Perbedaan Laptop, NoteBook, NetBook, PC

Perbedaan Laptop dan Notebook, Netbook, PC (Personal Computer). Netbook, Notebook dan Laptop merupakan komputer portable yang sekilas memiliki penampilan yang sama.

Namun jika kita melihat lebih teliti, ternyata antara Notebook, Laptop dan Netbook memiliki banyak perbedaan dari segi harga, kemampuan, dan kelengkapan hardware yang disematkan atau dengan kata lain Serupa Tapi Tak Sama.

Sedikit catatan saja, bahwa untuk saat ini sangat sulit untuk dapat melihat perbedaan Laptop dan Notebook, mengingat Notebook adalah reinkarnasi dari Laptop yang merupakan nama lain dari laptop, sedangkan laptop adalah sebutan dari komputer portable yang bisa dibawa kemana-mana atau jika di Indonesia Laptop lebih dikenal dengan sebutan Komputer Jinjing.

Selain itu, dewasa ini Notebook juga terkadang sudah diengkapi dengan CD / DVD, yang mana awal mula munculnya notebook tidak di lengkapi CD/ DVD yang merupakan salah satu sebagai ciri khas untuk menjunjukkan perbedaan Laptop dengan Notebook.

Tetapi secara garis besar dari semua perangkat komputer tersebut, entah itu PC (Personal Computer), Netbook, Notebook, dan laptop memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai media untuk membantu anda dalam melakukan aktivitas berkomputer.

Melalui artikel yang singkat ini, saya akan sedikit berbagi pemahaman tentang pengertian Laptop (Komputer Jinjing), NoteBook, NetBook, dan PC (Personal Komputer) supaya kita bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan perangkat komputer tersebut.

PC (Personal Komputer).
PC (Personal Komputer) adalah media komputer pertama kali diciptakan guna membantu pekerjaan manusia supaya lebih praktis dan serba efisien.

Perlu diketahui, bahwa PC atau Personal Computer untuk pertama kali di buat tanpa adanya penggunaan mouse, atau dengan kata lain semua aktivitas atau segala sesuatu yang berhubungan dengan penggunaan komputer dilakukan dengan cara yang serba manual, yaitu semua perintah komputer dilakukan dengan menggunakan keyboard.

Sehingga cara untuk mengoperasikan komputer terkesan sulit, karena selain kita menghafal kode keyboard, kita juga dituntut harus bisa menghafal kode perintah-perintah yang digunakan untuk menjalankan komputer atau yang lebih dikenal dengan perintah DOS.


Kemudian seiring perkembangan jaman serta tututan dari pengguna komputer yang menginginkan cara menggunakan komputer yang lebih mudah sehingga selain adanya penambahan mouse, PC saat ini juga memberikan tampilan antar muka yang sederhana untuk membantu mempermudah pengguna dalam mengoperasikan komputer.

Namun begitu, secanggih apapun komputer tetap masih memiliki beberapa kekurangan, antara lain membutuhkan daya listrik yang tinggi, membutuhkan ruang dan tempat khusus, dan tentunya tidak bisa di bawa kemana-mana.

Laptop.
Laptop atau juga disebut Komputer Jinjing merupakan komputer portable generasi pertama yang diciptakan untuk menjawab tuntutan pengguna komputer yang menginginkan komputer yang canggih, efisien, dan memiliki performa kinerja yang handal.


Umumnya Laptop memiliki ukuran layar yang lebih besar, yaitu 14 inchi hingga 18 inchi, tetapi ada juga laptop yang memiliki ukuran 12 Inchi, selain itu sebuah laptop juga dilengkapi optical drive seperti CD atau DVD.

Kelebihan Laptop.
  • Memiliki stabilitas yang tinggi.
  • Compatible dengan berbagai macam hardware maupun software.

Kekurangan Laptop.
  • Battery lebih cepat habis.
  • Ukuran layar yang lebar.
  • Body yang lebih tebal jika dibandingkan dengan komputer jinjing sejenisnya, seperti NoteBook dan NetBook.

NoteBook.
Notebook atau bisa diartikan sebagai buku catatan merupakan perangkat komputer dalam bentuk portable generasi kedua, yang mana secara umum sebenarnya memiliki fungsi yang sama seperti halnya Laptop.

Namun begitu Notebook memiliki mobilitas yang lebih sederhana jika dibandingkan dengan laptop, selain itu umumnya Notebook memiliki besar ukuran layar 12 inchi hingga 14 inchi.


Kelebihan Notebook.
  • Memiliki desain yang lebih kecil dan tipis sehingga lebih ringan.
  • Memiliki ukuran layar yang lebih kecil.
  • Memiliki daya tahan battery lebih lama jika dibandingkan dengan Laptop.

Kekurangan Notebook
  • Secara umum, Notebook tidak dilengkapi optical drive seperti CD atau DVD.

NetBook.
Selain tidak di lengkapi CD Drive maupun DVD Drive, NetBook juga memiliki spesifikasi yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan spesifikasi yang di miliki Laptop dan Notebook.

Ambil contoh dari segi penggunaan processor, secara umum Netbook rata-rata hanya menggunakan procesor intel Atom, dimana jenis processor ini tidak cocok untuk menjalakan pekerjaan berat seperti game 3D dan desain grafis.

Artikel Terkait.

Kelebihan Netbook.
  • Memiliki daya tahan battery yang lebih lama.
  • Netbook memiliki ukuran layar relatif lebih kecil, yaitu 8 inchi hingga 12 inchi, namun yang paling umum adalan ukuran layar 10 inchi hingga 11 inchi.
  • Netbook sangat cocok untuk keperluan internet dan multimedia.

Kekurangan Netbook.
  • Tidak dapat digunakan untuk melakukan pekerjaan berat, misal menjalankan Game 3D dan Design Graphic.
  • Dengan hanya dibekali Processor intel atom, maka dalam hal kinerja netbook memiliki kemampauan yang jauh lebih rendah dibandingkan laptop dan notebook.

Dengan membaca uraian diatas, setidaknya akan membantu anda dalam menentukan pilihan apakah ingin menggunakan Laptop, Notebook, Netbook, atau PC sesuai kebutuhan anda.

Comments


EmoticonEmoticon