Cara Setting Jaringan Komputer Kantor

Cara Setting Jaringan Komputer Windows 7 / 8 / 10 /Vista / XP. Berbicara jaringan komputer tentu saja memiliki ruang lingkup dan pengertian yang sangat luas, mengingat teknologi komputer telah mengalami perkembangan yang sangat pesat dan melibatkan berbagai macam hardware dan software jaringan komputer.

Secara umum pengertian jaringan komputer adalah penggabungan antara beberapa komputer dengan tujuan agar perangkat komputer satu dengan yang lainnya dapat terhubung sehingga memungkinkan untuk dapat saling bertukar data.

Sedangkan untuk pengaplikasiam jaringan komputer bisa digunakan untuk membentuk sebuah jaringan komputer lab sekolah, jaringan komputer kantor, ataupun untuk membuat jaringan warnet, jaringan rental komputer pengetikan, serta dapat digunakan untuk penggunaan jaringan komputer yang lainnya.

Perbedaan setting jaringan komputer kantor, jaringan komputer warnet, jaringan komputer game online ataupun jaringan komputer untuk lab sekolah hanyalah berbeda pada kebutuhan settingan saja misal, sharing file, folder, data, printer, scanner ataupun perangkat lainnya seperti penggunaan tambahan perangkat jaringan yang lebih komplek sesuai kebutuhan.

Artikel Terkait.

Pembahasan kali ini saya hanya ingin mengulas tentang membuat jaringan kompter secara spesifik dan sederhana, yaitu bagaimana cara melakukan konfigurasi dan membuat jaringan komputer LAN (Lokal Area Network) untuk kantor.


Pada tutorial Cara Setting Jaringan Komputer kali ini saya menggunakan sistem operasi (OS) berbasis Windows XP Pro SP3, dan untuk Windows versi yang lain tinggal di sesuaikan, dan penjelasan kali ini saya hanya mengulas Cara Setting Jaringan Komputer yang sangat sederhana yaitu hanya sebatas Sharing koneksi internet dan Sharing File Bersama.

Dan sebelum anda membuat jaringan komputer ada beberapa perangkat jaringan komputer yang harus disediakan sebagai pendukung implementasi jaringan komputer kantor adalah.

1. Jika ingin membuat jaringan komputer nirkabel atau jaringan komputer tanpa kabel, maka anda membutuhkan Perangkat Wireless Fidelity (Wifi), Misal Access Point.

2. Kabel UTP dan Konektor RJ-45, untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel saya tentang Cara Memasang Kabel UTP di RJ-45.

3. Hub / Switch sebagai pembagi koneksi (jika jaringan komputer lebih dari dua (2) unit komputer dan menggunakan Kabel UTP dan RJ-45 mode Straight) tetapi jika anda hanya menggunakan dua (2) komputer saja anda tidak perlu menggunakan HUB / Switch, tetapi cukup hanya menggunakan Kabel Jaringan Model Cross, dan untuk mengenal lebih jauh tentang apa itu HUB dan Switch, silahkan baca artikel tentang Perbedaan HUB dan Switch.

Untuk spesifikasi komputer yang digunakan jaringan kantor biasanya memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, artinya di sesuaikan dengan kebutuhan penggunaan, ada yang menggunakan spesifikasi komputer standar dan ada juga yang menggunakan komputer yang memiliki spesifikasi tinggi.

Selain penggunaan perangkat keras yang berbeda, penggunaan aplikasi juga tidak sama, misal untuk kebutuhan aplikasi dan penggunaan hardware pada server tentu berbeda dengan komputer user pada umumnya sehingga membuat jaringan kantor bisa dibilang lebih sulit dari pada membangun jarinan warnet dan jaringan game online.

Aplikasi / software yang umum di gunakan pada jaringan kantor.
  • Jika sebuah kantor yang melibatkan transaksi internasional, maka sebaiknya di pasang minimal 3 (tiga) browser, misal IE (Internet Explorer), Firefox, Chrome.
  • Aplikasi / Software Standar Komputer.
  • Program / aplikasi tambahan sesuai kebutuhan.

Kemudian setelah semua perlengkapan jaringan komputer sudah tersedia, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan Setting IP Address Komputer pada setiap komputer yang merupakan proses awal untuk membangun jaringan komputer agar setiap komputer bisa saling terhubung dengan komputer yang lainnya.

Artikel Terkait.
Cara Setting IP Address Komputer / Laptop.

Jadi jika ingin menbuat jaringan komputer yang memiliki 10 unit komputer bisa menggunakan alamat komputer sebagai berikut.
  • Komputer 1 IP Address 192.168.1.1
  • Komputer 2 IP Address 192.168.1.2
  • Komputer 3 IP Address 192.168.1.3
  • Komputer 4 IP Address 192.168.1.4
  • Komputer 5 IP Address 192.168.1.5
  • Komputer 6 IP Address 192.168.1.6
  • Komputer 7 IP Address 192.168.1.7
  • Komputer 8 IP Address 192.168.1.8
  • Komputer 9 IP Address 192.168.1.9
  • Komputer 10 IP Address 192.168.1.10

Sampai disini  proses Cara Setting Jaringan Komputer sudah selesai, namun jika anda membutuhkan sharing file, folder, dan data, sharing printer, scanner, CD / DVD, ataupun sharing hardware yang lain, silahkan untuk membaca artikel dibawah ini.

Dan untuk mempermudah dalam melakukan sharing file dan sharing printer, maka diperlukan Sinkronisasi Jaringan Komputer, yang mana sinkronisasi merupakan hububgan timbal balik antara setiap perangkat yang terhubung dalam sebuah jaringan komputer.

Fungsi Sinkronisasi Jaringan Komputer.
  • Agar setiap komputer lebih mudah untuk mengenal komputer yang lain dalam jaringan.
  • Mempermudah dalam share file, folder, data, scanner, printer,ataupun perangkat yang lain.

Tetapi jika anda tidak membutuhkan sharing file ataupun sharing hardware (perangkat keras), silahkan di abaikan saja.

Mungkin itu saja yang bisa saya informasikan mengenai bagaimana cara settinga jaringan komputer di Windows XP, dan sesuai apa yang telah saya sebutkan diatas tentunya pembahasan jaringan komputer belum selesai sampai disini, mengingat jaringan komputer merupakan hubungan berbagai macam perangakat komputer dan sistem operasi yang sangan komplek.

Comments


EmoticonEmoticon