatan internet hanyalah sebuah alternatif yang belum tentu hasilnya.

Dan untuk menanmbah wawasan tentang hal apa saja yang mempengaruhi kecepatan internet, silahkan membaca beberapa artikel yang sudah saya siapkan dibawah ini.

Cara Cek Kecepatan DNS.
Sebelum anda melakukan tes kecepatan DNS, silahkan untuk menghentikan semua aktivitas internet, hal ini dimaksudkan agar anda mendapatkan kecepatan DNS yang akurat.

Untuk cara cek kecepatan DNS kali ini saya akan membandingkan antara DNS IndiHome Speedy Surabaya, Jakarta, dan Open DNS raksasa internet Google.

1. Klik Start - Run.
2. Kemudian ketikan perintah dengan format " ping spasi DNS yang ingin di tes " misal, ingin mengetahui kecepatan DNS IndiHome Speedy Jawa Timur, silahkan ketik ping 202.134.1.10 -t, lalu klik OK / Enter.


Keterangan.
  • 202.134.1.10 adalah DNS Speedy Indihome Wilayah Jawa Timur Surabaya.
  • -t adalah perintah yang berkelanjutan sehingga komputer / laptop akan melakukan Ping DNS secara terus menerus.
3. Selanjutnya akan muncul hasil kecepatan DNS seperti yang tampil di bawah ini.

Hasil Tes / Cek Kecepatan DNS Indihome Speedy Surabaya Jawa Timur.


Hasil Cek / Tes Kecepatan DNS Google.


Hasil Cek / Tes Kecepatan DNS Indihome Speedy Jakarta.


Cara diatas selain dapat digunakan untuk mengetahui kecepatan DNS, juga bisa di manfaatkan untuk mencegah agar internet tidak disconnect / putus atau DC, terutama sangat berguna pada warnet yang menyediakan game online, dengan catatan ping DNS jangan ditutup / close selama internet sedang terhubung.

Artikel Terlait.

Cara Membaca Ping DNS.
Perhatikan angka yang muncul pada time, semakin kecil nilainya maka semakin cepat koneksi internetnya, dan untuk melihat stabil atau tidaknya koneksi internet yang anda dapatkan, silahkan perhatikan apakah ada pesan RTO (Request Time Out), jika sering muncul berarti koneksi tidak stabil.

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan tentang bagaimana cara melihat kecepatan DNS, dan untuk hasilnya tentu saja pembaca bisa menilainya sendiri atau bisa mencoba melakukan pengecekan langsung dari komputer / laptop sehingga anda dapat menyimpulkan mana yang layak di sebut sebagai DNS Tercepat dan Paling Stabil.

Comments


EmoticonEmoticon