Perbedaan Virus, Trojan, Worm, Malware, Spyware

Pengertian Malware, Spyware, Woem,Virus, dan Trojan - Sebagai pengguna komputer dan internet tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah Malware, Virus, Spyware, Worm, Trojan, serta beberapa jenis Malware yang lain dan tentunya sudah bukan rahasia umum lagi, bahwa program semacam ini selalu menghantui siapapun yang berhubungan dengan teknologi komputer terlebih bagi mereka yang sering melakukan aktivitas internet.

Mungkin memahami pengertian dan cara kerja, serta karakter perangkat lunak jahat seperti malware, spyware, trojan, worm, virus, atau program jahat yang lain tidaklah terlalu penting terutama bagi kalangan yang awam dengan perkembangan teknologi saat ini.

Akan tetapi dengan sedikit mengerti istilah semacam ini tentunya selain bermanfaat setidaknya juga akan menambah wawasan kita supaya tidak salah dalam menyebutkan atau menganalisa dan mengatasi permasalahan yang terjadi pada komputer.

Karena pada umumnya, jika ada sedikit masalah dengan komputer yang berhubungan dengan software atau aplikasi yang tidak berjalan seperti sebagaimana mestinya pasti kita akan lansung mengganggap bahwa komputer kita terkena virus.

Ambil contoh saja, ketika kita habis berselancar di dunia maya, kemudian tiba-tiba komputer kita jadi lambat atau saat kita habis install aplikasi atau game komputer mengalami masalah seperti, hang, aplikasi sering berjalan sendiri tanpa di perintah, dan lain sebagainya yang tentunya sangat mengganggu kinerja komputer.

Nah, pada kesempatan ini saya akan sedikit berbagi pengetahuan tentang pengertian serta perbedaan antara Virus, Worm, Trojan, Malware dan Spyware, supaya jika suatu ketika terjadi masalah pada komputer kita tidak langsung memvonis bahwa naslah tersebut disebabkan oleh Virus.


Pengertian Malware.
Malware singkatan dari Malicious Software, yaitu sebuah program yang dibuat dengan tujuan jahat yang sangat merugikan bagi orang lain.

Masalah yang di timbulkan oleh Malware, Spyware, Virus, Worm, Trojan.
  • Menyembunyikan Data.
  • Mencuri Data.
  • Merubah Data.
  • Menghabiskan bandwidth, dan lain sebagainya.

Media yang digunakan untuk menyebarkan Virus, Worm, Trojan, Malware, Spyware.
  • Flashdisk dan media penyimpan data yang lainnya.
  • Komputer / Laptop.
  • Handphone dan perangkat / device sejenisnya.
  • Internet.
  • LAN (Local Area Network).
  • WAN (Wide Area Network).

Pengertian Spyware.
Spyware adalah sebuah program yang dibuat dengan tujuan untuk memonitor atau mengawasi karakteristik pengguna komputer, untuk itu Spyware sering digunakan untuk melihat perilaku dan kesukaan pengguna komputer sehinga Spyware bisa dimanfaatkan untuk melakukan review kebiasaan atau hal-hal yang disukai dari pengguna komputer yang dijadikan target.

Pengertian Virus.
Virus adalah Malware yang dapat menyebar / menginfeksi ke komputer lain dengan bantuan pihak tangan ketiga, atau dengan kata lain virus hanya dapat bekerja / aktif dengan bantuan pengguna komputer itu sendiri, dan untuk mempermudah penyebarannya serta cara mengelabuhi calon korbannya.

Untuk mempermudah penyebarannya, Virus umumnya dibuat dengan file berextensi jpg, doc, dan sebuah folder dengan extensi aplication atau file yang sering digunakan oleh pengguna komputer.

Dan untuk mengelabuhi calon korbannnya, di dalam internet virus sering berpenampilan menjelma menjadi sebuah link yang berupa gambar tombol download ataupun sebuah gambar yang menarik untuk menjebak calon korbannya supaya mudah di klik oleh pengguna komputer.

Sehingga terkadang sebuah iklan gambar bisa saja dianggap sebagai virus yang menyebabkan sebuah web bisa dikategorikan sebagai web pishing atau web palsu yang tidak aman untuk di kunjungi.

Dan salah satu ciri secara umum jika sebuah web sudah terinfeksi virus ataupun varian malware yang lain, maka saat situs web tersebut di buka akan menampilkan pesan Reported Web Forgery! dan Deceptive Site!.

Pengertian Worm.
Worm adalah bentuk varian malware yang lain, worm dapat menular / menginfeksi komputer lain secara otomatis atau worm dapat bekerja sendiri secara otomatis tanpa adanya bantuan pihak ketiga (pengguna komputer).

Sehingga penyebaran worm sangat cepat dan mudah, namun begitu worm hanya dapat menginfeksi komputer jika menemukan celah keamanan (kelemahan) dari sebuah software.

Sebagai contoh target dari worm adalah software yang populer di kalangan pengguna komputer seperti, Microsoft Office, CorelDRAW, Photoshop, ataupun software populer yang lainnya.

Pengertian Trojan.
Trojan adalahsebuah program yang dibuat dengan tujuan supaya dapat bermanfaat bagi penggunanya, seperti yang digunakan untuk membuat crack software untuk menjadikan aplikasi menjadi full version atau digunakan untuk pembuatan program yang lainnya.

Artikel Terkait.

Tetapi trojan memiliki sisi buruk, yaitu ketika sebuah Trojan di install, maka Trojan dapat merekam aktivitas apa saja yang dilakukan oleh pengguna komputer, dan lebih berbahaya lagi mengingat Trojan memiliki kemampuan yang bisa secara otomatis dapat mengirim data yang telah direkam ke alamat yang telah ditentukan oleh pembuat trojan tersebut.

Demikian yang bisa saya informasikan mengenai artikel tentang Perbedaan Malware, Spyware, Virus, Worm, dan Trojan.

Comments


EmoticonEmoticon