Cara Reset Mikrotik - Menghapus Configurasi Mikrotik

Cara Reset Configurasi Mikrotik Dengan Benar. Reset adalah istilah yang digunakan untuk proses mengembalikan setingan perangkat keras komputer agar kembali ke setingan awal atau setingan default pabrik.

Sehingga setelah perangkat keras komputer di reset maka secara otomatis semua settingan yang sudah ada akan terhapus dan perangkat akan kembali pada pengaturan awal sesuai yang telah di tentukan oleh pabrik pembuatnya.

Dalam hal ini saya akan coba sharing tentang cara reset mikrotik yang sudah sangat umum digunakan oleh admin jaringan, antara lain.
  • Soft Reset : Merupakan cara untuk melakukan reset konfigurasi melalui menu yang telah di sediakan pada Router OS Mikrotik.
  • Hard Reset : Merupakan cara untuk melakukan reset konfigurasi dengan cara paksa melalui hardware yang di sediakan oleh router board pada board atau tombol reset.
  • Netinstall : Reset mikrotik menggunakan aplikasi Router OS.

Cara Reset Mikrotik Menggunakan Fitur Reset Mikrotik (Soft Reset).
Soft Reset mikrotik hanya bisa dilakukan ketika anda masih bisa login mikrotik, dan tentunya cara tersebut dilakukan ketika user ingin merubah settingan mikrotik atau ingin membuat settingan baru mikrotik tanpa harus bingung dengan setingan mikrotik sebelumnya.

Untuk melakukan reset soft mikrotik sangat mudah, yaitu bisa menggunakan fitur yang sudah di sediakan oleh Router OS Winbox, dan untuk caranya adalah sebagai berikut.

1. Buka aplikasi Winbox, kemudian klik menu System, lalu pilih Reset.


2. Selanjutnya klik Reset Configuration.

3. Selesai.

Keterangan.
Keep User Configuration.
Jika anda pilih menu ini, maka ketika mikrotik melakukan reset configuration tidak akan menghapus konfigurasi yang sudah pernah di setting oleh user.

CAPS Mode.
Menu tersebut digunakan ketika anda menggunakan Capsman untuk manajemen wireless anda, dan tentunya fitur tersebut hanya akan muncul ketika anda akan melakukan reset mikrotik yang sudah di lengkapi dengan fitur WiFi (Wireless Fidelity).

No Default Configuration.
JIka anda pilih menu ini, maka mikrotik akan reset total tanpa ada konfigurasi IP default mikrotik.

Do Not Backup.
Jika anda pilih, maka mikrotik hanya akan melakukan reset tanpa melakukan backup setingan yang ada di dalam mikrotik atau semua settingan user yang sudah ada di dalam mikrotik akan terhapus semua.

Run After Reset.
Disini kita bisa memilih apa yang harus dijalankan mikrotik setelah proses reset selesai, misalnya jika anda memilih File Backup, maka setelah proses reset selesai mikrotik akan melakukan restore ke file backup tersebut.

Cara Reset Mikrotik Menggunakan Tombol Reset (Hard Reset).
Ini merupakan cara ampuh untuk melakukan reset mikrotik yang umum digunakan ketika admin mikrotik sudah benar-benar mengalami kesulitan untuk login mikrotik, mungkin karena anda lupa password mikrotik atau ketika file Router OS sudah corrupt / rusak sehingga mikrotik tidak bisa booting dengan sempurna, untuk itu kita harus melakukan reset dengan cara manual, yaitu.
  1. Silahkan lepas kabel power adaptor mikrotik.
  2. Kemudian tekan tombol reset (luang kecil pada body RouterBoard Mikrotik) dengan menggunakan benda tumpul (lidi atau ball paint) tahan terus jangan di lepas.
  3. Kemudian tancapkan kabel power mikrotik dengan posisi sambil menahan tombol reset selama 20 - 30 detik.
  4. Selesai.

Cara Reset Mikrotik Menggunakan Netinstall.
Netinstall merupakan aplikasi yang bisa anda dapatkan dari situs resmi mikrotik dan dapat anda gunakan untuk melakukan install mikrotik dan reset mikrotik, namun begitu untuk melakukan reset mikrotik menggunakan Netinstall memiliki cara yang lebih sedikit sulit, karena biasanya cara tersebut di tempuh ketika mikrotik sudah tidak bisa di reset dengan Soft Reset dan Hard Reset.

Baca Juga.
  • Cara Reset Mikrotik Menggunakan Netinstall.
  • Cara Install Mikrotik Dengan NetInstall.

Sekian ulasan yang bisa saya sampaikan mengenai artikel teng bagaimana cara reset mikrotik dengan mudah dan cepat.
Comments


EmoticonEmoticon