Cara Backup Driver Komputer / Laptop

Software Backup Driver Laptop / Komputer. Salah satu hal wajib dan sangat penting sebelum kamu melaukan install ulang komputer ataupun laptop adalah menyiapkan semua driver perangkat keras komputer yang akan digunakan, seperti diver Motherboard, driver printer, driver VGA, ataupun driver hardware yang lain.

Kenapa kita harus mempersiapkan driver perangkat keras komputer?
Hal tersebut tidak lepas karena mengingat peran driver sangat penting terhadap fungsi dan kinerja dari perangkat keras yang digunakan oleh komputer / laptop.

Pengertian dan Fungsi Driver Komputer.
Driver Komputer adalah sebuah perangkat lunak / software yang berfungsi untuk membantu Sistem Operasi dalam mengenali hardware atau perangkat keras yang terhubung atau digunakan oleh perangkat komputer.

Kemudian driver ini akan menterjemahkan segala perintah dari user dengan bantuan sistem operasi yang selanjutnya segala perintah dari pengguna komputer akan di terjemahkan kedalam bahasa mesin yang di mengerti oleh hardware yang di kenhendaki.

Sehingga perintah dari pengguna komputer dapat dikerjakan dengan baik atau sesuai dengan apa yang di perintahkan dari pengguna komputer.

Tujuan Backup Drivers komputer adalah agar kita tidak direpotkan untuk mencari driver perangkat keras komputer setelah komputer di install ulang, apalagi bagi anda yang belum terbiasa dengan urusan install ulang komputer.

Karena jika hardware yang terpasang pada komputer maupun laptop akan tetapi tanpa adanya dukungan drivers, maka perangkat keras tersebut tidak akan bisa berjalan sebagai mestinya, atau bahkan perangkat keras tidak dapat bekerja sama sekali.

Bagaimana Cara Mendapatkan Driver Komputer ?
Driver komputer ataupun driver dari berbagai perangkat keras yang akan terhububng dengan komputer bisa anda dapatkan ketika membeli sebuah perlengkapan komputer baru, biasanya driver disertakan dalam bentuk kepingan CD/DVD, akan tetapi jika anda membeli komputer ataupun perangkat keras yang lainnya dalam kondisi second (bekas), maka umumnya tiadak akan mendapatkan driver.


Jika drivers sebuah hardware komputer yang anda miliki sudah rusak ataupun hilang, dan untuk mendapatkan driver perangkat keras tersebut, anda bisa mengunjungi situs resmi atau vendor hardware tersebut ataupun download driver dari situs yang menyediakan driver perangkat komputer.

Banyak sekali software aplikasi yang bisa anda gunakan untuk membuat backup driver komputer sehingga anda tidak perlu khawatir lagi ketika akan melakukan install ulang laptop katrena anda sudah memiliki cadangan driver komputer / laptop.

DriverMax.
Driver Max adalah sebuah software yang memungkinkan anda untuk bisa membuat cadangan driver dan update driver perangkat komputer, DriverMax di buat dan dikembangkan oleh Innovative Solutions.

Drivermax memiliki fitur utama yang dapat memberikan kemudahan dalam menangani masalah driver komputer / laptop, seperti.
  • Driver Updates berfungsi untuk melakukan update driver terbaru dan memeungkinkan anda untuk bisa mencari driver yang sesuai dengan perangkat keras yang ada.
  • Backup Drivers berfungsi untuk melakukan backup semua drivers komputer atau membuat cadangan driver komputer, sehingga anda tidak perlu repot mencari drivers yang baru ketika melakukan Install Ulang Komputer.
  • Restore Drivers Berfungsi untuk mengembalikan Drivers Komputer dari dile hasil proses backup driver.

Cara Menggunakan Driver Max.
1. Install Driver Max.
2. Jakankan drivermax.


Driver Genius Professional.
Driver Genius Professional Terbaru adalah aplikasi yang di buat dan di kembangkan oleh Driver Soft, yang merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk membuat backup driver sekaligus mampu digunakan untuk melakukan update driver komputer.

Fitur utama Driver Genius hampir sama dengan aplikasi backup driver yang lainnya, yaitu.
  • Driver Updates yang berfungsi untuk memberikan kemudahan dalam melakukan update driver terbaru sesuai dengan perangkat keras komputer / laptop.
  • Backup Drivers berfungsi untuk membuat cadangan semua drivers komputer sehingga anda tidak perlu repot mencari drivers hardware komputer ketika akan melakukan Install Ulang Laptop.
  • Restore Drivers berfungsi untuk mengembalikan Drivers Komputer yang sudah dibuat dengan memanfaatkan fitur backup driver.

Cara Menggunakan Driver Genius.
1. Install Driver Genius.
2. Buka aplikasi driver genius.


Double Driver.
Doble Driver Terbaru adalah salah satu aplikasi yang bisa anda gunakan untuk melakukan backup driver dan merestore driver komputer, dan tentunya dengan memanfaatka fitur yang ada pada Double Driver, maka anda tidak perlu bingung lagi untuk mencari driver laptop saat akan melakukan Install Ulang Komputer.

Kelebihan Double Driver:
  • Ukuran File sangat kecil.
  • Mudah digunakan.
  • Sangat ringan, jadi tidak membuat berat kinerja sistem operasi.
  • Dan yang paling penting adalah, Double Driver Gratis atau bebas digunakan.
  • Serta masih banyak lagi kelebihan yang lainnya.

Cara Menggunakan Double Driver.

1. Install Double Driver melalui Situs Resmi.
2. Jalankan Double Driver, selanjutnya.
  1. Klik Backup.
  2. Lalu klik Scan Current System.
  3. Pilih driver yang ingin di backup dengan memberikan tanda check list.
  4. Klik Backup Now.

3. Selesai.

Demikian infornasi yang bisa saya sampaikan, semoga dapat membantu anda yang ingin install ulang komputer / laptop tanpa harus kehilangan driver.

Comments


EmoticonEmoticon