Pengertian Bandwidth Dan Throughput

Pengaruh Bandwidth dan Throughput Terhadap Kecepatan Internet. Sebagai pengguna internet tentu saja sudah tidak asing lagi dengan istilah bandwidth, mengingat sebuah bandwidth akan mempengaruhi kecepatan internet yang akan kita dapatkan atau dengan kata lain semakin besar bandwidth yang kita miliki, maka akan semakin cepat pula akses internet yang kita dapatkan atau sebalikmya.

Namun jika di gali lebih dalam, bahwa di samping memahami istilah bandwidth, kita juga harus memahami throughput yang mana kedua istilah tersebut memiliki kaitan yang sangat erat dalam memberikan kecepatan mengirim dan menerima data dalam sebuah jaringan internet, misal kadang internet cepat, namun terkadang internet tiba-tiba menjadi sangat lambat.

Pengertian Bandwidth.
Bandwidth adalah banyaknya bit atau data yang dapat di kirim dan di terima antar perangkat komputer dalam satu detik atau 1 BPS (Bit Per Second).

Namun demikian, secara umum pada penerapan aktivitas internet, pengertian bandwidth dapat diartikan sebagai batas maksimum kecepatan akses internet yang di berikan oleh ISP (Internet Service Provider) kepada pelanggan untuk upload (mengirim data) dan download (menerima data) ke jaringan internet.


Artikel Terkait.

Bandwidth di bedakan menjadi 2, yaitu Bandwidth Analog dan Bandwidth Digital.
  • Bandwidth Analog adalah batas antara frekuensi terendah dengan frekuensi tertinggi yang digunakan pada transmisi signal radio (digital dan analog) dengan menggunakan satuan Hertz (Hz).
  • Bandwidth Digital adalah banyaknya data atau bit yang dapat di terima dan di kirim dalam satu detik dengan menggunakan satuan bit, Byte, Kilo, Giga.

Untuk pengaplikasian Bandwidth dalam kehidupan sehari-hari secara umum dibagi menjadi 2 kategori, yaitu.
  • Bandwidth Download (menerima data) yang merupakan batas kecepatan maksimal yang bisa kita dapatkan saat download file ataupun data menggunakan jaringan internet.
  • Bandwidth Upload (mengirim data) adalah batas kecepatan maksimal yang bisa kita terima ketikan mengunggah fite atau data menggunakan jaringan internet.

Pengertian Throughput.
Throughput adalah kecepatan maksimum yang di dapat saat mengirim atau menerima data menggunakan jaringan internet.

Kesimpulan.
  • Bandwidth ibarat selang air, sedangkan Throughput ibarat air yang mengalir di dalamnya, sehingga ukuran bandwidth selalu lebih besar dari throughput.
  • Besarnya bandwidth yang disediakan dan throughput yang diterima sangat mempengaruhi kecepatan internet.
  • Seberapa besar bandwidth yang disediakan, namun jika throughput yang melewati kecil, maka kecepatan yang di dapatkan juga kecil, maka dengan mengetahui hubungan bandwidth dan Throughput, tentunya kita akan lebih bijaksana dalam memahami masalah lambatnya internet.

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan mengenai artikel tentang Perbedaan Bandwidth dan Throughput, semoga dapat menambah sedikit wawasan kita dalam memahami pengertian bandwidth dan throughput.
Comments


EmoticonEmoticon