Cara Mengetahui Kualitas Jaringan Speedy IndiHome

Cara Melihat Kualitas Jaringan Internet IndiHome Speedy. Telkom Speedy merupakan penyedia layanan internet berbasis teknologi ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line) yang memiliki jumlah pelanggan terbesar di Indonsia.

Banyaknya pelanggan Speedy yang begitu besar ini tidak terlepas dari pelayanan yang baik telkom speedy indihome terhadap para pelanggannya serta tarif yang ditawarkan relatif lebih murah jika di bandingkan dengan harga yang di bandrol oleh ISP (Internet Service Provider) yang lain.

Untuk mendaftar Speedy Indihome syaratnya pun cukup mudah, yaitu lokasi anda harus sudah terjangkau line telepon rumah, kemudian apakah jaringan kabel telepon anda sudah mendukung teknologi ADSL, tetapi sepertinya hampir semua infrastruktur kabel telepon telkom saat ini sudah mendukung layanan Speedy Indihome

Selain itu dengan menggunakan Modem Speedy IndiHome atau yang lebih dikenal Modem Bundling Speedy yang merupakan Modem Gratis dari Telkom memungkinkan kita untuk menggunakan layanan @wifi.id.

Bahkan baru-baru ini di awal tahun 2015 PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk kembali memperkenalkan produk terbarunya yaitu layanan IndiHome yang merupakan layanan peningkatan kualitas dan jaminan kepuasan pelanggan serta penambahan fitur baru yang tidak ada pada Brand Speedy, lantas apa Perbedaan IndiHome dengan Speedy.

Artikel Terkait.

Dengan pesatnya revolusi digital yang di kembangkan oleh PT. TELKOM serta jaminan kenyamanan akses internet yang semakin cepat dan stabil secara otomatis jumlah pelanggan juga meningkat tajam yang tentunya secara teknis bisa saja menyebabkan berbagai masalah yang timbul seperti yang paling umum di alami pelanggan adalah tiba-tiba koneksi lambat.

Karena terkadang Bandwidth yang kita dapat tidak sesuai dengan besarnya paket data yang kita ambil, untuk itu sebelum anda memutuskan komplain ke pihak telkom, sebaiknya Kenali  Kualitas Jaringan IndiHome Speedy Anda, atau yang paling gampang adalah dengan Cara Tes Kecepatan Internet.

Artikel Terkait.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengetahui kualitas jaringan Indihome Speedy adalah dengan melakukan pengecekan terhadap besarnya nilai SNR Margin dan Line Attenuation yang kita terima melalui Modem ADSL.

Cara Melihat nilai SNR Margin dan Line Attenuation pada Modem ADSL.
Untuk mengetahui Nilai SNR Margin dan Line Attenuation pada Modem IndiHome Speedy ada 2 metode yang di bisa digunakan, yaitu:

1. Jika kita menggunakan mode PPPoE / PPPoA (modem mode routing), silahkan masuk panel modem (seperti saat anda akan melakukan setting modem) umumnya SNR Margin dan Line Attenuation akan muncul pada Tab Status Modem.

2. Jika menggunakan mode Bridge, anda bisa menggunakan instruksi CLI (command line interface) melalui perintah Telnet, dan untuk menggunakan perintah-perintah Telnet guna mengetahui informasi / data yang di inginkan silahkan baca buku manual panduan modem.

Cara Cek Kualitas Jaringan Speedy Melalui Modem Speedy IndiHome.
Pada tutorial kali ini saya menggunakan Modem Speedy ZTE ZXHN H108N. (Catatan modem harus pada mode PPPoE / PPPoA atau Routing Mode), dan saya menggunakan Speedy Paket Data Unlimited 1Mbps.

1. Login Modem ZTE ZXHN H108N, dengan mengetikkan alamat 192.168.1.254 (default) di browser.

2. Silahkan Login Modem Indihome Speedy dengan menggunakan.
  • Username = admin.
  • Password = admin.
Atau jika password default tidak bisa anda bisa menggunakan Superuser.
  • Username = support.
  • Password = theworldinyourhand

3. Lalu pada tampilan utama konfigurasi modem ZTE ZXHN H108N, silahkan pilih Status, kemudian yang perlu anda perhatikan untuk melihat kualitas jaringan Speedy IndiHome adalah angka yang muncul pada.
  • SNR Margin.
  • Line Attenuation.
  • Data Rate.
  • CRC.


Dari hasil tes kualitas jaringan Speedy Indihome yang di tampilkan gambar diatas bisa di artikan sebagai berikut.
  • SNR Margin : Downstream 20.3 db, Upstream 17.5 db (secara teori bagus).
  • Line Attenuation : Downstream 53.6 db Upstream 28.6 db (secara teori bagus).
  • Data Rate : Downstream 1534 kbps, Upstream 654 kbps (secara teori bagus), mengingat data rate yang di tampilkan sudah sesuai dengan besar paket 1 Mbps.
  • CRC : 0, sesuai teori sangat bagus karena tidak ada kegagalan dalam pengiriman dan penerimaan data internet.

Berikut beberapa alasan menurut analisa saya, dan sesuai kenyataan di lapangan untuk memastikan kualitas jaringan speedy indihome yang baik, dari ke empat data yang di tampilkan haruslah memenuhi syarat, mengingat dari semua data tersebut saling berkaitan yaitu, SNR Margin, Line Attenuation, Data Rate, dan CRC.
  • Nilai SNR Margin minimal 12.0 db sudah masuk dalam kategori bagus (semakin besar nilai SNR Margin semakin baik).
  • Line Attenuation maksimal 40.9 db sudah masuk dalam kategori bagus (semakin kecil nilai Line Attenuation semakin baik).
  • Data Rate setidaknya harus menunjukkan angka sesuai Paket Data yang diambil, misal 1Mbps, maka angka yang di dapat kisaran 950-1200 kbps, dan jika nilai data rate yang kita dapatkan jauh berada di bawah nilai paket data yang kita beli, maka sudah bisa di pastikan bahwa koneksi internet sangat lambat.
  • CRC harus menunjukkan nilai 0, karena nilai tersebut akan mempengaruhi tingkat kegagalan transaksi data, dan tentunya akan meempengaruhi stabilitas koneksi internet yang kita dapatkan.

Tambahan.
Mungkin anda berlangganan 2Mbps dan pada Data Rate yang di tampilkan tertera 2.048 kbps tetapi pada kenyataannya kecepata internet anda lambat, hal semacam ini bisa disebabkan dari beberapa faktor seperti infrastruktur jaringan terutama pada jalur kabel.

Atau pada kasus lain, misal anda ingin berlanggan 5 Mbps tetapi pihak provider menyatakan tidak bisa, hal tersebut juga bisa di karenakan dari faktor Nilai SNR Margin sangat kecil, jadi jika di paksa pun akan menjadi hal yang percuma atau dengan kata lain walaupun provider menyetujui permintaan anda untuk berlangganan 5 Mbps, akan tetapi data yang anda dapatkan tidak akan sampai 5 Mbps, mungkin kisaran 2Mbps dan tentunya masalah seperti ini tidak akan di temui jika anda menggunakan Jaringan Teknologi Berbasis Fiber Optic (FO).

Comments


EmoticonEmoticon