Cara Setting Deep Freeze Terbaru Windows 7

Cara Install & Menggunakan Deep Freeze Terbaru Agar Komputer / Laptop Tetap Aman. Apakah anda menginginkan komputer laptop yang anda miliki aman dari serangan virus dan dan gangguan jenis malware yang lain saat sedang menjelajah internet. ataupun untuk menghindari hilangnya data penting akibat kesalahan pengguna.

Untuk menjaga komputer agar tetap aman serta untuk meminimalisir kerusakan pada sistem operasi komputer, tidak ada salahnya untuk memcoba salah satu program aplikasi / software keamanan komputer, yaitu Deep Freeze.

Namun sebelum anda menggunakan Software Deep Freeze, sedikit saya akan mejelaskan secara singkat tentang apa itu deep freeze dan fungsi deep freeze secara umum.

Pengertian Deep Freeze.
Deep Freeze adalah sebuah software atau perangkat lunak yang dikembangkan oleh Faronics dengan tujuan untuk memberikan perlindungan untuk keamanan komputer yang maksimal dan secara menyeluruh.

Deep Freeze sudah mendukung berbagai macam sistem operasi (OS), seperti.
  • Windows.
  • Max OSX.
  • Linux SUSE.

Fungsi Deep Freeze.
Fungsi Deep Freeze adalah untuk memberikan perlindungan keamanan yang maksimal terhadap komputer user / pengguna rumahan dan komputer jaringan.

Cara Kerja Deep Freeze.
Software Deep Freeze akan merekam semua segala sesuatu yang ada di dalan komputer, kemudian akan mengembalikan seperti semula setelah komputer di hidupkan kembali.

Misal, anda menghapus atau menambah data, maka ketika komputer di restart perubahan yang anda lakukan tidak dapat tersimpan.

Atau dengan kata lain dengan menggunakan Software Deep Freeze anda akan bisa dengan mudah melindungi semua data yang ada di dalam komputer laptop, seperti File System, data, dan aplikasi / software.

Dengan mengetahui beberapa fungsi dan kelebihan yang di miliki deep freeze, maka deep freeze sangat cocok di aplikasikan pada sebuah usaha komputer layanan umum seperti, warnet, game center,  rental komputer pengetikan, dan usaha komputer yang lain.

Karena seperti yang kita ketahui, bahwa komputer dengan multi user atau komputer yang digunakan oleh orang banyak tentu saja memiliki resiko kerusakan yang lebih tinggi jika di bandingkan dengan komputer user rumahan.

Artikel Terkait.

Walaupun saat ini Deep Freeze Terbaru sudah dirilis, yakni Deep Freeze 8.30 yang sudah support Windows 10 dan Windows 8, namun pada tutorial cara install dan setting deep freeze kali ini saya menggunakan Deep Freeze Versi 7.50.

Sekedar catatan, bahwa Deep Freeze 7.50 merupakan salah satu Deep freeze yang sangat ringan dan stabil untuk Windows 7 All Version.

Cara Install Deep Freeze Terbaru Full Version Windows 7.

1. Silalahkan jalankan software Deep Freeze dengan cara klik 2x pada Icon DFStd.exe
2. Selanjutnya akan mucul tampilan seperti dibawah ini, selanjutnya klik Next.


3. Pilih I Accept the Terms in the License Agreement, lalu klik Next.


4. Kemudian Isikan Serial Number yang sudah tersedia, lalu klik Next.


5. Maka anda akan dihadapkan pada tampilan dialog seperti dibawah ini, pada menu tersebut anda disuruh memilih drive mana yang akan di Deep Freeze (dibekukan), pada contoh kali ini saya hanya memilih Drive C saja karena kebetulan saya hanya menggunakan 1 Hardisk dengan 2 Partisi, lalu klik Next.


6. Lalu untuk melanjutkan proses instalasi silahkan klik Install, kemudian tunggu beberapa saat sampai PC atau Laptop akan melakukan Restart.


7. Setelah PC / Laptop Restart akan muncul pemberitahuan apakah anda akan melindungi software Deep Freeze degan Password, pilih No jika tidak ingin menggunakan password, dan pilih Yes jika ingin menggunakan pasword.

Pada tutorial ini saya memilih Yes supaya Deep Freeze tidak bisa di buka oleh orang lain.


8. Jika anda Memilih Yes, otomatis akan muncul tampilan seperti ini, kemudian masukkan password (password terserah). dan pilih OK atau Apply and Reboot.


9. Sampai disini Proses Instalasi Deep Freeze sudah selesai, dan otomatis Deep Freeze sudah aktif pada komputer / laptop anda, dan tahap berikutnya yang harus dipahami adalah bagaimana cara menggunakan deep freeze pada komputer.

Cara Menggunakan Deep Freeze Di Komputer / Laptop Windows 7.
Untuk membuka Program Deep Freeze, silahkan menggunakan tombol kombinasi Ctrl + Alt + Shift + F6 secara bersamaan atau bisa juga menggunakan kombinasi tombol Shift (tahan) + Klik 2X Icon Deep Freeze yang ada di system tray (pojok kanan bawah pada layar).


Kemudian akan muncul tampilan yang meminta anda untuk masukkan password jika sebelumya anda telah membuat password.


Cara Mengaktifkan Deep Freeze.
1. Silahkan tekan tombol kombinasi Ctrl + Alt + Shift + F6 secara bersamaan atau bisa juga menggunakan kombinasi tombol Shift (tahan) + Klik 2x Icon Deep Freeze yang ada di system tray (pojok kanan bawah pada layar).

2. Pilih Boot Frozen Jika anda ingin membuka atau menonaktifkan software Deep Freeze, kemudian klik Apply and Reboot, lalu klik OK, selanjutnya komputer akan melakukan Restart.


3. Selesai.

Cara Menonktifkan / Disable Deep Freeze.
1. Silahkan tekan tombol kombinasi Ctrl + Alt + Shift + F6 secara bersamaan atau bisa juga menggunakan kombinasi tombol Shift (tahan) + Klik 2X Icon Deep Freeze yang ada di system tray (pojok kanan bawah pada layar).

2. Pilih Boot Thawed jika anda ingin menutup atau mengaktifkan software Deep Freeze, kemudian klik Apply and Reboot, lalu klik OK, selanjutnya komputer akan melakukan Restart.


3. Selesai.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan tentang bagaimana cara install dan cara penggunaan daripada software Deep Freeze.

Namun jika software Deep Freeze dirasa kurang cocok dengan kebutuhan, anda bisa Uninstall / Menghapus Deep Freeze kembali  atau anda bisa coba software alternative lain seperti Shadow Defender yang juga memiliki fungsi yang sama dengan Deep Freeze.


Comments


EmoticonEmoticon