Perbedaan Hard Reset dan Factory Reset Android

Pengertian Hard Reset dan Factory Reset HP Android. Ketika HP android atapun smarphone kita mengalami masalah, entah itu pengaruh data yang terlalu penuh atau banyaknya aplikasi yang tidak penting terinstall ataupun alasan sebab lain yang mengakibatkan smartphone menjadi lambat atau bahkan hang.

Untuk mengatasi hal tersebut, umumnya pengguna handphone android akan menghapus aplikasi yang di anggap tidak penting atau jika masalah tidak teratasi maka tidak sedikit pengguna smartphone amdroid akan mengembalikan ke setelan awal pabrikan atau bahkan terkadang melakukan hard reset total android sebagai solusi terakhir agar smartphone dapat kembali normal seperti sedia kala.

Mengembalikan setingan awal atau melakukan setelan degault pabrik memang tidak disarankan karena akan menghapus semua data aplikasi yang terinstall pada smartphone, kecuali semua aplikasi bawaan smartphone.

Namun di sisi lain Reset Factory atau mengembalikan setingan semula merupakan salah satu cara yang wajib dilakukan ketika pengguna Android mengalami masalah seperti Android lambat, sering hank, dan lain sebagainya.


Sebelum melangkah lebih jauh, disini saya akan memberikan penjelasan tentang pengertian dan perbedaan serta masalah yang di timbulkan akibat melakukan Factory Reset ataupun Hard Reset.

Pengertian Factory Reset dan Hard Reset.
Reset Factory dan Hard Reset adalah proses mengembalikan posisi smartphone ke setingan pabrik atau mengembalikan semua setingan android ke posisi semula seperti saat pertama membeli smartphone baru.

Perbedaan Factory Reset dan Hard Reset.
Yang membedakan antara Reset Factory dengan Hard Reset adalah metode yang digunakan, yaitu.
  • Untuk menggunakan fitur factory reset hanya bisa dilakukan ketika android masih dalam kondisi hidup serta dapat masuk ke menu pengaturan.
  • Hard Reset dilakukan sebagai alternatif ketika akan mngembalikan snartphone ke setingan pabrik, akan tetapi HP android dalam posisi terkunci, misal lupa pola / lupa password ataupun android dalam kondisi bootloop.

Cara Factory Reset Android.
Secara umum untuk melakukan reset factory andaroid adalah dengan masuk ke menu Setelan - Buat Cadangan & Setel Ulang – Kembalikan ke Setelan Pabrik – Setel Ulang Telepon.

Cara Hard Reset Android.
Untuk dapat melakukan Hard Reset Android, terlebih dahulu anda harus mengetahui tombol kombinasi yang digunakan untuk mereset jenis dan type smartphone android yang anda pakai.

Tombol Kombinasi Hard Reset Android.
  • Kombinasi tombol power + volume bawah.
  • Kombinasi tombol power + volume atas.
  • Kombinasi tombol power + volume atas + volume bawah.
  • Kombinasi tombol power + home + volume atas.

Secara umum kombinasi tombol hard reset yang paling banyak digunakan oleh smartphone Android adalah kombinasi tombol power dan volume bawah seperti yang pernah saya lakukan pada saat mengatasi Smartphone Polytron 2507i Android lupa pola / password.

Artikel Terkait.

Resiko Hard Reset dan Factory Reset Android.
Mungkin ini adalah pertanyaan yang sering menghantui pengguna telepon pintar yang sudah menggunakan sisten operasi android ketika akan melakukan facrory reset dan hard reset.

Dan melalui artikel yang singkat ini saya akan mencoba berbagi pemahaman tentang pengertian dan perbedaan Factory Reset dengan Hard Reset, mengigat masih banyaknya anggapan bahwa hard reset dan factory reset memiliki pengertian dan fungsi yang sama atau ada juga yang memberikan pemahaman tidak ada perbedaan antara keduanya.

Untuk menjawab pertanyaan tentang persamaan dan perbedaan factory reset dan hard reset akhirnya saya melakukan uji coba sendiri agar dapat melihat secara langsung apa sebenarnya hasil yang di dapat dari hard reset dan factory reset.

Pada hasil percobaan yang saya lakukan memberikan kesimpulan bahwa resiko yang akan di alami ketika melakukan hard reset dan factory reset android adalah sebagai berikut.
  • Semua data yang ada di memory internal akan terhapus atau kondisi smartphone akan kembali seperti semula sesuai kondisi smartphone baru.
  • Semua aplikasi dari pihak ketiga, seperti aplikasi dari play store yang terinstall di smartphone android atau file APK akan hilang.
  • Semua data yang ada di memory external (micro SD) tidak akan terhapus.

Manfaat dan Fungsi Factory Reset.
Untuk mengatasi smartphone lambat akibat bayaknya aplikasi yang terpasang pada smartphone android.

Menghapus semua file history / riwayat smartphone android agar tidak menghabiskan ruang penyimpanan yang bisa mengakibatkan android sering hank / crash.
Mengatasi sinyal hilang  / kode MMI tidak valid.

Manfaat dan Fungsi Hard Reset.
Fungsi Hard reset adalah untuk mengembalikan setingan smartphone ke setingan awal dengan menggunakan tombol kombinasi.

Cara ini biasanya dilakukan sebagai alternatif jika pengguna android ingin akan tetapi tapi tidak bisa di lakukan dengan factory reset, misalnya.
  • Mengatasi smartphone Android yang terkunci pola atau lupa kata sandi.
  • Mengatasi Bootloop Smartphone Android akibat kerusakan aplikasi.
  • Meningkatkan kinerja sistem operasi amdroid yang lambat akibat bayaknya aplikasi yang terpasang pada smartphone.
  • Mengatasi masalah sambungan atau kode MMI tidak valid.
  • Menghapus semua file history / riwayat smartphone android agar tidak menghabiskan ruang penyimpanan yang bisa mengakibatkan android sering hank / crash.

Sesuai dengan apa yang telah saya uraikan di atas pembahasan tentang pengertian hard reset dan factory reset, maka bisa di ambil kesimpulan sebagai berikut.
  • Hard reset dan factory reset memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk mengembalikan smartphone ke setingan pabrik, hanya saja memiliki metode atau cara yang berbeda.
  • Factory Reset bisa dilakukan melalui system menu pengaturan, sedangkan Hard Reset dilakukan dengan menggunakan tombol kombinasi.
  • Hard reset lebih bisa di andalkan untuk mengatasi beberapa masalah pada HP android jika dibandingkan dengan Factory Reset.

Demikian informasi yang bisa saya bagikan mengenai artikel tentang perbedaan hard reset dengan factory reset, dan tentunya dengan mengetahui hal tersebut semoga dapat menambah wawasan kita semua.

Comments


EmoticonEmoticon