Pengertian @wifi.id - Indonesia WiFi

Manfaat wifi.id & Pengertian wifi.id - Indonesia Wifi. Wifi adalah kependekan dari Wireless Fidelity yaitu sebuah teknologi jaringan internet tanpa kabel (nirkabel) yang berfungsi untuk menghubungkan antar media komputer seperti, smartphone, tablet, laptop dan perangkat lainnya, serta dapat menghubungkan perangkat komputer dan lain sebagainya ke internet atau jaringan kabel (ethernet) LAN.

Sejarah Wifi (Wireless Fidelity).
Penemu Wifi adalah seorang perempuan berkebangsaan Austria yaitu Hedy Lamarr pada tahun 1940 yang sebelumnya dinamakan sebagai sistem komunikasi rahasia dengan menggunakan frekuensi radio, dan selanjutnya mendapatkan hak cipta sebagai penemu wifi pada tahun 1942.

Pertama kali Wifi digunakan untuk menghubungkan perangkat nirkabel pada sebuah LAN atau Local Area Network, dan untuk saat ini teknologi wifi sudah dikembangkan semakin canggih sehingga memiliki fungsi yang sangat luas dan menjadi teknologi yang dapat digunakan untuk mengakses internet.

Wifi.id merupakan produk baru layanan akses internet yang di tawarkan oleh Telkom Indonesia dengan menggunakan teknologi berbasis Wireless atau layanan akses internet dengan menggunakan media nirkabel atau media tanpa kabel.

Untuk mempercepat dalam usaha memperluas jangkauan jaringan @wifi.id supaya para pelanggan lebih mudah dalam mendapatkan akses internet tanpa harus menggunakan jaringan kabel.

Maka salah satu cara yang ditempuh oleh perusahaan telekomunikasi terbesar di indonesia tersebut adalah dengan memanfaatkan modem bundling speedy yang umum diberikan secara gratis tanpa biaya ke pelanggan, seperti Modem Speedy Huawei HG532e dan Modem Speedy ZTE ZXHN H108N, atau Modem Speedy yang lain.

Apa itu @wifi.id.
Wifi.id adalah suatu layanan dimana Telkom sebagai penyedia layanan WiFi menyediakan akses internet melalui akses poin dengan SSID @wifi.id.

Wifi.id dikembangkan oleh TELKOM sejak tahun 2012, dan dengan dukungan infrastruktur PT. Telekomunikasi Indonesia yang sangat kuat yang tersebar luas di seluruh wilayah indonesia, sehingga hal ini diharapkan mampu memberikan jaminan kenyamanan layanan akses internet diseluruh jaringannya.

Dan untuk mempercepat pengenalan @wifi.id kepada masyarakat luas PT. Telkom juga menggunakan fasilitas Wifi Modem Speedy, yang mana ketika pelanggan speedy mengaktifkan wifi, maka secara otomatis @wifi.id dan layanan SSID yang lain juga ikut aktif, tentunnya kemungkinan besar @wifi.id memiliki dampak negatif terhadap pelanggan speedy indihome.


Artikel Terkait.

Dengan menggunakan teknologi Wi-Fi, maka memungkinkan pengguna untuk dapat melakukan akses internet dengan meghubungkan perangkat komputer seperti Laptop, Smartphone, dan device lainya ke internet.

Wifi.id merupakan jaringan public internet berbasis wireless / hotspot yang disediakan PT TELKOM atau operator yang bekerja sama dengan PT Telkom atau disebut sebagai TELKOM GROUP.

Saat ini sudah tersedian beberapa SSID yang dapa dipilih dalam layanan @wifi.id (Indonesia Wifi) yaitu:
  • @wifi.id.
  • free@wifi.id.
  • Flash Zone.
  • Flashzone-seamles.
Untuk menikmati akses internet wifi.id, pelanggan terlebih dahulu membeli Voucher wifi.id yang terdiri dari user dan password yang digunakan sebagai akses login Internet @wifi.id.

Hal penting yang harus diperhatikan ketika SSID sudah dipilih adalah memastikan setting otentifikasi EAP SIM di handled yang digunakan, selain itu @wifi.id juga memiliki 2 (dua) jenis metode untuk akses yaitu free (gratis) dan berbayar.

Free (Gratis).
Beberapa layanan yang diberikan untuk pengguna.
  • Menggunakan SSID free@wifi.id.
  • Login SSID free@wifi.id tanpa registrasi.
  • Kecepatan akses internet terbatas yaitua maksimal hanya 1 Mbps.
  • Adanya insertion advertising (pop up) selama 5 s/d 20 detik.
  • Hanya bisa digunakan untuk browsing.
  • Tidak bisa menggunakan layanan yang berbasis VoIP, contoh : Skype, Google Voice, Line, Whatsapp, dan lain sebagainya.
  • Adanya pemutusan akses internet setiap 20 menit, sehingga jika pelanggan masih menghendaki koneksi maka harus melakukan browsing kembali.

Layanan @wifi.id free (gratis) untuk pelanggan Telkom Group.

1. Pelanggan Telkomsel (SSID : @wifi.id Flash Zone).
  • Call ke *363*601# untuk memperoleh layanan free Wifi selama 1 Jam.
  • Pelanggan akan memperoleh SMS balasan berupa informasi password untuk login.
  • Pelanggan dapat mengakses internet dengan menggunakan Username = nomor telkomsel, dan Password = balasan SMS.

2. Pelanggan Telkomsel (SSID : @wifi.id FlashZone-seamless).
  • Pelanggan yang telah berlangganan layanan data Telkomsel dapat melakukan mobile Wifi Seamless, yaitu perpindahan koneksi jaringan dari 2G/3G ke Wi-Fi tanpa harus memasukkan Username dan Password untuk memperoleh data akses dengan kecepatan tinggi, namun begitu Username dan Password yang sudah ada didalam SIM Card perlu diaktifkan dengan Cara Setting Otentikasi handled yang digunakan menjadi otentikasi EAP SIM.

3. Pelanggan Speedy (SSID : @wifi.id).
Pelanggan speedy memiliki 2 (dua) jenis layanan akses @wifi.id yaitu:
  • Menggunakan Username dan Password sesuai akun @telkom.net.id yang telah dimiliki.
  • Menggunakan Username = Nomor Speedy dan Password = Nomor telepon rumah.
  • Bila belum memiliki akun, pelanggan dapat membuat akun @telkom.net.id di http:telkomspeedy.com.

Pelanggan speedy akan memperoleh kuota Free Wifi Hotspot sesuai dengan besarnya paket speedy yang dimiliki sebagaimana tabel berikut.
Paket Internet Speedy Kuota Hotspot Gratis / Bulan
384 Kbps 20 Jam
512 Kbps 50 Jam
1 Mbps 100 Jam
2 Mbps 200 Jam
3 Mbps 300 Jam
Berbayar.
Bagi pelanggan speedy yang belum berlangganan layanan data, untuk melakukan akses ke @wifi.id dapat dilakukan dengan cara membeli Paket (time based) yang menggunakan digital voucher sebagai alat bayar.

Cara Registrasi / Daftar Wifi.id untuk pelanggan Telkomsel dan harga paketnya menggunakan layanan 98108 adalah sebagai berikut.
Harga Paket Internet Masa Aktif Cara Registrasi
Rp. 5.000 12 Jam NET (spasi) 5000 Kirim ke 98108
Rp. 20.000 7 Hari NET (spasi) 20000 Kirim ke 98108
Rp. 50.000 30 Hari NET (spasi) 50000 Kirim ke 98108
Tambahan.
Paket internet wifi.id terbaru yang ditawarkan oleh pihak PT. TELKOM kepada pelanggan Speedy dan Indihome sebesar Rp 50.000 / bulan dengan kuota tanpa batas dan bisa digunakan untuk 5 Device sekaligus, dan lebih menariknya lagi paket wifi.id tersebut bisa digunakan dimana saja asalkan tersedia jaringan wifi.id.

Artikel Terkait.

Dengan adanya layanan terbaru dari indonesia wifi tersebut, tentunya sangat membantu aktivitas anda yang selalu membutuhkan koneksi internet, untuk info lebih lanjut, silahkan kunjungi plasa telkom terdekat atau bisa call langsung ke 147.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan Tentang Pengertian @wifi.id - Indonesia Wifi.

Comments


EmoticonEmoticon